Breaking News

18 Januari 2021

Siswa MAN 1 Maluku Tengah Juara Nasional Programer Muda



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين

Tulehu --- Nursakinah Umasangadji, siswa MAN 1 Maluku Tengah (Mansamegah) sukses menyelesaikan Program Pelatihan Desain Web yang digelar Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LKP) Omah Tech bekerja sama dengan Pimpinan Pusat Persatuan Guru NU dan Kementerian Agama. Karena pandemi, wisuda programer muda ini digelar via zoom meeting pada Jumat, 15 Januari 2021.

Gina, begitu nama sapaannya, merasa bersyukur dan bahagia mampu menyelesaikan program yang padat dan ketat ini. Selama enam hari dalam seminggu, kecuali Minggu, ia bersama peserta lainnya diberikan pelatihan materi bahasa pemrograman hingga mampu membuat jaringan web sendiri untuk berbagai kebutuhan.

"Sejak Oktober 2020 hingga Januari 2021 atau kurang lebih 3 bulan, Kami mendapatkan materi pelatihan melalui zoom yang lumayan berat. Dalam seminggu sebanyak enam hari dilaksanakan pelatihannya,” kata Gina, Senin (18/01).

Sistem pelatihannya, menurut Gina, terbagi dalam tujuh level. Setiap peserta wajib mengikutinya sebelum dinyatakan lulus. Banyak peserta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia, satu demi satu "berguguran", lantaran tidak tahan dengan pola pembelajaran yang panjang.

"Awalnya saya dapat informasi dari madrasah kalau ada kegiatan ini yang sifatnya gratis. Banyak juga teman-teman Gina yang ikut sih, begitu juga yang dari sekolah lain, tapi lama kelamaan sebagian besarnya mundur," terang Gina.

Gina terpilih sebagai peserta terbaik dari puluhan siswa se-Indonesia. Prestasi ini pun membawa nama harum Provinsi Maluku di Tingkat Nasional, MAN 1 Maluku Tengah, dan kedua orang tua. "Alhamdulillah, tidak menyangka juga bisa terpilih menjadi juara 3 umum, karena prinsipnya Gina ikut saja semua tugas yang diberikan dengan baik, sehingga hasilnya bisa seperti itu," ujar Gina penuh rasa.

Menurut Gina ilmu dan pengalamannya ini bisa menjadi bekal untuk dikembangkan lagi dalam memilih jurusan kuliah ketika sudah tamat dari madrasah. "Iya, dipertimbangkan bisa memilih jurusan Multimedia nanti ketika sudah lulus dari sini (MAN), karena sudah senang sich dengan pembuatan programer web ini," demikian Gina.

Kepala MAN 1 Maluku Tengah Nurdin Nur Marasabessy merasa bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya dengan menyelesaikan program pelatihan tingkat nasional. Nurdin Nur Marasabessy mendorong para siswanya yang untuk lebih banyak lagi mengusai IT sebagai bekal mereka meraih masa depan sesuai dengan revolusi Industri dan komunikasi yang bergerak begitu cepat terlebih di masa Pandemi Covid-19.

"Saya bangga ada siswa kami di sini mampu diwisuda di bidang web, bahkan berhasil meraih juara ketiga nasional. Hal ini dapat memacu teman-temannya yang lain untuk juga mendalami IT di mana pada era industri 4.0 saat ini perkembangannya begitu pesat," ujarnya.

Marasabessy juga menjelaskan bahwa prestasi yang ditorehkan salah satu siswanya tersebut sejalan dengan salah satu progran unggulan yang dijalankannya saat ini, yakni pemanfaatan IT dalam dunia pendidikan, termasuk untuk siswa yakni antara lain melalui program jurnalis siswa dengan memanfaatkan berbagai sarana IT yang ada.

"Prestasi yang diraih Gina ini sudah sejalan dengan program unggulan kita saat ini khususnya di bidang IT. Dalam waktu dekat akan tiba perangkat IT yang terbilang lengkap dan bertsandar dalam meningkatkan mutu pendidikan di lembaga ini, di mana siswa melalui Tim jurnalis siswa akan dilatih untuk dapat mengoperasionalkan secara maksimal,” tandasnya. 

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

    Ùˆ ØµÙ„Ù‰ على سيدنا محمد Ùˆ على أله
     Ùˆ صحبه أجمعين
    ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

    Protected by Copyscape
    0 Comments

    Tidak ada komentar:

    Translate

    Artikel Terbaru

    Undangan Sosialisasi Teknis Penyusunan Proposal Bantuan Pokja Guru dan Tendik Tahun 2024 secara Online

    السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

    Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI