Breaking News

24 Oktober 2021

Kemenag Persiapkan Metode Asesmen Baru pada Rapat Tindak Lanjut AKSI



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Bogor --- Kegiatan Persiapan AKSI (Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia) Tingkat MI  (Madrasah Ibtidaiyah) Angkatan I diselenggarakan  Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam  Kementerian Agama RI.  Kegiatan ini memiliki tajuk Rapat Koordinasi Persiapan Bimtek Tindak Lanjut AKSI Tingkat Kab/Kota yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat  pada 22-24 Oktober 2021. 

"Dalam menyusun instrument asesmen. terdapat beberapa langkah, dimulai dengan pembangunan framework, menelisik spesifikasi item, menyusun instrument itu sendiri dan dilanjutkan dengan review secara teoritis. Setelah melakukan peer-review (review dengan rekan sejawat) dan expert review (review dengan para ahli), harus dilakukan validasi untuk menguji kehandalan instrument yang telah tersusun," ungkap Kepala Sub-Direktorat Kurikulum dan Evaluasi,  Ahmad Hidayatulloh saat membuka kegiatan, Jumat (22/10).

Selain  dari sisi instrument, tes dan pendekatannya, tampilan kita kepada anak-anak juga dalam bentuk yang belum pernah ada di Indonesia. Yaitu kita menggunakan bentuk tes Multi-state Adaptive Level berbasis CBT (Cognitive Behavioural Therapy), terangnya. 

Lebih lanjut, Ahmad melanjutkan bahwa bentuk test ini mampu mencakup keragaman intelegensia para siswa madrasah. Jenis test ini menggunakan Artificial Intelligence berbasis CBT nya yang akan mendeteksi secara adaptive. Kata adaptive yang dimaksud adalah langsung menyesuaikan kondisi anak-anak sehingga hasil penilaian mampu didapatkan secara akurat.

“Nantinya dalam mengerjakan soal, siswa kita seperti bermain game. Bentuk soal disesuaikan dengan pemahaman setiap siswa berbasis level atau tingkat kesulitannya. Nah, maka dari itu, metode yang baru ini membutuhkan instrument asesmen yang sangat banyak” tandas Ahmad.

Disebutkan juga oleh beliau bahwa pada tanggal 8 November akan dilaksanakan asesmen dengan 12.840 siswa madrasah yang akan menjadi sasaran madrasah pelaksana asesmen. Setelah dilakukan asesmen tersebut akan didapatkan peta kemampuan peserta didik yang akan menjadi acuan dari tindak lanjut terkait dengan rekomendasi perbaikan pembelajaran siswa.

Oleh karena itu, Ahmad menegaskan bahwa Bimtek ini perlu dilakukan, dalam rangka tindak lanjut hasil asesmen yang telah dilaksanakan dan disusun. Selain itu, Ahmad berharap Bimtek ini menjadi tongkat estafet yang harus diteruskan sampai di tingkat kabupaten/kota.

Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid, dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) dengan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. Ketua Pelaksana AKSI, Persahini Sidik  berharap dengan keterlibatan semua personil dari seluruh provinsi, pelaksanaan AKSI ini menjadi semakin baik dan lebih merata.

“Kami berharap, kegiatan ini dapat membuka daya pikir anak dan juga pendidik dalam berliterasi dalam penerapan pembelajaran pada abad 21 ini” pungkasnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Kemenag Persiapkan Metode Asesmen Baru pada Rapat Tindak Lanjut AKSI", semoga bermanfa'at.  
 
Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape

 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Kumpulan Materi Bimtek Tindak Lanjut AKMI Guru Madasah

  السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Ba...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI