Breaking News

11 Oktober 2021

Cara Lihat Formasi Kosong Seleksi PPPK Guru Tahap 2



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Sekitar 53,7 persen formasi guru telah terisi dari 322.665 formasi guru ASN PPPK dengan pelamar pada ujian seleksi tahap pertama.

Sebanyak 173.329 guru honorer dinyataan lulus seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap I atau pertama.

Setelah pengumuman seleksi tahap pertama akan dilanjutkan seleksi tahap kedua dan ketiga bagi guru honorer swasta yang memenuhi syarat.

Dengan demikian masih ada formasi kosong sebanyak 183.567. Formasi ini akan diisi dari hasil seleksi tahap II dan III.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan pada 2021, Pemerintah Pusat menyediakan 1.002.616 formasi guru PPPK. Namun, hanya 506.252 yang diajukan oleh Pemda dan hanya 322.665 yang mendapatkan pelamar pada ujian pertama.

“Ini merupakan hari bersejarah buat kita semua. Ini baru tahap pertama, dan akan ada tahap kedua dan ketiga. Ini baru proses pengangkatan guru PPPK,” kata Nadiem.

Nadiem mengatakan bagi guru honorer yang belum lolos pada tahap pertama, pemerintah memberikan kesempatan ujian lagi untuk guru honorer.

Guru honorer yang belum beruntung tersebut bisa mengikuti ujian pada tahun ini atau tahun depan.

Nadiem mengatakan Panselnas telah memberikan afirmasi tambahan seleksi PPPK guru.

“Saya sangat bahagia bahwa Panselnas telah memberikan afirmasi tambahan,” ungkap Nadiem dalam pengumuman hasil seleksi kompetensi guru ASN PPPK.

Menurutnya kebijakan afirmasi tersebut adalah sertifikat pendidik, yakni 100 persen dari nilai maksimal kompetensi teknis.

Untuk usia di atas 35 tahun mendapat 15 persen dari nilai maksimal kompetensi teknis. Sementara untuk penyandang disabilitas mendapat 10 persen dari nilai maksimal kompetensi teknis, dan guru honorer THK-II 10 persen dari nilai maksimal kompetensi teknis.

Untuk jenis penyesuaian, yakni nilai ambang batas atau passing grade untuk usia di atas 50 tahun 100 persen dari nilai maksimal kompetensi teknis dan 10 persen dari nilai maksimal manajerial sosiokultural dan wawancara. Sementara semua peserta seleksi 10 persen nilai maksimal kompetensi teknis.

Pemerintah mengumumkan sebanyak 173.329 guru honorer lolos seleksi pertama guru PPPK 2021.

Cara Lihat Formasi Kosong Seleksi PPPK Guru Tahap 2

Dalam Hasil Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK Guru 2021 dari Panitia Seleksi Nasional Pengadaan CASN 2021,kita dapat melihat nama peserta yang lulus maupun peserta yang tidak lulus. Kita juga dapat melihat sekolah yang formasinya kosong (formasi yang tak ada pelamar).

Selain itu, hasil seleksi PPPK Guru Tahap  1 juga memuat nilai ujian kompetensi yang terdiri dari kompetensi manajerial, sosio, dan wawancara serta total nilai sesudah ditambahkan afirmasi. Di kolom terakhir terdapat keterangan berupa kombinasi huruf dan angka, misalnya peserta Hanapi Bani diberi keterangan X-P1/L

Ini berarti Hanapi Bani merupakan peserta PPPK Guru Tahap 1 yang melamar di sekolah tempat Hanapi Bani mengajar yang memiliki sertifikat pendidik dan/atau  kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang dilamar (X) dan Guru Berto memenuhi nilai ambang batas kategori 1 (P1) dan dinyatakan Lulus (L).


Formasi Kosong

Seperti kita ketahui bahwa Seleksi PPPK Guru Tahap 1 diperuntukkan bagi guru honorer yang mengajar di sekolah induk. Nah, bagi Bapak, Ibu pelamar PPPK Guru yang melamar di sekolah non-induk dan dinyatakan Tidak Lulus meski memiliki hasil seleksi lebih tinggi harus bersabar. Persiapkan diri untuk ikut Seleksi PPPK Guru Tahap 2.
 
Bagi Bapak, Ibu yang harus mengikuti Seleksi PPPK Guru Tahap 2 bisa mengecek formasi kosong (formasi yang tidak ada pelamarnya) dan jumlah saingan pelamar di sekolah tertentu bisa berkunjung ke laman PPK Guru Kemdikbudristek di https://gurupppk.kemdikbud.go.id/seleksi_p3k_tahap_1/index.php/home/hasil
 
Berikutnya, Pilih Provinsi Untuk Mengunduh Data Hasil Seleksi Tahap 1, lalu Unduh Hasil Seleksi Tahap 1. Pada dokumen Hasil Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK Guru 2021 dalam format PDF, pilih Kabupaten/Kota, kemudian cari sekolah dengan formasi kosong seperti tampilan berikut.



Jadwal Seleksi PPPK Guru Tahap 2
 
Sebagai penutup, berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 5663/B/GT.01.00/2021, pelaksanaan seleksi PPPK Guru Tahap 2 dilaksnakaan pada 24 -30 Oktober 2021.



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang
"Cara Lihat Formasi Kosong Seleksi PPPK Guru Tahap 2", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape

 



Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Download RPP 1 Halaman Bahasa Indonesia Kelas 7 Daring dan Luring

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI