Breaking News

01 Oktober 2021

Kemenag Gelar Rekrutmen Terbuka Kepala MAN IC Tapanuli Selatan


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Jakarta (Pendis) --- Kementerian Agama kembali menggelar rekrutmen terbuka Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Rekrutmen terbuka dilaksakan secara online mulai tanggal 1 – 8 Oktober 2021 melalui laman https://appmadrasah.kemenag.go.id/seleksiptk.

Rekrutmen Kepala MAN IC Tapanuli Selatan, didasarkan pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2495 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain mengatakan, rekrutmen terbuka dilakukan untuk mencari Kepala Madrasah yang profesional, kompeten, integritas, dan berkomitmen pada prestasi yang akan ditempatkan di MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

“Rekrutmen terbuka, belaku bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Agama,” kata Zain, di Jakarta, Kamis (30/09).

Dikatakan Zain, di era revolusi industri 4.0 dan era post truth, calon Kepala MAN IC harus mampu bekerja sesuai dengan jaman yang serba digital dan menguasai informasi. Menurutnya, kepala madrasah sebagai seorang pemimpin harus mampu merubah mindset dan bekerja dengan cara yang berbeda.

"Barbara Kellerman dalam buku yang berjudul The End of Leadership, menyebutkan bahwa kepemimpinan di era digital sudah sangat berbeda dengan kepemimpinan 40 tahun yang lalu. Leadership sekarang semakin "melemah" sedang follower, pengikut atau bawahan semakin menguat. Siapa yang menguasai informasi, maka dia yang memiliki power. Kepala madrasah harus menguasai informasi, agar mereka memiliki power," pungkas Zain.

Kasubdit Bina GTK MA/MAK M. Sidik Sisdiyanto menambahkan, bahwa selain sebagai PNS di lingkungan Kementerian Agama, calon Kapala MAN IC harus memiliki pengalaman manajerial di madrasah sebagai wakil kepala madrasah paling singkat 2 (dua) tahun dan memiliki sertifikat pendidik.

Dalam seleksi, lanjut Sidik, ada beberapa tahapan yang harus dilalui peserta seleksi Kepala MAN IC Tapanuli Selatan. Pertama, adalah seleksi administrasi. “Seleksi administrasi dilakukan oleh tim yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk menilai kelengkapan dokumen yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang sebagai bukti bahwa calon bersangkutan telah memenuhi persyaratan administratif yang telah ditentukan,” jelas Sidik.

Kedua, peserta yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti seleksi substansi. “Seleksi substansi ini meliputi tes akademik berupa tes Pengetahuan Agama Islam, tes Kemampuan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dan tes Kompetensi Kepala Madrasah. Selanjutnya tes potensi kepemimpinan dan wawancara, serta psikotes,” pungkas Sidik.

Kepala Seksi Bina Tendik MA/MAK Rusdi Batun menambahkan lokasi seleksi penerimaan Kepala MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan, Sumatera Utara dilaksanakan di seluruh lokasi MAN Insan Cendekia se-Indonesia.

"Pendaftaran online dilaksanakan tanggal 1-8 Oktober 2021, hasil seleksi administratif akan diumumkan tanggal 12 Oktober 2021. Seleksi Akademik Online (CBT) dilaksanakan tanggal 20 Oktober 2021, sedangkan wawancara akhir dilaksanakan tanggal 30 Oktober 2021," jelas Rusdi.

Rusdi menyampaikan, seluruh informasi perkembangan proses seleksi ditayangkan melalui laman https://appmadrasah.kemenag.go.id/seleksiptk.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Kemenag Gelar Rekrutmen Terbuka Kepala MAN IC Tapanuli Selatan", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape

 

 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Download RPP 1 Halaman Bahasa Indonesia Kelas 7 Daring dan Luring

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI