Breaking News

03 Oktober 2021

Kompetisi Robotik Madrasah 2021 Usung Tema Robots for Global Pandemic


 

بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  
و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Jakarta ---- Kompetisi Robotik Madrasah kembali digelar pada tahun ini. Ajang kompetisi robot tingkat madrasah (Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah) ini diselenggarakan dengan metode  Hybrid (campuran), daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan). 

Pada tahun ini, program unggulan Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama ini  tema 'Robots for Global Pandemic'.

"Tema ini muncul dari keyakinan bahwa teknologi robot sudah seharusnya membantu menyelesaikan isu-isu penting dunia yakni pandemi global, Covid-19," ungkap Direkstur KSKK Madrasah, Moh. Isom. 

Dengan tema tersebut, para peserta diharapkan memiliki kreativitas di bidang robotik untuk turut berkontribusi dalam menjawab tantangan yang muncul oleh Covid 19, baik di bidang kesehatan, sosial, ekonomi dan ketahanan hidup, ucapnya.

Selain itu, menurut Isom Kompetisi Robotik Madrasah ini melatih anak untuk bekerja sama dalam tim  dan berkompetisi. 

Lebih lanjut, Kasubbag Tata Usaha pada Direktorat KSKK Madrasah, Brury Hariyanto menerangkan Kompetisi Robotik Madrasah 2021 ini dibagi ke dalam dua kategori yakni kategori Rancang Bangun  dan kategori Mobile Robot. Dalam kategori ini, siswa diminta menciptakan sebuah rancangan model teknologi yang berguna untuk meringankan kehidupan manusia (sesuai dengan tema yang ditentukan).

Peserta merakit robotnya sendiri dari madrasah hingga dapat bergerak secara otomatis. Kemudian mempresentasikan. Untuk Kategori Rancang Bangun Inovasi, perlombaannya ini dilaksanakan secara online. 

Sementara untuk kategori kedua adalah Kategori  Robot Mobile. Dalam kategori ini, siswa-siswi madrasah diminta membuat mobile robot yang memiliki tugas tertentu untuk mensupport era pandemi ini, ujar Brury.

Dalam kondisi pandemi seperti ini, tema besar yang diusung dalam Kompetisi Robotik Madrasah tahun ini mengusung tema yang tidak jauh dari pandemi global Covid-19, yakni ROBOTS FOR GLOBAL PANDEMIC, kemudian di-breakdown ke dalam empat isu, yaitu 
Robot for Health Care (Robot Peduli Kesehatan), Robot for Social Care (Robot Peduli Sosial),  Robot for Resilience  (Robot untuk Ketahanan Hidup) dan Robot for Economy Recovery (Robot untuk Pemulihan Ekonomi), terangnya. 

Program ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 di Cilandak Town Square Jakarta Selatan, 2016 di Mall of Indonesia, Jakarta Utara, 2017 di ICE (Indonesia Convention Exhibition) Serpong, Banten, 2018 di Depok Town Square, Depok Jawa Barat, 2019 di Grand City Mall Surabaya, dan 2020 di Universitas Islam Asy-Syafi’iyyah Jakarta.(Hikmah)

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Kompetisi Robotik Madrasah 2021 Usung Tema Robots for Global Pandemic", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape

 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Download RPP 1 Halaman Bahasa Indonesia Kelas 7 Daring dan Luring

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI