Breaking News

21 January 2021

"Masa Dewasa Nabi Muhammad Part 1" - Materi SKI MI


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Pernahkah kamu pergi ke pasar?  Apa sifat terpuji yang harus dimiliki oleh seorang pedagang? Sudahkah kamu mengetahui cara Nabi Muhammad Saw dalam berdagang? Bagaimanakah sifat seorang muslim dewasa dalam beraktiftas sehari-hari? Untuk lebih memahaminya mari kita ikuti pelajaran tentang masa dewasa Nabi Muhammad Saw.

A. Kesabaran Nabi Muhammad Saw. 

Sejak masih kanak-kanak, beliau sudah harus hidup dalam kondisi yang berat, di usia 6 tahun Nabi Muhammad Saw, ibundanya Siti Aminah meninggal dunia. Di usia tersebut beliau sudah dalam keadaan yatim piatu. Menginjak remaja pun harus kehilangan dua sosok orang tua yang beliau sayangi, yaitu meninggalnya Abdul Muthalib Kakeknya dan Abu Tholib Paman beliau.

Tetapi kondisi tersebut justru menjadikan Nabi Muhammad menjadi pribadi yang penuh dengan kesabaran. Nabi Muhammad Saw pernah diajak berniaga ke negeri Syam, padahal jaraknya sangat jauh, dan resikonya cukup berbahaya, karena selain cuaca yang ekstrim, ada juga gangguan gerombolan perompak yang dapat mengancam keselamatan harta benda, bahkan nyawa. Namun Nabi Muhammad Saw. tetap turut ikut berdagang dengan rasa sabar. 

Kesabaran yang dimiliki Rasulullah Saw. inilah yang membuat beliau menjadi pribadi yang dewasa, mampu bertahan, Karena beliau yakin Allah Swt bersama dengan orang-orang yang sabar. 

B. Nabi Muhammad Saw. bekerja. 

1. Tekun dalam bekerja 

Nabi Muhammad Saw. pernah menggembala Kambing, beliau juga pernah berdagang. Di dalam setiap pekerjaannya beliau selalu melakukannya dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab (tekun).

Abu Thalib melihat keponakannya bekerja dengan penuh ketekunan. Nabi Muhammad Saw mampu memperlihatkan semangat, kemauan yang keras. Nabi Muhammad Saw juga bertanggung jawab dalam setiap pekerjaannya. Karena melihat kesungguhannya itulah beliau diajak pamannya ke Negeri Syam untuk berniaga. 

Sepulang dari perniagaan, Nabi Muhammad semakin tampak sifat kedewasaannya, yang penuh ketekunan dan tanggung jawab. Beliau membantu pamannya menyiapkan air untuk para pendatang yang beribadah ke Baitullah (kakbah), di kota Mekah al-Mukarromah. Kegiatan ini beliau lakukan hingga menjelang usia dewasa.

2. Jujur dalam berdagang 

Saat usia Nabi Muhammad Saw. menjelang 25 tahun. Beliau mendapat kepercayaan untuk membawa barang dagangan Khadijah ke negeri Syam. 

Selama berdagang untuk Khadijah, Nabi Muhammad Saw. memperoleh keuntungan yang banyak. Hal ini didapatkan karena selama berdagang ia sangat jujur, ramah, sungguhsungguh dan tekun, juga murah senyum kepada pembeli. 

Nabi Muhammad Saw. tidak pernah berbohong dalam berdagang. Jika ia melihat ada barang dagangan yang rusak, maka ia tunjukkan kerusakkannya. Jika barang tersebut dalam keadaan cacat, maka ia tidak akan menjual dengan harga yang mahal, tetapi sesuai dengan kondisi barang tersebut. 

Apa yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. dalam berdagang tidak membuatnya rugi. Bahkan, ia mendapatkan keuntungan yang besar, sebab cara berdagang yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. banyak orang yang senang dan banyak membeli barang yang didagangkan sehingga barang yang dijual Nabi Muhammad Saw. tidak tersisa. 

Mereka merasa senang karena menjumpai pedagang yang benar-benar jujur. Mereka senang mendapatkan barang yang baik dan tidak tertipu. 

Khadijah adalah seorang wanita yang sangat terkenal sebagai pedagang yang kaya raya. Khadijah sangat tertarik setelah mendengar kejujuran dan budi pekerti Nabi Muhammad Saw. terlebih setelah Maisarah salah seorang kepercayaan Khadijah menceritakan pengalamannya bersama Nabi Muhammad Saw selama perniagaan dan keberhasilannya, juga sikap dan sifat Nabi Muhammad Saw dalam berdagang ke negeri Syam tersebut.

Sampai disini dulu materi pada kali ini, selanjutnya akan kita lanjutkan dengan materi "Masa Dewasa Nabi Muhammad Part 2" - Materi SKI MI.

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

    و صلى على سيدنا محمد و على أله
     و صحبه أجمعين
    ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

    Protected by Copyscape

     

    Comments
    0 Comments

    No comments:

    Translate

    Artikel Terbaru

    BEBERAPA AMALAN YG DIANJURKAN PADA MALAM IDUL FITRI DAN PAGI HARI IDUL FITRI

    السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . Beri...

    Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI