Breaking News

09 Maret 2023

Ujian Seleksi Kompetensi Akademik PPG Madrasah Digelar 24 Maret 2023

www.hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Yogyakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama akan menggelar Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru (USKA - PPG) Madrasah dalam Jabatan tahun 2023. USKA - PPG ini akan digelar dari 24 - 26 Maret 2023.

Saat ini Kemenag sedang menyusun dan mereview soal USKA - PPG madrasah. Soal-soal disusun para ahli dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia. Penyusunan Soal PPG Madrasah ini berlangsung di Yogyakarta.

"Saya berharap Uji Seleksi Kompetensi Akademik PPG 2023 dapat memberikan input yang berkualitas pada penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan. Jangan sampai guru-guru yang lulus Uji Seleksi Kompetensi Akademik tersebut adalah guru-guru yang tidak layak dan tidak memiliki ghirah perjuangan yang tinggi," tutur Zain Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhammad Zain di hadapan para penyusun soal PPG, Yogyakarta, Selasa (7/3/2023).

Kepala Subdirektorat Bina GTK MI dan MTs, Ainurrafiq,  menyampaikan bahwa butir-butir soal harus disusun dan direview secara cermat. Setiap butir soal juga harus sudah melewati Uji Keterbacaan sehingga guru dapat memahami maksud dan tujuan soal dengan mudah.

“Kita harus mereview soal-soal yang nantinya akan digunakan untuk Ujian Seleksi Kompetensi Akademik PPG dengan cermat dan teliti, jangan sampai soal-soal yang tidak layak uji nanti  muncul saat seleksi,” tuturnya.

“Pada tahun sebelumnya, masih ditemukan soal di bawah standard. Sehingga, soal kurang dapat merepresentasikan kemampuan calon mahasiswa PPG,” sambungnya.

Subkoordinator Bina Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah yang juga Sekretaris Panitia Nasional PPG Kemenag, Mustofa Fahmi  menambahkan bahwa komponen soal yang akan disusun juga harus memerhatikan kondisi kemampuan guru madrasah. Sebab, perbedaan usia dan sebaran wilayah sangat mempengaruhi kemampuan guru dalam mengerjakan soal. 

"Soal-soal yang disusun harus bersifat universal, tidak boleh memiliki tendensi yang menguntungkan kelompok-kelompok dengan usia atau wilayah tertentu. Sehingga ujian yang akan dilaksanakan dapat memetakan dan merepresentasikan kemampuan calon mahasiswa PPG," ungkap Fahmi.

Fahmi juga berharap ujian yang akan dilaksanakan nanti dapat mengoptimalkan kualitas input mahasiswa yang akan menjadi peserta PPG Tahun 2023. Sehingga, para guru yang akan tersertifikasi nanti adalah mereka yang berkualitas yang dapat meningkatkan taraf kualitas pendidikan bangsa.

Baca juga:
- Edaran 
Pelaksanaan Ujian Seleksi Kompetensi Akademik PPG Guru Madrasah 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Ujian Seleksi Kompetensi Akademik PPG Madrasah Digelar 24 Maret 2023", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Kumpulan Twibbon Peringatan G30S PKI, Mengenang Peristiwa 30 September

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI