Breaking News

07 Juli 2024

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi 2024


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥

Profil Pelajar Pancasila

Pelajar Indonesia diharapkan menjadi individu yang kompeten, berkarakter, dan menjalani prinsip-prinsip Pancasila sepanjang hidupnya. Profil pelajar Pancasila bertujuan untuk menjawab pertanyaan besar: "Jenis kompetensi apa yang ingin dicapai oleh sistem pendidikan Indonesia?"

Profil ini menargetkan kemampuan yang melengkapi Standar Kompetensi Lulusan, terutama dalam membentuk karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Tujuan ini sejalan dengan prinsip pendidikan Kepramukaan. Kompetensi profil pelajar Pancasila mencakup aspek internal seperti identitas, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang meliputi tantangan global di era Revolusi Industri 4.0.

Pelajar Indonesia diharapkan menjadi warga negara yang demokratis dan manusia unggul yang produktif di abad ke-21, serta mampu berkontribusi dalam pembangunan global yang berkelanjutan dan tangguh menghadapi tantangan.

Profil pelajar Pancasila dirumuskan dalam enam dimensi yang saling terkait dan saling memperkuat, yaitu:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
  2. Berkebinekaan global
  3. Bergotong-royong
  4. Mandiri
  5. Bernalar kritis
  6. Kreatif

Keenam dimensi ini mencerminkan bahwa profil pelajar Pancasila mencakup tidak hanya kemampuan kognitif tetapi juga sikap dan perilaku sesuai identitas bangsa Indonesia dan sebagai warga dunia.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Menurut Peraturan Mendikbudristek No. 12 Tahun 2024, struktur kurikulum untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah mencakup kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler, serta dapat mencakup ekstrakurikuler sesuai dengan karakteristik sekolah. Kegiatan kokurikuler bertujuan untuk memperkuat, mendalami, dan/atau memperkaya kegiatan intrakurikuler untuk pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Salah satu bentuk kegiatan kokurikuler adalah projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Projek ini melibatkan pembelajaran kolaboratif antar disiplin ilmu, mendekatkan proses pembelajaran dengan kehidupan nyata, dan disesuaikan dengan sumber daya yang tersedia di sekolah serta kebutuhan peserta didik. Fokus utama projek ini adalah proses pembelajaran yang melibatkan pengalaman langsung peserta didik dalam observasi, pengumpulan data, pengolahan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan mengembangkan kompetensi profil pelajar Pancasila, berbeda dengan pembelajaran berbasis projek pada mata pelajaran yang bertujuan mencapai Capaian Pembelajaran (CP). Projek ini tidak menggantikan pembelajaran berbasis projek intrakurikuler.

Pentingnya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Sejak beberapa dekade terakhir, pendidik di seluruh dunia semakin menyadari bahwa belajar di luar kelas membantu peserta didik memahami keterkaitan antara pembelajaran di sekolah dan kehidupan sehari-hari. Ki Hadjar Dewantara telah menekankan pentingnya mempelajari hal-hal di luar kelas agar peserta didik dapat belajar langsung dari masyarakat dan tidak terpisah dari kehidupan rakyatnya.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk "mengalami pengetahuan" secara langsung, sehingga mereka bisa memahami dan berkontribusi pada isu-isu nyata seperti perubahan iklim, anti-radikalisme, kesehatan mental, budaya, kewirausahaan, teknologi, dan kehidupan demokratis. Projek ini mendorong peserta didik untuk melakukan aksi nyata yang relevan dengan tahapan belajar mereka dan lingkungan sekitarnya.

Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Dalam struktur kurikulum, projek penguatan profil pelajar Pancasila diatur dalam Peraturan Mendikbudristek tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Struktur kurikulum ini terdiri dari intrakurikuler dan kokurikuler. Untuk pendidikan kesetaraan, kegiatan kokurikuler diimplementasikan melalui pemberdayaan dan keterampilan berbasis profil pelajar Pancasila.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila diharapkan menjadi sarana optimal untuk mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Institusi pendidikan yang siap juga bisa menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek untuk pelaksanaan pemberdayaan dan keterampilan.

Download Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi 2024


Untuk mengunduh file panduan diatas silakan klik dibawah ini:




Cek Gamis wanita muslimah terbaru Inara Maxy Dress Bahan Cringkle Airflow Tebal Mix Mutiara Payet Gamis Simple Elegan dan murah dengan harga Rp74.400. Dapatkan di Shopee sekarang! https://s.shopee.co.id/7UvpExL4E4?share_channel_code=1

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan Edisi Revisi 2024", semoga bermanfaat.
 
Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
Instagram ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape


0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Struktur Kurikulum MTs KMA 450 Tahun 2024

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI