Breaking News

25 Maret 2023

194.032 Guru Madrasah Ikuti Ujian Seleksi Kompetensi Akademik PPG

www.hanapibani.com


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Garut --- Kementerian Agama hari ini menggelar Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru (USKA - PPG) Madrasah Tahun 2023. USKA – PPG akan berlangsung dua hari hingga 26 Maret 2023. 

USKA – PPG diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia dengan metode daring berbasis Tempat Uji Kompetensi (TUK).

“Berdasarkan data Simpatika, sebanyak 194.032 guru madrasah dari berbagai penjuru Indonesia mengikuti USKA - PPG 2023. Ini menjadi pintu masuk dan syarat guru madrasah untuk mengikuti PPG Dalam Jabatan,” terang Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani saat meninjau USKA – PPG di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Garut, Sabtu (25/3/2023). Madrasah ini tercatat sebagai salah satu TUK pada USKA – PPG 2023.

“Jumlah peserta ujian tersebut tersebar pada 1.490 TUK di seluruh Indonesia,” sambungnya.

Peserta USKA - PPG 2023 terdiri atas 67.492 guru Madrasah Ibtidaiyah (MI), 68.173 guru MTs, dan 38.539 guru Madrasah Aliyah (MA). Selain itu, ada juga 19.828 guru Raudlatul Athfal (RA).

Berdasarkan distribusi mapel, sebanyak 105.978 peserta adalah guru madrasah mapel agama. Sedang 88.054 lainnya adalah guru madrasah mapel umum.

Kang Dhani, panggilan akrab M Ali Ramdhani, mengapresiasi seluruh madrasah yang menjadi TUK dalam penyelenggara USKA-PPG Madrasah 2023. Menurutnya, madrasah yang menjadi TUK memiliki peran penting dalam mensukseskan gelaran USKA - PPG Madrasah 2023 ini. "Tanpa atensi dari TUK penyelenggara, USKA - PPG Madrasah tidak akan berjalan seperti yang diharapkan," sebutnya.


Dhani yang juga Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini menyampaikan bahwa gelaran USKA - PPG Tahun 2023 ini merupakan bentuk ikhtiar dalam peningkatan kompetensi guru. USKA merupakan pintu gerbang bagi guru sebelum mengikuti PPG Dalam Jabatan.

"Peningkatan kompetensi adalah suatu keniscayaan bagi guru madrasah agar tidak tergerus oleh dinamika perubahan zaman. Oleh karena itu, saya berharap soal-soal pada USKA-PPG dapat memantik dan memicu guru untuk terus menjadi insan pembelajar yang dapat menghadapi tantangan zaman," ujar Dhani. 

Terpisah, Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain yang meninjau USKA – PPG di Kab Polewali Mandar menyampaikan bahwa penyelenggaraan USKA PPG 2023 pada hari pertama ini berjalan lancar tanpa kendala teknis yang berarti. Semua bisa diatasi oleh panitia pelaksana. USKA ini merupakan sebuah keniscayaan untuk  peningkatan kompetensi guru. 

“Dari USKA PPG ini secara nasional kita akan mendapatkan peta atau gambaran kompetensi guru. Apakah pasca Covid 19 para mengalami peningkatan  kompetensi atau sebaliknya,” kata Zain. 

"Apapun hasilnya, guru harus dapat menerima. Bagi guru yang lulus, saya berpesan supaya dapat memanfaatkan kesempatan mengikuti PPG Dalam Jabatan dengan sebaik-baiknya. Bagi guru yang belum lulus, tidak perlu berkecil hati, masih ada waktu untuk terus belajar dalam mempersiapkan ujian di kesempatan berikutnya," pungkasnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "194.032 Guru Madrasah Ikuti Ujian Seleksi Kompetensi Akademik PPG", semoga bermanfaat.

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Pengumuman Hasil PASCA SANGGAH PPPK Kemenag TA 2022, Segera Siapkan Pemberkasan

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanap...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI