Breaking News

03 January 2021

Panduan Cara Cek Calon Peserta AKM MI, MTS dan MA Tahun 2021


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM merupakan program pemerintah sebagai upaya untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan secara nasional. AKM itu sendiri diharapkan dapat menggantikan peran Ujian Nasional (UN) yang telah resmi dihapuskan.

Calon Peserta AKM ialah siswa di kelas 5 untuk tingkat SD/MI, kelas 8 untuk SMP/MTs, dan kelas 11 untuk SMA/MA dan SMK/MAK. AKM itu sendiri menggantikan peran UN dalam hal fungsinya sebagai alat untuk pemetaan mutu pendidikan nasional.

Namun, AKM sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) ini tidak berfungsi sebagai penentu kelulusan siswa. Selain itu, jika Ujian Nasional (UN) diikuti oleh siswa ditingkat akhir ditiap jenjangnya, berbeda halnya dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang diikuti oleh siswa kelas 5 untuk tingkat SD/MI, kelas 8 untuk SMP/MTs, dan kelas 11 untuk SMA/MA dan SMK/MAK.

Untuk dapat melakukan cek Calon Peserta AKM MI MTS MA Tahun 2021, terlebih dahulu harus dipastikan bahwa data siswa telah diinput di EMIS Madrasah / Dapodik dan sudah Sinkronisasi, sehingga akan akan muncul pada laman pd.data.kemdikbud.go.id sebagai calon peserta AKM. Lalu bagaimana Cara Cek Calon Peserta AKM MI MTS MA Tahun 2021. Berikut caranya yang dapat anda simak dibawah ini.

Cara Cek Calon Peserta AKM MI MTS dan MA Tahun 2021

Untuk dapat melakukan Cek Calon Peserta AKM MI MTS dan MA Tahun 2021 apakah sudah masuk dalam server terintegrasi atau belum, silahkan Bapak/Ibu ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Login ke laman http://pd.data.kemdikbud.go.id/  menggunakan username dan password yang sama ketika login ke Vervalpd (NISN).
  2. Setelah berhasil login, maka akan terbuka halaman beranda yang berisikan menu; Rangkuman, Tingkat Akhir, PD AKM, Peserta Didik, Residu, Unduh Akun.
  3. Dan selanjutnya silakan klik Menu PD AKM
  4. Kemudian akan muncul daftar siswa yang akan menjadi Peserta Asesmen Kompetensi Minimun (AKM) Tahun 2021.

Selain berfungsi untuk melihat Calon Peserta AKM MI MTS MA Tahun 2021, laman ini juga dapat digunakan untuk melihat siswa tingkat akhir, dan residu, serta kelengkapan data seluruh peserta didik.

Demikianlah informasi tentang Cara Cek Calon Peserta AKM MI MTS dan MA Tahun 2021 yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

    ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

    Protected by Copyscape


    Comments
    0 Comments

    No comments:

    Translate

    Artikel Terbaru

    Khutbah Jum'at: Menempa Diri di Madrasah Ramadhan

        السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Ba...

    Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI