Breaking News

29 September 2019

Menguak Misteri Dan Dahsyatnya Surat Al-Ikhlash

www.hanapibani.com

بسم الله الرحمن الرحيم...
Assalaamu'alaikum Sahabat www.hanapibani.com

💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥

Salah satu surat yang terpendek dalam Alquran dan mempunyai khasiat dan hikmah yang sangat dahsyat adalah surat Al-Ikhlas. Keutamaan surat tersebut telah dijelaskan oleh para ulama dan arifbillah lewat lisan baginda Nabi SAW. Tidak sedikit hadist dan atsar yang mengurai secara spesifik kelebihan dan mutiara hikmah di balik empat ayat surat Al-Ikhlas tersebut.

Di antara hadist Rasulullah SAW yang membahas tentang itu, bunyinya : ”Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Alqur’an dalam semalam?” Mereka menjawab, “Bagaimana mungkin kami bisa membaca sepertigai Alqur’an?” Lalu Nabi SAW bersabda, “Qul huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga Alqur’an.” (H.R. Muslim no. 1922)

Berdasarkan hadist di atas menyebutkan sekali membaca Al-Ikhlas mampu menandingi pahalanya seperti membaca sepertiga Alquran. Bayangkan kalau kita membaca lebih sekali.

Sementara itu dalam kesempatan yang lain baginda Nabi SAW menyebutkan surat Al-Ikhlas atau Qulhu itu menjadi penawar segala penyakit, sebagaimana pernah disebutkan dari pada Abu Hurairah; Rasululllah SAW bersabda: “Surah Al Ikhlas adalah penawar segala penyakit (Rohani atau Jasmani).” (HR: Ibnu Majah r.a.)

Kelebihan lain dari surat Al-Ikhlas tersebut sebagaimaan sabda Rasulullah SAW, berbunyi “Siapa membaca surah Al-Ikhlas sebanyak 11 kali, niscaya Allah SWT akan sediakan baginya satu mahligai indah dalam syurga.”

Dalam hadist yang lain Rasulullah SAW berkata, “Sesiapa membaca surah Al-Ikhlas pada perkuburan sebanyak 11 kali, kemudian dihadiahkan pahalanya kepada ahli kubur, niscaya diberikan kepada si pembacanya pahala sebanyak bilangan ahli kubur di situ. ”Rasululllah SAW bersabda: “Sesiapa yang membaca surah Al-Ikhlas sebelas kali setiap selesai salat Subuh maka dirinya akan dijaga dari perbuatan dosa selama sehari tersebut.”

Membaca surah Al-Ikhlas dan ‘Al- Mu’awwidzatain’ sebanyak 3 kali pada waktu subuh dan asar, InsyaAllah maka kita akan selamat dari marabahaya sehingga tiba subuh dan asar berikutnya.

Disebutkan juga kelebihan lain surat Al-Ikhlas bahwa siapa yang membaca di dalam salat sunat dhuha, surah Kursi 10 kali pada rakaat pertama dan surah Al-Ikhlas 10 kalipada rakaat kedua, mendapat keridaan Allah SWT dan insyallah ada rezekinya pada hari itu. Salah satu rahasia lain untuk pengobatan dengan surat pendek itu bacalah surat Al-Ikhlas 11 kali dan ditiupkan pada tengkuk orang yang degil untuk lembutkan hati mereka.

Diriwayatkan di dalam kitab Syamsul Ma’arif Al-Qubra (Syeikh Ahmad Albuuny). Disebutkan bahwa sesungguhnya Syeikh Abdul Wahid Al-Andalusy mencari Tariqat Riyadhah surat Al-Ikhlas ini dalam jangka waktu yang lama. Perjalanan menempuh waktu selama beberapa tahun beliau berangkat menuju negeri Piramida Mesir dari Magribi (Maroko) hingga dari Mesir, sampailah beliau ke bumi yang diberkahi di jazirah semenanjung Arab negeri Madinah Al-Munawwarah.

Syekh Abdul Wahid dalam pengembaraan ilmunya, beliau menetap di Madinah selama jangka waktu setahun. Namun tujuan beliau belum tercapai sampai akhirnya bertemu dengan seorang ulama terkemuka bernama Syeikh Abdus Shamad Al-Khawarizmi. Syeikh Abdul Wahid Al-Andalusy berteman dengan Syeikh tersebut selama beberapa tahun.

Selama pertemanan dan pergaulan tidak pernah Syeikh Abdul wahid menyampaikan keinginannya untuk mendapatkan sebuah permata yang bernama "Riyadhah Al-Ikhlas", sampailah pada suatu hari Syeikh tersebut berbicara tentang Riyadhah yang dilakukan oleh sebagian Aulia di dalam ibadanya. Singkat cerita beliau memperoleh dan mendapatkan permata tersebut lewat perjuangan yang sangat melelahkan dan berliku. Riyadhah ini sebuah amalan secara spesifik surat Al-ikhlas dengan syarat dan metode tersendiri.

Surat Al-Ikhlas Penebus Diri Dari Api Neraka

Disebutkan dalam kitab Khazinatul Asrar: "Al-Faqir berkata (semoga Allah memerdekakannya dari neraka Sya’ir): saya melihat seorang Syaikh di Masjidil Haram pada bulan Ramadan tahun 1.261 sedang membaca surat Al-Ikhlas di sebelah pintu Dawudiyyah malam dan siang hari setiap bulan Ramadan. Kemudian aku mengecup tangannya sambil berkata: Wahai Tuanku, aku melihatmu setiap hari membaca surat Ikhlas, berilah tahu padaku tentang faedah dan rahasianya. Kemudian dia menjawab: aku ingin memerdekakan jasadku dari neraka wahai anakku, dan dia mengangkat tangan ke lehernya.

Aku berkata: berilah aku ijazah, kemudian beliau mengijazahiku dan memberi izin padaku serta mendo’akan barakah. Semoga Allah memberi pertolongan pada kamu untuk membacanya sebanyak 1.000 kali. Dan ini merupakan ijazah melalui tulisan bagi orang yang mau membacanya. Semoga Allah memberi barakah pada kita dan membukakan rahmatnya. Mudah-mudahan Allah menjadikan kita termasuk golongan orang-orang yang selamat sebab kemuliaan surat al-Ikhlas.( Kitab Khaziinatul Asrar, hal. 159, Syekh Sayyid Muhammad Haqqin Nazili )

Demikian Semoga Bermanfaat
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Cara Setting ARD Agar Bisa Diakses Lewat Jaringan Wifi

Assalaamu'alaikum Sahabat www.hanapibani.com Berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 1594/DJ.I/D...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI