Breaking News

28 December 2018

Penjelasan tentang Patch 1 Sampai 6.5 ARD


1. Patching Rapor 1

Diterbitkan pada 8 Desember 2018. Kegunaannya adalah untuk membuat akun baru, bagi madrasah yang sebelumnya belum bisa login karena belum memiliki akun di ARD Madrasah Online. Dengan patch ini madrasah bisa login ke sembarang akun (namun disarankan beberapa akun tertentu) yang mana data-data terkait NSM, nama madrasah, dan lain sebagainya bisa diedit manual.

Setelah mengedit NSM dan nama madrasah (yang pada versi ARD Madrasah tanpa patch tidak bisa diedit), madrasah bisa login dengan menggunakan NSM yang diisikan tersebut.

NSM asal yang disarankan untuk digunakan dan kemudian diganti (dengan NSM sendiri) bagi pengguna patch ini adalah 131281710003 (untuk MA), 121252030054 (MTs), dan 111232010580 (MI) dengan password "pengguna".

Baca : Jika Tidak Bisa Login dan Lupa Password ARD

2. Patching Rapor 2

Patching Rapor 2 diterbitkan pada 10 Desember 2018 karena adanya mata pelajaran pada Madrasah Aliyah yang belum tercantum saat dilakukan sinkronisasi mapel.

Jadi fungsi patch kedua ini memang untuk menambahkan secara manual nama-nama mata pelajaran (bukan muatan lokal) yang kurang. Sehingga pada menu mata pelajaran, selain terdapat tombol sinkron pun terdapat tombol "Tambah".

Selain itu, pada patching kedua ini pun terdapat perbaikan tampilan hasil rapor siswa ketika dicetak.

3. Patching Rapor 3

Berselang dua hari, muncul lagi patch ketiga. Patch ini berfungi menambal kesalahan nama semester yang di beberapa madrasah tertulis semester genap. Sehingga dengan menambahkan patch ketiga ini semester yang semula tertulis genap akan berubah menjadi semester ganjil.

Selain imengubah semester genap menjadi ganjil, patching ketiga ini juga memiliki fungsi:

Sort (mengurutkan) nama siswa

Perbaikan posisi dan panjang karakter pada tanda tangan dan nama kepala madrasah saat penyetakaan rapor digital

Penambahan pengaturan tempat dan tanggal pembagian rapor


4. Patching Rapor 4


Tanggal 17 Desember 2018 Tim Teknis Pusat kembali merilis patching ke-4. Patch ini ditujukan untuk membedakan tanggal yang tertulis di cetak rapor pada halaman identitas perserta didik dan halaman akhir rapor. Kedua tanggal tersebut seharusnya berbeda. Pada halaman identitas siswa adalah tanggal pertama kali siswa di terima di madrasah sedang pada halaman terakhir rapor adalah tanggal pembagian rapor.


Patch 4 juga terdapat penambahan menu menghapus mata pelajaran yang tidak diperlukan (tidak digunakan) di madrasah/kelas tersebut. Karena selepas patch kedua, beberapa mata pelajaran yang tidak diajarkan ikut tercetak di hasil printout rapor digital.


5. Patching Rapor 5 + Patching Rapor 5 Khusus MI


Tanggal 19 Desember 2018 kembali dirilis patching rapor ke-5. Patch ini untuk memperbaiki pelbagai bug dan error terutama yang muncul akibat pemasangan patch-patch sebelumnya. Error itu diantaranya aplikasi yang gagal membuka halaman awal (home page) dan gagal menyimpan saat entri nilai dan lain sebagainya.

Patching 5 MI dirilis 20 Desember 2018. Kegunaannya sama dengan patch 5 tetapi khusus untuk MI


6. Patching Rapor 6

Patching Rapor 6 diterbitkan pada 20 Desember berbarengan dengan Patch 5 MI. Pada patch ini terdapat perbaikan yang meliputi:

Mapel lintas minat dimunculkan di printout rapor

Semester yang masih tertulis genap, terutama di printout rapor, berubah menjadi ganjil

Perbaikan KKM rapor yang semula ada perbedaan antara di menu guru dan operator


7. Patching Rapor 6.5

Patch yang dirilis pada 21 Desember 2018 ini merupakan diperuntukkan bagi yang gagal saat melakukan patching dengan menggunakan patch 3 dan 6. Sehingga bagi ARD Madrasah yang sudah normal tidak perlu melakukan patching ini
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Surat Edaran Penggunaan Raport Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Memasuki masa-masa akhir semester g...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI