Breaking News

12 September 2020

Dua Mahasantri PBSB asal Alhikmah Benda, Juara Lomba Kreativitas Al-Azhar Cairo

بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
و صحبه أجمعين

Santri Indonesia meraih prestasi di Al-Azhar, Mesir. Mahasantri Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kemenag menjadi juara lomba kreativitas dan pengembangan bakat.

Ajang ini digelar oleh Grand Syekh Al-Azhar Cairo University Syekh Ahmad Thoyyib bersama Al-Azhar Cairo Parliament pada 23 Juli 2020. Kompetisi ini digelar secara daring dan pengiriman karya, khusus bagi kalangan pelajar putri, baik itu mahasiswi Universitas Al-Azhar maupun Ma'had Al-Azhar.


Dua mahasiswa santri berprestasi itu adalah Sayyidah Umi Kulsum dan Siti Jazilah. Keduanya berasal dari Pesantren Al-Hikmah 2 Sirampog Brebes Jawa Tengah.

Ketua Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMoRA) Regional Kairo Egi Riyanto menerangkan, cabang lomba dan seni yang dilombakan cukup banyak, antara lain cabang tahfizhul Qur'an, musabaqah tilawatil Qur'an, puisi dan prosa bahasa Arab, gambar dan kaligrafi, kerajinan tangan, fotografi, jahit-menjahit, bercerita, serta nasyid.

"Dua mahasantri putri PBSB ikut pada cabang seni Kaligrafi dan Nasyid. Saat diumumkan, keduanya berhasil meraih Juara 1 pada cabang yang diikutinya," ujar Egi melalui pesan singkat, Sabtu (12/09).


Capaian ini diapresiasi Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono. Menurutnya, prestasi keduanya menunjukkan mahasantri PBSB di Al-Azhar Kairo mampu bersaing dengan para mahasiswi utusan lebih dari sepuluh negara yang ikut berlomba. "Tidak hanya berprestasi dalam akademik, tapi juga non-akademik," tuturnya.

"Saya ucapkan selamat atas prestasi gemilang ini. Pertahankan nama baik Indonesia dan pesantren di kancah internasional," sambungnya.

Waryono meminta seluruh mahasantri PBSB tetap menjaga proses dan prestasi belajarnya, berperan aktif dalam menjaga tradisi kepesantrenan, serta menjadi agen moderasi beragama di lingkungan kampus saat ini. Terlebih, mahasantri PBSB Kairo yang jauh dari keluarga agar tetap menjaga kesehatan dan keselamatan dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan.

"Saya berharap mahasantri PBSB Kairo menjadi duta bangsa dan agama yang menebar model keberagamaan yang ramah dan damai," pesannya.

Hal senada disampaikan Kasubdit Pendidikan Pesantren Basnang Said. Menurutnya, prestasi ini tidak terlepas dari bakat keterampilan dan kreativitas yang dilatih sejak dari pesantren.

"Pesantren dan kesenian bukanlah hal yang asing bagi para santri. Banyak pesantren yang membekali para santrinya dengan kegiatan pengembangan minat dan bakat semacam ini," tandasnya. 

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI


ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Kunci Jawaban - 3.7 Intimasi dan Kehidupan Seksual dalam Perkawinan - Pelatihan Keluarga Sakinah - Pintar Kemenag

      السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hana...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI