Breaking News

09 Maret 2023

Seleksi Tim Penulis dan Reviewer Modul Pelatihan PKB Serta Tim Penulis Instrumen AKGTK Madrasah dalam Program PKB Guru

www.hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Dalam rangka mendukung implementasi kegiatan Komponen III Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) yang bersumber dari Pinjaman Luar Negeri, Project Management Unit REP-MEQR Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia akan melaksanakan proses seleksi Tim Penulis dan Reviewer Modul Pelatihan PKB serta Tim Penulis Instrumen AKGTK (Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan) Madrasah dalam Program PKB Guru, yang meliputi jenjang MI, MTs, dan MA serta Kepala dan Pengawas Madrasah.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon bantuan Bp/Ibu/Saudara untuk mensosialisasikan/menyebarluaskan surat dimaksud kepada guru, pengawas madrasah, akademisi perguruan tinggi di wilayah Saudara. Bersama ini disampaikan pedoman pendaftaran dan persyaratan calon Penulis dan Reviewer Modul Pelatihan PKB dan Penulis Instrumen AKGTK Tahun 2023.

A. LATAR BELAKANG 

Salah satu prioritas Rencana Strategis Kementerian Agama dalam meningkatkan  mutu Pendidikan Islam adalah peningkatan mutu pembelajara melalui peningkatan  mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah. Peningkatan  mutu guru, kepala madrasah dan tenaga kependidikan di madrasah dilaksanakan melalui skema Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB).
Fokus  program tersebut dilakukan di kelompok kerja terdekat yaitu melalui kegiatan dalam  Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP),  Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Madrasah (KKM), dan Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah. 

Proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious  Affairs for Improved Quality of Education (Madrasah Education Quality Reform) - yang disingkat REP-MEQR, yaitu sebuah program investasi SDM yang  dikembangkan Kementerian Agama yang sumber dari Pinjaman Luar Negeri Bank Dunia (IBRD Loan No.8992-ID) dari tahun 2020 sampai dengan 2024. 

Dalam rangka mencapai prioritas mutu pendidikan sebagaimana diatas, diperlukan dukungan program untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan prgoram di tingkat kelompok kerja. Oleh karena itu, pada Tahun 2023 REP-MEQR pada Komponen 3 akan melakukan rekrutmen Penulis dan Reviewer modul pelatihan PKB guru dan tenaga kependidikan tahun 2023 yang meliputi:

www.hanapibani.com

B. TUJUAN 

Dalam rangka mendukung implementasi kegiatan Komponen 3, Proyek REP-MEQR (Realizing Education’s Promise – Madrasah Education Quality Reform) akan melakukan rekrutmen: 
1) Penulis dan Reviewer Modul Pelatihan Daerah 3T 
2) Penulis dan Reviewer Silabus Modul PKB Guru dan Tendik 
3) Penulis dan Reviewer Modul Online PKB Guru dan Tendik 
4) Penulis dan Reviewer Instrumen AKGTK Madrasah 

Berikut penjelasan kategori modul yang akan dikembangkan :
www.hanapibani.com

C. KETENTUAN UMUM 

Tahun 2023, Kementerian Agama RI, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam  akan menindaklanjuti kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan beberapa kegiatan penguatan yaitu penyusunan penyusunan modul pelatihan guru dan tenaga kependidikan daerah 3T, pengembangan silabus modul PKB Guru dan Tendik Madrasah, pengembangan e-learning modul PKB guru dan tenaga kependidikan madrasah, dan pengembangan instrument Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) madrasah. 

Penyelenggaraan rekrutmen didasarkan atas perencanaan kebutuhan program tersebut, selanjutnya memerlukan penulis yang memiliki pola pikir berkembang (growth mindset), memiliki ide kreatif, menguasai Kurikulum Merdeka, berkomitmen untuk berperan aktif dan berkolaborasi, dan berpengalaman dengan ketentuan sebagai berikut:

Adapun kriteria umum peserta seleksi penulis dan reviewer adalah sebagai berikut:
  1. Kualifikasi Pendidikan minimal S1 untuk penulis dibuktikan dengan salinan ijazah terakhir dari perguruan tinggi. 
  2. Kualifikasi Pendidikan minimal S2 untuk reviewer dibuktikan dengan salinan ijazah terakhir dari perguruan tinggi. 
  3. Masa tugas menjadi guru/kepala madrasah/pengawas madrasah/widyaiswara/ dosen (negeri atau swasta) minimal 5 tahun. 
  4. Berlatar belakang pendidikan sesuai dengan modul PKB Guru dan Tendik, 
  5. Diutamakan memiliki pengalaman sebagai penulis/reviewer/pengembang modul tingkat Nasional/Provinsi/Kabupaten. 
  6. Diutamakan menguasai Kurikulum Merdeka yang dibuktikan dengan sertifikat
  7. kegiatan webinar/pelatihan/seminar. 
  8. Mendapatkan rekomendasi dari atasan langsung yang dibuktikan dengan rekomendasi atasan. 
  9. Memiliki kemampuan/familier bekerja dengan perangkat teknologi, informasi dan komunikasi (TIK). 
  10. Mengikuti seleksi administrasi dan seleksi akademik yang diselenggarakan oleh Project Management Unit.

D. KETENTUAN KHUSUS 

1. Penulis dan Reviewer Modul Pelatihan Daerah 3T 
  • Guru Madrasah, Kepala Madrasah, Pengawas Madrasah, Widyaiswara Pusdiklat/Balai Diklat Kementerian Agama/PPPPTK Kemendikbud dan Dosen pada Perguruan Tinggi, atau Pegiat program pendidikan yang dilaksanakan oleh Organisasi Non-Profit/Non-Profit Organization (NGO/INGO) dibuktikan dengan surat keterangan dari Organisasi/Lembaga. 
  • Diutamakan memiliki pengalaman terlibat dalam kegiatan PKB Guru khususnya di daerah 3T yang dibuktikan melalui sertifikat. 
  • Memiliki pengalaman menulis modul/bahan ajar/karya ilmiah lainnya dengan melampirkan bukti melalui sertifikat, surat keterangan lain atau link website (jika dipublikasikan online). 
2. Penulis dan Reviewer Silabus Modul PKB Guru dan Tendik 
  • Guru Madrasah, Kepala Madrasah, Pengawas Madrasah, Widyaiswara Pusdiklat/Balai Diklat Kementerian Agama/PPPPTK Kemendikbud dan Dosen pada perguruan tinggi, 
  • Diutamakan sebagai fasilitator PKB madrasah dibuktikan melalui sertifikat. 
  • Untuk modul inklusi/GEDSI dibuktikan dengan melampirkan sertifikat, surat keterangan lain atau link website (publikasi online) 
3. Penulis dan Reviewer Instrumen AKGTK Madrasah 
  • Guru, Kepala Madrasah/Sekolah, Pengawas, Widyaiswara Pusdiklat/Balai Diklat Kementerian Agama/PPPPTK Kemendikbud dan Dosen pada perguruan tinggi. 
  • Diutamakan yang memiliki pengalaman mengembangkan instrumen asesmen dibuktikan dengan surat keterangan dan hasil pengembanganinstrumen. 
4. Penulis dan Reviewer Modul Online PKB Guru dan Tendik 
  • Guru Madrasah, Kepala Madrasah, Pengawas Madrasah, Widyaiswara Pusdiklat/Balai Diklat Kementerian Agama/PPPPTK Kemendikbud dan Dosen pada Perguruan Tinggi, atau Pegiat program pendidikan yang dilaksanakan oleh Organisasi Non-Profit/Non-Profit Organization (NGO/INGO) dibuktikan dengan surat keterangan dari Organisasi/Lembaga Pegiat program pendidikan yang dilaksanakan oleh Organisasi NonProfit/Non-Profit Organization (NGO/INGO) dibuktikan dengan surat keterangan dari Organisasi/Lembaga. 
  • Diutamakan sebagai fasilitator PKB madrasah dibuktikan melalui sertifikat. 
  • Memiliki pengalaman mengembangkan konten pembelajaran on-line dibuktikan dengan menyertakan link tautan hasil karya. 
  • Untuk modul inklusi/GEDSI dibuktikan dengan melampirkan sertifikat , surat keterangan lain atau link website (publikasi online).

E. ALUR PENDAFTARAN : 

A. Setiap calon penulis dan reviewer mendaftar secara mandiri dan menyertakan rekomendasi dari atasan langsung sesuai persyaratan yang ditetapkan, 

B. Rekrutmen dilakukan secara online melalui laman: https://madrasahreform.kemenag.go.id/fasilitatorpkb/

C. Keputusan hasil rekrutmen tidak dapat diganggu gugat dan mutlak menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI. 

F. TAHAPAN SELEKSI 

Tahap-tahap seleksi melalui proses sebagai berikut:
www.hanapibani.com


Pemberitahuan hasil seleksi calon penulis dan reviewer modul dan instrument AKGTK dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui website pendaftaran.

G. LAYANAN INFORMASI

Project Management Unit 
Realizing Education’s Promise (Madrasah Education Quality Reform)
Gedung Kementerian Agama RI Lt 6 Jl. Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta
Email : https://rep-meqr.kemenag.go.id
WA : 081119686999

Download Edaran Seleksi Tim Penulis dan Reviewer Modul Pelatihan PKB Serta Tim Penulis Instrumen AKGTK Madrasah dalam Program PKB Guru



Untuk mengunduh file edaran diatas silakan klik dibawah ini:



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Seleksi Tim Penulis dan Reviewer Modul Pelatihan PKB Serta Tim Penulis Instrumen AKGTK Madrasah dalam Program PKB Guru", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Cara Beli dan Pembubuhan e-Meterai di Berkas Seleksi CASN 2023

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI