Breaking News

13 Januari 2021

Kembangkan Perikanan Air Tawar di HSU, Desa Palimbangan Mayoritas Warga Budi Daya Ikan Patin



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين

Palimbangan – Perkembangan budi daya ikan di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) masih banyak digandrungi terutama di komoditas budi daya ikan air tawar. Terlihat dari banyaknya masyarakat khususnya di Desa Palimbangan Kecamatan Haur Gading yang warganya masih bergantung hidup dengan budi daya ikan, khususnya ikan patin.

“Ikan patin cukup mudah pemeliharaannya dan penjualannya cukup mudah, karena ikan patin banyak yang suka”, ucap Ridwan yang merupakan salah satu pengusaha budi daya ikan patin di Desa Palimbangan, Senin (11/1/2021).

Ridwan juga menambahkan, selain perawatan yang mudah dan efektif di kolam yang tidak mengalir, hasil panennya pun bisa mencapai puluhan ton setiap panennya serta penjualan ikan yang cukup mudah menjadikan ikan patin pilihan tepat warga dalam membudidayakan ikan patin.

“Ikan patin dapat dipanen dalam kurun waktu empat bulan dan dapat mencapai 50 ton dalam sekali panen”, ungkap Ridwan.

Ia juga mengatakan, dirinya bersama para pelaku usaha budi daya ikan lainnya juga membuat kelompok pembudidaya ikan dengan nama “Harapan Bersama”,  yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan juga saling bertukar ilmu bagi sesama pelaku usaha budi daya ikan.

“Di kelompok kami mendapat pengetahuan seperti contoh bahwa kolam yang telah di panen haruslah dibersihkan dari endapan lumpur terlebih dulu dengan mengunakan mesin penyedot lumpur, setelah dibersihkan dari lumpur kolam kemudian diisi kembali dengan air dan ditaburi garam”, pungkasnya.

Hingga saat ini budi daya ikan patin menjadi usaha yang menjanjikan potensi kesejahteraan daripada pencaharian yang lain, sehingga warga Desa Palimbangan lebih memilih budi daya ikan patin tersebut untuk meningkatkan pendapatannya.

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

    Ùˆ ØµÙ„Ù‰ على سيدنا محمد Ùˆ على أله
     Ùˆ صحبه أجمعين
    ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

    Protected by Copyscape
    0 Comments

    Tidak ada komentar:

    Translate

    Artikel Terbaru

    Kumpulan Kunci Jawaban - Pelatihan Pengelolaan Rumah Ibadah - Pintar Kemenag

                السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Han...

    Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI