Breaking News

28 March 2021

Amaliyah Nishfu Sya'ban



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Sya’ban berarti bulan penuh berkah dan kebaikan. Pada bulan ini Allah membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya. Karenanya, dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah seperti puasa sunah. Hal ini sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Sebuah hadits mengatakan bahwa Nabi SAW lebih sering puasa sunah di bulan Sya’ban dibandingkan pada bulan lainnya, (HR Al-Bukhari).

Selain puasa, menghidupkan malam sya’ban juga sangat dianjurkan khususnya malam nisfu Sya’ban (pertengahan bulan Sya’ban). Maksud menghidupkan malam di sini ialah memperbanyak ibadah dan melakukan amalan baik pada malam nisfu Sya’ban. Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki menegaskan bahwa terdapat banyak kemuliaan di malam nisfu Sya’ban; Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang minta ampunan pada malam itu, mengasihi orang yang minta kasih, menjawab do’a orang yang meminta, melapangkan penderitaan orang susah, dan membebaskan sekelompok orang dari neraka.

Berikut akan kami uraikan tata cara dan urutan melaksanakan amaliyah-amaliyah malam nisfu sya’ban sebagaimana yang diajarkan oleh para ulama salafus Shalih :

Pertama, kita dianjurkan untuk melaksanakan salat maghrib secara berjamaah dan dilanjutkan dengan salat ba’diyah maghrib.

Kedua, Shalat Sunnah Taubat atau Shalat Sunnah Hajat

Ketiga, Membaca surah yasin sebanyak tiga kali dilanjutkan dengan doa malam nisfu sya’ban, yang mana pada bacaan yasin yang pertama kita niatkan agar diberikan panjang umur, yasin yang kedua kita niatkan agar diberikan kelapangan rezeki dan yasin yang ketiga agar diberikan khusnul khotimah. Urutan ini sebagaimana dijelaskan dalam kitab Kanzunnajah Wassuruur karya Syeikh Abdul Hamid bin Muhammad Ali Quds (kudus, Jawa Tengah).

Bacaan niat surah yasin yang lebih rinci terdapat dalam kitab Al-Imdad fi Auraadi Ahlilwidad karya Syeikh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau lebih kita kenal dengan sebuatan Abah Guru Sekumpul. Sebagai berikut : (jika dibaca berjamaah gunakan kata ganti KAMI)

  • Surah Yasin yang Pertama : “Ya Allah ya tuhanku, ampunilah segala dosaku dan dosa ibu bapakku, dosa keluargaku, dosa tetanggaku dan dosa seluruh muslimin muslimat. Panjangkanlah umurku di dalam taat beribadah kepada engkau serta kuatkanlah imanku dengan berkah surah Yasin.”
  • Surah Yasin yang Kedua : “Ya Allah, ya tuhanku. Ampunilah segala dosaku, dosa ibu bapakku, dosa keluargaku, dosa tetanggaku dan dosa seluruh muslimin muslimat, dan peliharakanlah diriku dari segala kebinasaan dan penyakit serta kabulkanlah hajatku dengan berkah surah yasin.”
  • Surah Yasin yang Ketiga : “Ya Allah ya tuhanku, ampunilah segala dosaku dan dosa seluruh muslimin muslimat serta kayakanlah hatiku dari segala mahkluk dan berilah aku, keluargaku dan tetanggaku Khusnul khatimah dengan berkah surah Yasin.”

Keempat, Membaca Doa Khusus malam Nisfu Sya’ban setiap selesai satu kali membaca surah yasin. Teks bacaan doa ini sebagaimana dalam kitab Maslakul Akyar karya Sayyid Utsman bin Yahya :

اللَهُمَّ يَا ذَا المَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ. اللَهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِي، وَاكْتُبْنِي عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الحَقُّ فِي كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ “يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ” وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Kelima, mengerjakakn shalat isya berjama'ah

Keenam, shalat sunnah tasbih. Shalat ini bisa dikerjakan sendiri dirumah atau dikerjakan berjama'ah di Mushallla/Langgar/Mesjid.

Ketujuh, Selain beberapa amaliyah diatas tentu kita juga dianjurkan melaksanakan amaliyah lain dalam rangka memuliakan malam Nisfu Sya’ban seperti Memperbanyak Beristighfar, Memperbanyak Berdzikir La Ilaha Illallah, membaca tasbih Nabi Yunus as., melakukan salat sunah  tahajud dan lain-lain. Wallahu ‘Alam

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)
Telegram ; 
(Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape

 

 

Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Permen Pan-RB Nomor 8 Tahun 2021 (Format SKP Terbaru)

  السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI