Breaking News

03 September 2017

Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Excel

Assalaaamu'alaikum Sahabat Hanapi Bani.

Rumus VLOOKUP sangat banyak kegunaannya, fungsi ini sudah ada sejak Excel versi awal atau generasi pertama sampai Excel versi terbaru.
Fungsi VLOOKUP adalah fungsi Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan nilai tertentu.
Seperti namanya VLOOKUP yang diambil dari singkatan vertical lookup yang berarti mencari data secara vertikal, karena di Excel juga terdapat fungsi khusus untuk mencari data secara horizontal yaitu HLOOKUP atau horizontal lookup.

Penulisan Rumus VLOOKUP adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])
 Keterangan:
lookup_value:nilai yang akan dicari di kolom pertama tabel atau rentang.
table_array:tabel referensi yang ingin dicari datanya yang kolom pertamanya digunakan sebagai acuan untuk nilai lookup_value
col_index_num:nomor kolom pada table_array yang ingin di cari datanya.
range_lookup:pilihan untuk menentukan nilai yang persis atau yang mendekati.
TRUE (1) untuk mencari nilai yang mendekati.
FALSE (2) untuk mencari nilai yang sama persis
Jika range_lookup dikosongkan atau tidak di isi maka otomatis dianggap sebagai TRUE.
Contoh penerapannya seperti gambar berikut ini:


Pada gambar diatas kita mencari data nama dan alamat berdasarkan nomor urut, di gambar tersebut terlihat sel C13 sebagai lookup_value atau data yang ingin dicari, data ini berdasarkan kolom pertama dari kiri pada tabel referensi dan tabel referensinya (tabel_array) adalah sel B5sampai D9.

Pada sel C14 karena kita ingin mencari data nama maka pada col_index_num-nya kita masukkan angka 2 karena kolom nama terletak di kolom kedua dari tabel referensi.

Pada cel C15 karena kita ingin mencari data alamat maka pada col_index_num-nya kita masukkan angka 3 karena kolom alamat terletak di kolom ketiga dari tabel referensi.
Pada range_lookup-nya di masukkan pilihan FALSE agar menampilkan nilai yang sama persis, dan bila pada sel C13 kita masukkan angka yang tidak terdapat dalam kolom pertama tabel referensi misal angka 6 atau 7 maka hasilnya adalah #N/A. Berbeda jika kita mengganti FALSE dengan TRUE yang berarti menampilkan nilai dari yang mendekati, misal kita memasukkan angka 6 atau 7 maka yang ditampilkan adalah data dari angka 5  karena yang lebih dekat ke 6 atau 7 adalah angka 5 maka hasilnya adalah Firman Jakarta.

Rumus VLOOKUP bisa diterapkan pada satu sheet yang sama, atau bisa juga berbeda sheet baik dengan memasukkan alamat sel langsung atau bisa juga dengan membuat define name.

Fungsi VLOOKUP dalam satu Sheet


Untuk menggunakan rumus VLOOKUP dalam satu sheet atau pada sheet yang sama adalah sama seperti contoh yang sudah saya jelaskan diatas jadi gak perlu saya ulangi lagi ya caranya, karena pasti anda sudah bisa atau mengerti dari contoh gambar diatas :)

Fungsi VLOOKUP dari Data pada Sheet Lain


Untuk menggunakan rumus VLOOKUP dari data sheet yang lain atau beda sheet, misal data tabel referensinya adalah di Sheet1 dan kita ingin menampilkan/memanggil data tersebut dari Sheet2 atau Sheet3 dan sebagainya maka penulisan rumusnya adalah:

=VLOOKUP(lookup_value;Sheet1!table_array;col_index_num;[range_lookup])
Anda bisa mengubah nama Sheet1 dengan nama sheets dimana data tabel referensi ditempatkan. contohnya sebagai gambar berikut ini:

Fungsi VLOOKUP dengan Define Name


Selain menuliskan alamat tabel_array langsung pada rumus VLOOKUP seperti B5:D9 atau Sheet1!B5:B9 kita juga bisa menggantinya dengan define name atau menamai range tersebut. caranya adalah:

  1. Blok semua data yang dijadikan sebagai tabel referensi, contohnya pada sel B5 sampai D9.
  2. Arahkan cursor ke Name Box dan ubah namanya menjadi apa saja, misal DataPenting setelah itu tekan Enter untuk mengahirinya.

Untuk penerapannya tinggal ubah saja data tabel_array dengan define name (name box) tersebut. contoh diterapkan pada VLOOKUP beda sheet. menjadi seperti gambar berikut ini:


Dengan memanfaatkan fungsi define name ini, pemanggilan data tabel referensi jadi lebih mudah dan praktis karena bisa diterapkan di Sheet mana saja.

Sekian pembahasan tentang cara menggunakan rumus VLOOKUP di Excel, Semoga Bermanfaat...

Protected by Copyscape
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Kemenag Tingkatkan Kompetensi Guru Bahasa Inggris Madrasah

Sebanyak 50 guru Bahasa Inggris Madrasah Tsnawiyah (MTs) di Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat ikuti pelatihan Peningkatan K...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI