Breaking News

08 Juli 2024

Tradisi Tahunan, Arab Saudi Ganti Kiswah Ka'bah di Awal Tahun Baru Islam

hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

بسم الله و الحمد لله
اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥💥

Setelah pelaksanaan ibadah haji tahun 2024, Otoritas Pengelola dan Perawatan Masjidil Haram serta Masjid Nabawi mengganti kiswah Ka'bah dengan yang baru pada awal tahun baru hijriah 1446, Ahad (7/7/2024), demikian dilaporkan oleh Saudi Press Agency (SPA).

Tradisi tahunan yang dilakukan setiap 1 Muharram ini dikerjakan oleh tim dari Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Ka'bah Suci, yang terdiri dari 159 pengrajin terampil.

Pengrajin tersebut ditempatkan di berbagai sisi dan atap Ka'bah, sesuai dengan keahlian masing-masing. Mereka memulai dengan membongkar kiswah lama, memasang yang baru, serta memperbaiki sudut-sudut dan atap Ka'bah.

Kiswah baru terdiri dari empat sisi terpisah dan tirai pintu, memiliki berat 1.350 kilogram dan tinggi 14 meter. Setiap sisi Ka'bah dinaikkan secara individu ke puncak Ka'bah untuk dipersiapkan sebelum dipasang menggantikan penutup lama.

Pemasangan kiswah baru melibatkan pengikatan dan penurunan secara bertahap dari kiswah lama, sambil sisi baru dipindahkan ke posisinya. Proses ini diulangi untuk setiap sisi hingga kiswah baru terpasang dengan sempurna. Sabuk kiswah kemudian diselaraskan dan dijahit untuk memastikan tampilan keseluruhan yang teratur dan indah.

Setelah semua sisi dipasang, sudut-sudut kiswah dijahit dari atas hingga ke bawah. Proses penyelesaian termasuk pemasangan tirai, yang membutuhkan presisi tinggi. Tirai dibuat dari kain hitam dengan dimensi yang sesuai, lalu dipasang dengan detail jahitan yang teliti ke kiswah.

Pembuatan kiswah menggunakan sekitar 1.000 kilogram sutera mentah yang dicelup hitam, serta dihiasi dengan 120 kilogram benang emas dan 100 kilogram benang perak. Sabuk kiswah terdiri dari 16 potongan kain sutera dan tujuh potongan lainnya di bawah sabuk.

Tim dari Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Ka'bah Suci terdiri dari sekitar 200 pengrajin dan administrator, semuanya warga negara yang terlatih dan berkualifikasi. Mereka bekerja dalam berbagai departemen seperti pencelupan, tenun, pencetakan, pembuatan sabuk, penyepuhan, penjahitan, dan perakitan kiswah. Tim ini menggunakan mesin jahit terbesar di dunia yang panjangnya mencapai 16 meter dan dioperasikan dengan sistem komputerisasi.

Selain itu, ada juga departemen pendukung lainnya seperti laboratorium, layanan administrasi, pengontrol kualitas, hubungan masyarakat, layanan kesehatan, dan keselamatan kerja untuk memastikan kelancaran proses pembuatan kiswah.


Cek 【COD】M10 TWS Headphone  Wireless  Bluetooth 5.3 In Ear low-latency Earphone  Mikrofon Stereo Calling With 3500mAh  Powerbank - EP18 dengan harga Rp39.000. Dapatkan di Shopee sekarang! https://shope.ee/5pjG3NayJV?share_channel_code=1

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Tradisi Tahunan, Arab Saudi Ganti Kiswah Ka'bah di Awal Tahun Baru Islam", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
Instagram ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
WA 16 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه و سلم أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape


0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Kumpulan Twibbon Matsama Madrasah 2024 dan Cara Membuatnya

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI