Breaking News

03 Desember 2018

Tutorial Input Siswa Mutasi Kelas Akhir di E-Manajemen Ujian Nasional

Seperti yang sudah dipahami atau dirasakan oleh Operator Madrasah yang sudah mencoba untuk mengakses aplikasi EMIS Madrasah pada fitur Capesun, bahwa untuk melakukan mutasi siwa kelas akhir dari umum atau dari madrasah mengalami kendala yang tidak mudah. Contohnya seperti proses simpan siswa yang lama, sampai keluarnya notifikasi Connection Time Out dari EMIS Madrasah. Dan pada artikel ini, kami akan membahas tentang bagaimana cara menginput siswa kelas akhir mutasi umum dan mutasi madrasah.

Pada tampilan aplikasi E-Manajemen Ujian Nasional hari ini, ada fitur baru yang sebelumnya tidak ada. Bahkan dalam Petunjuk Teknis yang sudah beredar pun tidak tercantum fitur ini. Yaitu fitur Tambah Siswa (Umum). Fitur ini digunakan untuk menambahkan siswa kelas akhir yang masuk kedalam daftar Calon Peserta Ujian Nasional, yang berasal dari sekolah umum seperti SD/SMP/SMA dan lain sebagainya. Nah, bagaimana cara untuk menggunakan fitur ini?


  1. Log In ke aplikasi E-Manajemen Ujian Nasional
  1. Klik menu Template
  1. Klik Tambah Siswa (Umum). Untuk di menu ini, cukup untuk mengisi Nama Siswa, Tempat dan Tanggal lahir dengan format dd/mm/yyyy, juga NISN.
  1. Simpan

Nantinya nama siswa akan muncul lengkap dengan ID Siswa yang bisa dicopy-paste ke template yang sudah diunduh. 


Selanjutnya tentang bagaimana cara menginput siswa mutasi kelas akhir dari madrasah yang belum masuk Capesun. Prosesnya sedikit berbeda dengan proses mutasi siswa kelas akhir dari umum. Dan disini operator madrasah perlu memilah dan memilih data siswa yang benar dengan data siswa yang dicari dan akan dimasukkan kedalam template capesun.

  1. Log In ke aplikasi E-Manajemen Ujian Nasional
  2. Klik menu Template
  3. Klik Cari Siswa. Lalu masukkan nama siswa yang dicari pada kolom disebelah kanan. Contoh: Annisa. 
  4. Klik Cari. 
  5. Tunggu beberapa saat. Dan ketika daftar nama siswa sudah muncul dibagian bawah, operator madrasah perlu memilah dan memilih jika terdapat nama yang sama. Dipilih yang sesuai dengan data siswa yang akan dimasukkan kedalam template capesun.
  6. Pada data siswa yang akan dipilih, akan ada keterangan ID Siswa, dan itulah yang harus diinput kedalam template pada kolom ID Siswa. Jangan lupa untuk melengkapi data siswa langsung di template.



Perlu diperhatikan kembali, bahwa harus benar-benar dipastikan bahwa data siswa yang diinput kedalam template datanya sudah lengkap, dan jumlahnya sudah pas dengan jumlah siswa capesun dimadrasah. Mengantisipasi kegagalan pengunggahan template ketika akan diunggah untuk mendapat file .ez.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber: Oppmi.id
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Berbekal HP, Siswa Madrasah Ini Terbitkan Empat Novel selama Pandemi

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani ....

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI