Breaking News

12 September 2020

Materi Pembelajaran Fikih MI - "Pengertian Minuman Halal"

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين

Kesehatan adalah sesuatu yang penting untuk dijaga. kesehatan juga kunci dari kehidupan. Tanpa kesehatan maka apapun akan menjadi sulit dan menyakitkan. Sadar akan menjaga diri untuk selalu sehat berarti bagian dari cara menjaga kesehatan hati dan syukur kepada Allah. 

Tidak sedikit orang yang menghabiskan uang dan waktu untuk hidup sehat. Namun banyak juga yang tidak menyadari akan pentingnya kesehatan itu, sehingga acuh terhadap pola hidupnya. Sehingga banyak orang yang berakhir dengan kesehatan yang buruk atau sakit. 

Allah Swt. telah menjaga umat manusia agar tetap hidup sehat yaitu dengan menurunkan rezeki berupa makanan halal dan minuman berlimpah. Namun diantara semua itu Allah mengingatkan untuk makan dan minumlah yang halal lagi baik. Inilah bentuk dari kasih sayang sang pencipta kepada hamba-Nya. Hanya makanan dan minuman yang halal dan baik yang mendatangkan kesehatan dan keberkahan.

Selain makanan, kita juga membutuhkan minuman sebagai pendamping makanan dan pengganti cairan yang ada dalam tubuh kita. Setiap hari kita beraktifitas dan ketika beraktifitas tubuh kita mengeluarkan cairan berupa keringat. Oleh sebab itu, kita membutuhkan pengganti cairan yang telah dikeluarkan oleh tubuh kita dengan minuman. Tidak hanya makanan, minuman juga ada yang halal dan haram. Allah Swt. memerintahkan kita untuk mengkonsumsi yang baik-baik atau yang dapat memberi manfaat bagi tubuh kita. Allah berfirman dalam surah alMāidah ayat 90-91:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّمَا ٱلْخَمْرُ وَٱلْمَيْسِرُ وَٱلْأَنصَابُ وَٱلْأَزْلَٰمُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ ٱلشَّيْطَٰنِ فَٱجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ.

إِنَّمَا يُرِيدُ ٱلشَّيْطَٰنُ أَن يُوقِعَ بَيْنَكُمُ ٱلْعَدَٰوَةَ وَٱلْبَغْضَآءَ فِى ٱلْخَمْرِ وَٱلْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِ وَعَنِ ٱلصَّلَوٰةِ ۖ فَهَلْ أَنتُم مُّنتَهُونَ.

Artinya:
90. Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung.
91. Dengan minuman keras dan judi itu, setan hanyalah bermaksud menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu, dan menghalang-halangi kamu dari mengingat Allah dan melaksanakan salat, maka tidakkah kamu mau berhenti? (QS. Al Māidah [5]:90- 91) 

Minuman Halal

Banyak kejadian kejahatan saat ini pada awalnya dimulai dari meminum yang haram. Ada tawuran perkelahian sampai pembunuhan. Minuman keras akan merusak saraf yang berakibat pada tindak kejahatan.

Pada prinsipnya segala minuman halal untuk diminum apabila tidak ada dalil yang mengharamkannya. Bila sudah diharamkan, maka tidak barokah, berdosa dan mengakibatkan penyakit di badan bagi peminumnya.

Allah Swt. telah memerintahkan manusia supaya mengonsumsi minuman yang halal. Sebaliknya, manusia harus menjauhi minuman yang haram sebagaimana yang dijelaskan dalam alQur’an dan Hadis.

Arti Minuman Halal 

Islam telah mengatur bahwa semua minuman yang halal boleh dinikmati. Minuman yang halal adalah semua jenis minuman yang terbuat dari bahan-bahan yang dihalalkan walaupun bahan dasarnnya adalah air seperti: kopi, teh, es juice dan lain-lain. Minum, secara bahasa berarti meneguk barang cair dengan mulut, sedangkan minuman adalah segala sesuatu yang boleh diminum. Dalamvbahasa arab minuman berasal dari kata alAsyribah.dan jamaknya alSyarb. yang artinya minuman-minuman. Sedangkan dalam ensiklopedi hukum Islam diartikan dengan jenis air atau zat cair yang bisa diminum. 

Halal berasal dari bahasa arab ( حلال ) secara Bahasa berarti melepaskan ikatan, dibolehkan, tidak dilarang menurut hukum agama. Sedangkan dalam ensiklopedi hukum Islam ialah segala sesuatu yang menyebabkan seseorang tidak dihukum jika menggunakannya atau sesuatu yang boleh dikerjakan menurut syara’.Jadi pada intinya minuman halal adalah minuman yang baik yang dibolehkan meminumnya menurut ajaran Islam yaitu sesuai dengan yang diperintahkan dalam alQuran dan Hadis.

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI


ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

RPP 1 Lembar Sejarah kebudayaan Islam (SKI) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Terbaru Kelas 3

      السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين Menyikapi begitu banyaknya per...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI