Breaking News

19 Agustus 2022

Kumpulan Soal Tes Seleksi Akademik (Pretest) PPG Mapel Umum dan Agama jenjang SD/MI

www.hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

PPG adalah program yang digagas pemerintah untuk mempersiapkan tenaga pendidik (guru) profesional yag mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Mahasiswa yang memiliki impian menjadi tenaga pendidik profesional bisa mengikuti program ini. Lulusan S1 jurusan pendidikan dan non pendidikan sama-sama punya kesempatan untuk mendaftarkan diri. Melalui program ini, kamu akan belajar kompetensi guru sesuai standar nasional pendidikan. Tujuan program ini adalah penghasilan guru profesional yakni yang menunjukkan kemampuan dan melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik. Tolok ukur kemampuannya dapat dilihat dari penguasaan kompetensi akademik dan kompetensi substansi sesuai dengan bidang keilmuannya.

Amanat Undang-Undang Dasar tahun 1945 Pasal 31 ayat (3) hasil amandemen, telah menyatakan bahwa “pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang”. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Untuk itulah, guru wajib memiliki sertifikasi pendidik, kualifikasi akademik, kompetensi, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan nasional. Sertifikat pendidik bagi guru diperoleh melalui program pendidikan profesi guru yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi syarat sebagai LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan). Sedangkan kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, ketrampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Kualifikasi akademik harus ditunjukan dengan ijazah pendidikan tinggi agama Islam atau perguruan tinggi umum program S-1 atau D-IV relevan dan menguasai kompetensi sebagai agen pembelajaran.

Latihan Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru Tahun 2022. Mengapa ada seleksi akademik ? Penguasaan kompetensi sebagai agen pembelajaran meliputi kompetensi paedagogik, kompetensi keperibadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional, bahkan juga kompetensi leadersip dan spiritual, dibuktikan dengan sertifikat pendidik yang diperoleh melalui sertifikasi.

Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi persyaratan. Sertifikasi guru bertujuan untuk:
(1) menetukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik profesional,
(2) meningkatkan proses dan hasil pembelajaran,
(3) meningkatkan kesejahteraan guru,
(4) meningkatkan martabat guru dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu.

Sertifikasi guru yang diikuti dengan peningkatan kesejahteraan guru. Bentuk peningkatan kesejahteraan guru tersebut berupa pemberian tunjangan profesi bagi guru yang memiliki sertifikasi pendidik dan memenuhi persayaratan lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tunjangan tersebut baik bagi guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) maupun bagi guru yang bersetatus bukan pegawai negeri (swasta).

Pelaksanaan kegiatan sertifikasi guru baik melalui Program Pendidikan dan Pelatihan Guru (PLPG) maupun melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan melibatkan banyak instansi yang terkait. Agar dapat dilakukan penjaminan mutu terhadap mekanisme dan prosedur pelaksanaannya, maka diperlukannya panduan penyelenggaraan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan.

Pendidikan profesi adalah pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Program Pendidikan Profesi Guru bagi Guru Dalam Jabatan yang selanjutnya disebut program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah program pendidikan yang mengintegrasikan penyajian materi, workshop dan praktik lapangan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik.

Terdapat manfaat mengikuti PPG. Manfaat ini bisa juga berarti keuntungan yang akan kamu dapatkan. Beberapa manfaat PPG guru antara lain: Meningkatkan profesionalisme guru dalam mengajar; Menambah pengalaman tentang proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah; Mendapatkan Sertifikat Pendidik sebagai guru professional; Jaminan masa depan karena mendapatkan tunjangan sertifikasi untuk tingkatkan kesejahteraan hidup; Menempuh pendidikan bidang studi dengan dibiayai pemerintah apabila mengambil PPG Bersubsidi; Mengasah kemampuan dalam mengajar melalui praktek secara langsung.

Selain keuntungan-keuntungan di atas, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain seperti:
1. Menambah jejaring social. Melalui program ini kamu bisa berkenalan dengan teman baru dari berbagai daerah dan latar belakang. 
2. Mendapatkan ilmu baru. Di sini kamu juga bisa mempelajari ilmu baru. Kamu mendalami materi, menyusun perangkat-perangkat pembelajaran, praktikum, dan melakukan praktik secara langsung di lapangan.
3. Meningkatkan kemampuan mengoperasikan computer. Keuntungan ini sangat dirasakan untuk peserta yang sudah berprofesi guru dan berusia lanjut. Kemampuan dalam mengoperasikan komputer masih sangat lemah sehingga peserta bisa meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan komputer.
4. Studi banding ke sekolah-sekolah. Salah satu kegiatan wajib peserta PPG adalah mengikuti kegiatan terjun ke lapangan atau PPL. Kegiatan ini bisa dimanfaatkan sebagai studi banding karena peserta bisa studi banding ke sekolah-sekolah. Bisa menemukan hal-hal baru di sekolah yang menjadi tempat PPL; dan yang paling utama adalah
5. Mengantongi surat izin resmi untuk menjadi guru. Dengan lahirnya UU Guru dan Dosen, maka kepemilikan sertifkat pendidik merupakan sesuati diwajibkan bagi seorang guru.

Kumpulan Latihan Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru Daljab Tahun 2022. Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) belakangan ini santer dibicarakan dan menjadi perbincangan hangat dikalangan tenaga pendidik seantero nusantara. PPG merupakan salah satu program pengembangan kompetensi guru untuk bisa menjadi tenaga pendidik yang handal dan profesional. Program PPG juga bisa dikatakan sebagai program sertifikasi zaman now menggantikan program zaman old yakni PLPG.

Sebagaimana diketahui bahwa ada beberapa model program PPG yang meliputi; PPG Dalam Jabatan (daljab), PPG Pra Jabatan (prajab), dan PPG Bersubsidi. Lalu, apa bedanya? PPG Dalam Jabatan ini diperuntukan bagi guru-guru yang sebelumnya sudah mengajar (honorer/pns) di sekolah-sekolah dalam kurun waktu tertentu (2-5 tahun) dan sudah masuk di SIMPKB. Secara otomatis nantinya akan mendapat undangan untuk mengikuti PPG melalui SIMPKB. Namun untuk bisa mengikuti PPG sebelumnya harus bisa lulus pretest dan post test. Adapun untuk jangka waktu perkuliahannya kurang lebih akan dilaksanakan selama 6 bulan. Sedangkan PPG Prajabatan ini terbagi lagi menjadi dua, yakni PPG Prajabatan SM-3T dan PPG Prajabatan Reguler (umum). Sebelumnya (sejak tahun 2013) program PPG Prajabatan ini dirintis melalui program SM-3T (hingga angkatan VI). Dimana pesertanya adalah seluruh alumni SM-3T yang sebelumnya sudah mengabdi menjadi guru di daerah 3T selama 1 tahun. Selesai mengabdi, mereka ditarik kembali oleh LPTK untuk di PPG kan berasrama (beasiswa + tunjangan). Selesai PPG, mereka bisa mengikuti program Guru Garis Depan (GGD) dan langsung menjadi PNS/ASN. Sekarang PPG Prajabatan hamper dibuka di semua Perguruan Tinggi Negeri.

Sebelum kami membagikan beberapa Contoh atau Latihan Soal Tes Seleksi Akademik PPG Semua Mapel jenjang SD/MI. Seleksi Kemampuan Akademik PPG Dalam Jabatan pada untinya adalah Seleksi Kompetensi pedagogik dan profesional. Pada penentuan kelulusan calon peserta  PPG Daljab tahun 2022-2023, tes kemampuan akademik memiliki peranan yang penting. Jadi pentingnya seleksi Kemampuan Akademik PPG Dalam Jabatan untuk menentukan keberhasilan sesorang menjadi Calon Guru profesional. Jadi Tes Kemampuan Akademik PPG Dalam Jabatan pada initinya dimungkinkan mirip dengan Uji kompetensi guru (AKG). 

Untuk Sekedar diketahui Latihan Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru tahun 2022 tidak akan jauh berbeda dengan Soal Tes AKG Guru saat mengikuti Pelatihan atau Pendidikan Profesi Guru. Itulah sebabnya guru yang sudah lulus PPG atau telah memiliki sertifikat PPG tidak diwajibkan mengikuti tes SKB CPNS Guru baik Guru Mata Pelajaran maupun Guru Kelas. 

Berikut ini  Kumpulan Latihan Soal Tes Seleksi Akademik PPG Semua Mapel jenjang SD/MI pdf,  Contoh Soal Pretest PPG Guru materi Kompetensi Paedagogik,  maupun Contoh Soal Pretest PPG Guru materi kompetensi Profesional dan Contoh Soal Pretest PPG Guru materi Tes Potensi Akademik

Contoh Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru SD/MI

Contoh Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru SD MI terkait Pedagogik Umum (disini)

Contoh Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru MI terkait Bahasa Indonesia Untuk SD (disini)

Contoh Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru SD MI terkait IPA untuk SD (disini)

Contoh Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru SD MI terkait IPS untuk SD (disini)

Contoh Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru SD MI terkait Matematika SD (disini)

Contoh Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru SD MI terkait PPKn SD (disini)

Contoh Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru Penjaskes SD MI (disini)

Contoh Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru Akidah Akhlak (disini)

Contoh Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru SKI (disini)

Contoh Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru Fikih (dalam proses)

Contoh Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru Al-Qur'an Hadits (dalam proses)

Contoh Soal Tes Seleksi Akademik PPG Guru Bahasa Arab (dalam proses)

Itulah beberapa Contoh atau Latihan Soal Tes Seleksi Akademik PPG Semua Mapel jenjang SD/MI. Semoga latihan tersebut dapat dimanfaatkan bagi Bapak/Ibu guru yang sedang menghadapi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Akademik Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Tahun 2022.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Kumpulan Soal Tes Seleksi Akademik (Pretest) PPG Mapel Umum dan Agama jenjang SD/MI", semoga bermanfa'at. 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Yuk Pasang Twibbon "Jangan Lupa Absen SIMPATIKA" tiap Akhir Bulan

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahaba...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI