Breaking News

26 Juni 2021

Kiat Guru Menyiapkan Diri di Awal Tahun Ajaran Baru



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Kiat guru menyiapkan diri untuk tahun ajaran baru ini harus dilakukan dengan matang. Pasalnya semua ini demi kenyamanan dan kelancaran proses belajar mengajar kedepannya.

Selain itu juga mencetak generasi bangsa yang cerdas. Selain itu, tanggap dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

Banyak hal yang harus dipersiapkan sekolah terutama guru untuk tahun ajaran baru. Mulai dari materi pelajaran, metode pembelajaran, indikator penilaian siswa dan lain-lain.

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan guru untuk menyambut pembelajaran di awal tahun. Simak ulasannya berikut ini.

Kiat Guru Menyiapkan Diri Menyambut Tahun Ajaran Baru

Agar persiapan semakin matang dan mantap, berikut beberapa hal yang kami sarankan untuk Anda lakukan.

1. Menyiapkan Rencana Pembelajaran

Untuk kiat guru menyiapkan diri yang pertama yaitu mengenai metode pembelajaran. Agar siswa merasakan suasana belajar yang menyenangkan dan nyaman. Guru harus mendesain sedemikian rupa agar metode pembelajaran mengasyikan.

Misalnya melalui selipan ice breaking di tengah-tengah pembelajaran berlangsung. Juga berbagai metode pembelajaran unik lainnya.

Selain itu, guru harus mengenal dan paham dengan kurikulum yang akan dilaksanakan. Sehingga pembelajaran yang diberikan juga akan sinergis dan sesuai.

Berikut beberapa link yang kami sarankan;

2. Mempersiapkan Materi Pembelajaran

Tentu saja kiat guru menyiapkan diri yang paling pokok dan utama yaitu materi pembelajaran. Tanpa adanya materi pembelajaran proses belajar mengajar tidak akan mampu berlangsung.

Oleh sebab itu guru hendaknya menyusun berbagai materi pembelajaran yang sudah berupa ringkasan. Untuk pengembangannya bisa melalui siswa. Nantinya guru bisa menjadi fasilitator agar anak mencari berbagai materi di internet.

Karena dengan kemajuan zaman seperti saat ini. Tidak menutup kemungkinan sumber belajar dari berbagai media. Mulai dari internet, buku, modul dan lain-lain.

Oleh sebab itu biarkan anak bebas mencari materi di berbagai sumber. Apabila ditemukan kendala maka guru bisa menjadi penengah.

Berikut beberapa link terkait;

3. Merencanakan Media Pembelajaran Yang Sesuai

Untuk media pembelajaran ini sangat membutuhkan kreatifitas dan ide dari seorang guru. Pasalnya tidak semua media pembelajaran harus dibeli menggunakan uang.

Guru bisa memanfaatkan benda-benda yang sudah tidak terpakai atau bekas. Untuk membuat sebuah media pembelajaran bagi siswa.

Media pembelajaran tersebut dapat berupa sebuah alat peraga atau simulasi yang lainnya. Akan tetapi semua ini juga disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan sekolah.

Untuk memberikan gambaran atau visualisasi guru bisa menggunakan bantuan LCD proyektor. Sehingga bisa menampilkan berbagai video maupun gambar.

4. Mengumpulkan Data Diri Siswa

Ibarat pepatah yang mengatakan jika tidak kenal maka tak sayang. Oleh sebab itu seorang guru harus bisa mengenal siswanya satu persatu. Apalagi sejak awal tahun ajaran baru dimulai.

Selain itu apabila guru mengenal seluruh siswa-siswanya juga akan menghindarkan diri dari kecemburuan. Kecemburuan tersebut berasal dari siswa-siswa yang merasa di anak tirikan. Padahal tentu saja semua guru pasti menyayangi semua siswa-siswanya.

5. Membuat Kesan Pertama Yang Mengasyikan

Kiat guru yang terakhir yaitu kesan pertama awal tahun ajaran baru. Biasanya di awal pertemuan di tahun ajaran baru guru belum membahas materi pembelajaran.

Akan tetapi ingin mengenal siswa-siswanya terlebih dahulu. Biasanya akan diadakan sesi perkenalan dari setiap siswa-siswa tersebut. Nantinya mereka akan menyebutkan nama, alamat, cita-cita satu persatu.

Setelah sesi perkenalan tersebut selesai maka giliran guru yang memperkenalkan dirinya. Serta biasanya diselingi juga cerita-cerita. Mulai dari siswa maupun guru mengenai pengalaman atau hal lainnya.

Sehingga kiat guru menyiapkan diri tersebut akan memicu awal hubungan yang baik antara siswa dan tenaga pendidik.

Demikian informasi mengenai "Kiat Guru Menyiapkan Diri di Awal Tahun Ajaran Baru" yang dapat kami sampaikan pada postingan kali ini. Semoga bermanfaat...
 
Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

Gabung bersama kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)
Telegram ; 
(Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape


 

 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

KMA 624 Tahun 2021 Tentang Supervisi Pembelajaran Pada Madrasah

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI