Breaking News

05 Desember 2022

Perkuat Vokasi Madrasah Plus Keterampilan, Kemenag Jajaki MoU dengan Dunia Usaha

www.hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Bogor --- Kementerian Agama dalam beberapa tahun terakhir menyelenggarakan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) plus Keterampilan. Untuk menguatkan kompetensi vokasi guru dan siswanya, Kemenag menjajaki untuk menjalin kerja sama dengan dunia usaha atau industri.

Hal ini disampaikan Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani saat memberikan sambutan pada Giat Pendampingan Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah. Acara yang berlangsung tiga hari, 2 – 4 Desember 2022, ini diikuti 65 guru vokasi pada MAN Plus Ketrampilan. Tujuannya, membekali guru vokasi agar pendidikan selama ini dikaitkan dengan dunia nyata.

M. Ali Ramdhani menegaskan bahwa pendidikan vokasi mendapatkan perhatian serius Kementerian. "Penguatan madrasah vokasional adalah menjadi salah satu konsen Kementerian Agama," kata Ali Ramdhani menegaskan. Saya menginstruksikan perlu pengadaan MoU dengan dunia usaha dan dunia industri, sehingga eksistensi pendidikan vokasi dipahami olehnya,” terang Ali Ramdhani di Bogor, Jumat (2/12/2022).

www.hanapibani.com

Hal senada disampaikan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhamad Zain. Menurutnya, penguatan vokasi agar dikelola lebih serius. Bagi para penyelenggara pendidikan agar mulai mendeteksi kompetensi vokasi siswa. 

"Tidak semua siswa itu memiliki kompetensi yang sama. untuk itu, guru harus jeli mana siswa yang konsen di bidang akademik dan mana yang vokasi," kata Zain.

www.hanapibani.com

Kepala Subdit Bina GTK MA/MAK yang juga Wakil Ketua Komponen 3 REP MEQR menambahkan pentingnya keterkaitan antara vokasi yang dikembangkan dengan disiplin ilmu yang dipelajari. "Dengan demikian peserta didik juga akan merasakan manfaat belajar mata pelajaran yang diajarkan," saran Anis. 

Dalam kegiatan ini, peserta dibagi dalam empat kelompok keterampilan, yakni: robotik, tata boga, perhotelan, dan otomotif. "Mereka mendapatkan penguatan kompetensi khusus di empat bidang materi tersebut selama 10 jam," sebut Anis. 

Sebagai narasumber, hadir representasi dari Astra-Honda Pusat, Asosiasi Perhotelan dan Restoran Indonesia, serta Rumah Robotik. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Perkuat Vokasi Madrasah Plus Keterampilan, Kemenag Jajaki MoU dengan Dunia Usaha", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
Komunitas WA ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape  

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

13 Potret lucu tulisan di rapor, bikin wali murid bingung

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani Bul...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI