Breaking News

13 Desember 2022

24 Ribu Madrasah Ibtidaiyah Ikut Asesmen Kompetensi

www.hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Jakarta  --- Kementerian Agama telah menyelesaikan proses Asesmen Kompetensi Madrasah Ibtidaiyah (AKMI) tahun 2022. Ini merupakan gelaran kali ketiga. AKMI sebelumnya diselenggarakan pada 2019 dan 2020.

AKMI diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Agama dengan Bank Dunia. Pelaksanaan AKMI diikuti dengan vistiasi dan pelatihan atau bimtek kepada madrasah pelaksana tahun 2022. Bimtek diperuntukkan kepada guru MI kelas 5 sebagai pelaksana AKMI. Mereka dilatih bagaimana membaca hasil AKMI dan memanfaatkan modul tindaklanjut hasil AKMI.

“Sudah hampir 24,000 madrasah ibtidaiyah yang mengikuti AKMI. AKMI bermanfaat bagi guru dan stakeholder untuk menindaklanjuti dengan program yang mendukung. Kami terkesan hasil yg telah dicapai,” ujar Task Tim Leader World Bank Sinsaku Nomura saat memberikan sambutan pada pembukaan “Diseminasi Hasil AKMI” di Jakarta, Senin (12/12/2022).

Diseminasi ini dilaksanakan selama tiga hari, 12-15 Desember 2022. Giat ini mengundang Kepala Kanwil Kemenag se-Indonesia, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Kasi Kurikulum Evaluasi dan Kesiswaan  serta Help Desk Kanwil.

“Selamat kepada Kemenag yang telah melaksanakan AKMI. Tahun 2019 belum ada instrumen kala itu. Namun dari tahun 2020 sudah mulai tersedia instrument,” paparnya memberikan apresiasi. 

Dirjen Pendidikan Islam Moh Ali Ramdhani menyampaikan AKMI menjadi salah satu instrumen Kementerian Agama dalam merespon perkembangan zaman, khususnya dalam konteks pendidikan agama dan keagamaan. Menurutnya, dunia saat ini dihadapkan pada fakta VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity), yakni dunia yang bergejolak, penuh ketidakpastian, serba kompleks, dan serba tidak jelas. 

“Kita juga tengah berada pada Era digital, kita perlu beradaptasi. Karena itu, guru harus menjadi pengantar batas-batas dan memfilter informasi dari luar. Kita perlu menyiapkan generasi emas 2045. Anak madrasah bukan sebagai penonton, harus berperan penting. Karena itu anak-anak harus dikuatkan dengan literasi. AKMI adalah jawabannya,” tegas Kang Dhani, sapaan akrabnya.

Diseminasi Hasil AKMI 2022 dibuka oleh Sekjen Kemenag Nizar Ali. Sekjen menegaskan bahwa Kemenag berkomitmen memberi layanan terbaik kepada seluruh rakyat Indonesia. Apalagi, Kemenag juga harus ikut mengambil peran dalam akan menyongsong Indonesia Emas 2045. 

“Kita bersyukur dengan beberapa prestasi yang diraih belakangan ini, antara lain: Menag didaulat sebagai pembina pelayanan publik terbaik tahun 2022 dari MENPAN RB. Saya bangga dengan rentetan prestasi ini,” jelasnya. 

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Dirjen Pendis, Direktur KSKK dan semua tim yang telah menyukseskan AKMI 2022,” tandasnya. 

Demikian sediikit tulisan mengenai "24 Ribu Madrasah Ibtidaiyah Ikut Asesmen Kompetensi". yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat...

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
Komunitas WA ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape  

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Contoh SK Panitia PPDB Madrasah Format Ms. Word

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI