Breaking News

29 Oktober 2023

Modul Projek P5 Fase D | Aku Siap Menjadi Remaja

hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Yang diangkat dalam projek ini merupakan satu dari tujuh tema yang dirumuskan dalam Naskah Profil Pelajar Pancasila, yaitu “Bangunlah Jiwa dan Raganya” dengan topik “Aku Siap Menjadi Remaja”. Projek ini berfokus pada tiga dimensi, yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, dan kreatif.

Modul Projek Profil pelajar Pancasila (P5) Fase D dengan topik Aku Siap menjad Remaja ini disusun oleh  Nurlailah dan Nur Hidyati dari Direktorat Sekolah Menengah Pertama Dirjen PAUD dan Dikdas Kemendikbudristek.2023. yang admin download dari flatform merdeka mengajar. 

Guru Sumedang hanya membantu menyebarkan modul Projek P5 ini untuk diamanti dan dianalisis para pendidik, kemudian di tiru dan tentunya dimodifikasi disesuaikan dengan entribehavior peserta didik dan situasi kondisi satuan pendidikannya masing-masing.

Modul Projek P5 Fase D | Aku Siap Menjadi Remaja

Pelajar Indonesia tidak hanya dituntut baik dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, tetapi seiring dengan perjalanan pendidikannya, mereka juga dituntut dapat membangun karakter dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila, serta mengintegrasikannya dalam setiap kegiatan yang mereka lakukan. 

Tema Modul Projek P5 Fase D yang diangkat dalam projek ini merupakan satu dari tujuh tema yang dirumuskan dalam Naskah Profil Pelajar Pancasila, yaitu ”Bangunlah Jiwa dan Raganya” dengan topik “aku siap menjadi remaja”. Projek ini berfokus pada tiga dimensi, yaitu beriman dan bertakwa kepadaa Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, dan kreatif. 

Pada kegiatan modul projek P5 ini, peserta didik melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah kesejahteraan diri (wellbeing), perundungan (bullying), bentuk kenakalan remaja lainnya yang sering ditemukan di lingkungan sekitar, dan usaha mencari jalan keluarnya. 

Tujuan  Modul P5 Aku Siap Menjadi Remaja

Modul Projek P5 Fase D dengan tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” topik “aku siap menjadi remaja” bertujuan mendidik peserta didik agar mengerti, mencintai diri sendiri,  dan memahami emosi yang dirasakan dan peduli terhadap orang lain. Peserta didik juga diharapkan dapatmencari berbagai kegiatan lain yang dapat membantu mereka dalam menjaga kesejahteraan dirinya dan mengajak orang lain untuk menyadari dan menjaga kesehatan mental mereka. 

Relevansi Projek P5 Aku Siap menjadi Remaja

Kesejahteraan diri peserta didik merupakan suatu keadaan ketika peserta didik dalam kondisi mood positif, memiliki sifat, ketahanan, kepuasan diri yang kuat, merasa aman di sekolah, dan mempunyai kesehatan mental yang baik. Kesejahteraan peserta didik merupakan salah satu faktor yang memengaruhi hasil pembelajaran dan perkembangan di sekolah. 

Maraknya stres, perundungan, pelecehan seksual, dan hal-hal yang mengakibatkan penurunan karakter positif di kalangan remaja harus dipertanyakan. Apakah hal tersebut akibat kesalahan mereka, lingkungan sekitar, atau tidak diajarkannya kesejahteraan diri di sekolah? Sekolah sebagai institusi pendidikan sebaiknya memerhatikan dan menjaga peserta didik agar terhindar dari tingkah laku negatif tersebut.  

Mengenalkan dan mengajarkan hal-hal positif membantu peserta didik dalam menghadapi tantangan. Selain itu, memberikan pemahaman mengenai kesehatan mental, emosi yang dirasakan, dan cara menanggulangi emosi yang baik dapat menghasilkan respons yang positpada hasil pembelajaran peserta didik. 

Alur Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 

1. Tahap Pengenalan ( 20 JP)

    Aktifitas :

  • Dunia Remaja (10 JP)
  • Ciri-ciri Remaja (5 JP)
  • Problematika Remaja (5 JP)

2. Tahap Kontekstualisasi ( 40 JP)

    Aktifitas :

  • Menjadi Remaja Hebat ( 10 JP)
  • Ekplorai permasalahan remaja di sekolahh (20 JP)
  • Aku Remaja yang peduli (10 JP)

3. Tahap Aksi (50 JP)

    Aktifitas :

  • Fokus masalah (10 JP)
  • Solusi terbaik kami (10 JP)
  • merancang komponen kampanye (20 JP)
  • Sosialisasi /kampanye (10 JP)

4. Tahp Refleksi dan Tindak lanjut (5JP)

    Aktifitas :

  • Dampak Aksi Nyata (3 JP)
  • Apa yang harus diperbaiki (2 JP)

Modul Projek P5 Fase D | Aku Siap Menjadi Remaja 

Selengkapnya modul Projek P5 seperti Dimensi, elemen, sub elemen Profil pelajar Pancasila , matrik capaian pada tiap aktifitas projek dan tentunya pelaksanaan tahapan modul projek P5 ini bisa anda scrolling dan download dibawah ini :


Untuk mengunduh file diatas silakan klik dibawah ini:


Sepatu Slip-on Pria murah Sepatu santai Sepatu kuliah kerja terlaris suarez 3varian Rp. 49.000,- . Dapatkan di https://shope.ee/5KkMJhKNxk

Demikian sedikit informasi mengenai "Modul Projek P5 Fase D | Aku Siap Menjadi Remaja" yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat...
 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Download Logo HAB Kemenag 2024 Ke-78 - CRR, PNG, JPG & PSD

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . Hari Am...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI