Breaking News

29 Oktober 2023

Modul Projek P5 Fase D | Dari Saya dan Untuk Saya

hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Modul Projek P5 dengan tema Bangunlah Jiwa dan raganya dan ditopik berjudul Kesejahteraan diriku, dari saya dan untuk saya. dengan harapan peserta didik dapat membangun karakter dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila, serta mengintegrasikannya dalam setiap kegiatan yang mereka lakukan.

Modul Projek P5 Fase D berjudul Dari saya dan untuk saya ini di tulis oleh Fransisca Kotsasi dari Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda. dibawah arahan Kepala BSKAP kemdikbudristek 2022.

Latar Belakang dan Tujuan Projek P5

Pelajar Indonesia dituntut bukan hanya baik dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakuriker, melainkan seiring dengan perjalanan pendidikannnya, peserta didik juga diharapkan dapat membangun karakter dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila, serta mengintegrasikannya dalam setiap kegiatan yang mereka lakukan. 

Kegiatan-kegiatan yang dibuat harus sesuai dengan tujuh tema yang telah ditentukan dan mencakup dimensi-dimensi yang dirumuskan dalam Naskah Profil Pelajar Pancasila. Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) diantaranya :
  • Aku Sayang Bumi
  • Bangunlah Jiwa dan Raganya
  • Bhinneka Tunggal Ika
  • Gaya Hidup Berkelanjutan
  • Imajinasi dan Kreativitasku
  • Kearifan Lokal
  • Kebekerjaan
  • Kewirausahaan
  • Kita Semua Bersaudara
  • Rekayasa dan Teknologi
  • Suara Demokrasi
Tema yang diangkat dalam projek ini adalah “Bangunlah Jiwa dan Raganya” dengan topik “kesejahteraan diriku: dari saya dan untuk saya”. 

Projek ini dibuat agar dapat membentuk peserta didik dengan karakter Pancasila dan ketahanan diri yang kuat sesuai dengan keseimbangan olah rasa, olah pikir, olah raga dan olah karsa yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara Projek yang mengintegrasikan dua dimensi Pelajar Pancasila ini diharapkan dapat memberi kesempatan kepada pihak sekolah, pendidik dan peserta didik khususnya, untuk mengerti dan menyadari pentingnya kesejahteraan dirinya dalam kehidupannya sehari-hari terutama kegiatan pembelajaran di sekolah. 
Selain itu, projek dengan metode student-centered ini dapat menghasilkan banyak hal-hal positif yang berguna untuk diri mereka sendiri dan orang di sekitar mereka. Pada akhir projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengerti tentang dirinya sendiri, mencintai dirinya sendiri, mengerti semua emosi yang dia rasakan dan peduli terhadap kesehatannya baik baik kesehatan mental maupun kesehatan fisiknya. 

Peserta didik juga diharapkan dapat mencari berbagai kegiatan lain yang dapat membantu mereka dalam menjaga kesehatan mental serta mengajakoranglain untukmenyadaridan menjagakesehatanmentalnya.

Alur Projek P5 Dari saya dan Untuk Saya

1. Self Awareness

  1. Mengenal kesejahteraan diri 
  2. (kesehatanmental) Eksplorasiisu 
  3. (kesehatanmental) Refleksiawal 
  4. (kesehatanmental) Diskusi 
  5. (nutrisi) Kebutuhan nutrisi harianku 
  6. (nutrisi) Eksplorasi isu 
  7. (nutrisi) Observasi dan diskusi 
  8. (nutrisi) Kunjungan ke pabrik makanan

2. Self/Group Management

  1. Meal plan 
  2. Latihan pernapasan dalam 
  3. Latihan relaksasi otot 
  4. Meditasi 
  5. Imajinasivisual 
  6. Peer sharing 
  7. Charades 
  8. Silent game

3. Social Awareness

  1. Aksi peduli terhadap kesejahteraan diri 
  2. Belajar membuat poster sesuai kriteria 
  3. Membuat dan mempresentasikan poster

Relevansi Projek ini bagi Sekolah

Kesejahteraan diripesertadidik merupakan suatu keadaan, di manapeserta didik dalam kondisi mood positif, memiliki sifat, ketahanan dan kepuasan diri yang kuat, merasa aman di sekolah dan mempunyai kesehatan mental yang baik. Kesejahteraan peserta didik merupakan salah satu faktor yang mempengaruhihasil pembelajaran dan perkembangan disekolah.

Maraknya stres, perundingan, merokok, dan hal-hal yang mengakibatkan penurunan hasil belajar di kalangan remaja harus dipertanyakan apakah ini adalah sebuah akibat dari kesalahan mereka sendiri atau lingkungan sekitar atau karena kesejahteraan diri tidak pernah dikenalkan dan diajarkan oleh sekolah. Sekolah sebagai institusi pendidikan sebaiknya memperhatikan dan menjaga agar peserta didik terhindar dari kelakuan-kelakuan negatif tersebut.

Mengenalkan dan mengajarkan hal-hal positif akan sangat membantu peserta didik dalam menghadapi tantangan yang ada. Selain itu, memberikan pemahaman mengenai kesehatan mental, emosi yang dirasakan dan cara menanggulangi emosi yang baik dapat menghasilkan respon yang positif pada hasil pembelajaran peserta didik. Penguatan mental dan karakter adalah modal yang dapat diajarkan kepada peserta didikagar mereka kuat menghadapi tekanan mental dikemudian hari.

Cara Penggunaan Modul Projek P5 Dari saya dan untuk saya

Projek yang mengangkat tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” ini diharapkan dapat membantu pendidik SMP yang berada di sekolah untuk melaksanakan kegiatan kokurikuler. Projek “Kesejahteraan diriku; dari saya dan untuk saya” ini terdiri dari 19 aktivitas. 

Projek ini hanya memberikan beberapa contoh topik kesejahteraan diri untuk dikembangkan lebih lanjut lagi oleh pendidik (contoh pengenalan mengenai depresi, panik, stress, perundingan, dll). 

Penulis menyarankan agar projek ini dapat dilaksanakan pada awal semester 1. Dengan melaksanakan projek ini, peserta didik akan dikenalkan pada cara menjaga kesehatan mental dan fisiknya yang akan membantu peserta didik dalam menjalani kegiatan belajar kedepannya dengan baik.

Projek ini memiliki total kurang lebih 40 jam pelajaran yang dibagi dalam 19 aktivitas. Pada setiap topik kesejahteraan diri, pendidik sebaiknya selalu memulai dengan pengenalan terhadap topik terkait agar peserta didik bisa lebuh mengerti sebelum mengeksekusikan aktivitas terkait. 

Semua aktivitas pada projek ini dapat diulang beberapa kali dengan topik yang berbeda. Aktivitas regulasi emosi sebaiknya dilakukan selama kurang lebih satu jam untuk memastikan bahwa peserta didik mengerti instruksi yang diberikan. Pendidik diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk melakukan aktivitas regulasi emosi di manapun dan kapanpun dia perlukan (contoh, pada saat loncengbermain,5menitsebelumpelajaran dimulai,dibus,dll).

Agar pelaksanaan projek ini berjalan optimal, selain menciptakan lingkungan sekolah yang lebih terbuka dan positif, sekolah dapat menyediakan sarana dan prasaran yang dapat mendukung pelaksanaan projek ini, contoh: ruang emosi untuk peserta didik. Ruangan ini dapat diisi dengan alat musik, alat seni, alat prakarya, alat lukis, dll. 

Ruangan ini dapat dipakai oleh semua peserta didik saat mereka ingin menyalurkan emosinya. Ruangan ini juga dapat dipakai sebagai hukuman positif bagi peserta didik yang bermasalah.

Download Modul Projek P5 Fase D Dari Saya dan Untuk Saya

Modul Projek P5 dari saya dan untuk saya ini berjumlah 19 aktifitas dengan total 40 JP, Untuk lebih jelasnya silahkan scrolling dibawah ini :




Penutup

Pada akhir projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengerti tentang dirinya sendiri, mencintai dirinya sendiri, mengerti semua emosi yang dia rasakan dan peduli terhadap kesehatannya baik kesehatan mental maupun kesehatan fisiknya. 

Peserta didik juga diharapkan dapat mencari berbagai kegiatan lain yang dapat membantu mereka dalam menjaga kesehatan mental serta mengajak orang lain untuk menyadari dan menjaga kesehatan mentalnya.

Sepatu Slip-on Pria murah Sepatu santai Sepatu kuliah kerja terlaris suarez 3varian Rp. 49.000,- . Dapatkan di https://shope.ee/5KkMJhKNxk

Demikian sedikit informasi mengenai "Modul Projek P5 Fase D | Dari Saya dan Untuk Saya" yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat...
 
Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Download Logo HAB Kemenag 2024 Ke-78 - CRR, PNG, JPG & PSD

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . Hari Am...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI