Breaking News

12 Desember 2018

11 Ribu Guru PAI Akan Ikuti Pretest PPG

    Assalaamu'alaikum Sahabat Hanapi Bani .
11 Ribu Guru PAI Akan Ikuti Pretest PPG
Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama akan menggelar seleksi akademik calon peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), pada 19 -20 Desember 2018 mendatang. Seleksi akademik yang dikenal dengan pretest PPG ini diperuntukkan bagi 11 ribu guru PAI yang telah masuk dalam daftar ringkas (short list)  guru yang belum tersertifikasi, terhitung sebelum tahun 2006.
Menurut Direktur PAI Kemenag Rohmat Mulyana, pretest adalah amanat Pasal 5 Peraturan Menteri Ristek Dikti Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru. “Sebelum para guru mengikuti pendidikan profesi harus mengikuti seleksi akademik (pretest),” kata Rohmat, di Jakarta, Selasa (11/12).
Jangkauan pelaksanaan pretest bagi guru PAI tahun ini adalah seluruh guru yang ditetapkan terhitung sebelum tahun 2006 yang belum tersertifikasi. “Jika merujuk pada short list terakhir, jumlah guru yang ditetapkan sebelum tahun 2005 mencapai lebih dari 11.000 guru,” tutur Rohmat.
Dari 11 ribu yang akan mengikuti pretest tersebut, menurut Rohmat akan tersaring 2000 guru yang akan diikutsertakan pada program PPG bagi Guru PAI pada 2019 mendatang.
“Para guru yang terhitung telah masuk short list sebagai calon peserta sertifikasi melalui jalur pendidikan pada tahun 2019, agar mempersiapkan lebih serius ujian pretest sehingga masuk dalam group yang dapat mengikuti sertifikasi pada tahun 2019,” pesan Rohmat.
Saat ini menurut Rohmat, Direktorat PAI menggelar Workshop Persiapan Tempat Ujian Kompetensi, selama tiga hari, 10-12 Desember 2018. Sebanyak 34 Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) se-Indonesia turut menghadiri acara tersebut.
“Koordinasi pertama persiapan pretest bagi guru PAI ini sebagai bentuk komitmen bersama memberikan pelayananan prima kepada para guru. Mengingat pada tahun 2017 tidak ada pelaksanaan sertifikasi,” imbuh Rohmat.
Sementara Kasubdit PAI Nurul Huda menyatakan koordinasi dengan LPMP diperlukan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan pretest PPG Guru PAI. “Mereka yang akan mengkoordinasikan distribusi penyelenggara pretest terutama di provinsi-provinsi yang memiliki calon peserta yang cukup besar,” ujar Nurul Huda.
Selain seleksi akademik menurut Nurul Huda, pretest besuk akan dibarengi dengan Ujian Tulis Nasional (UTN) ulang bagi guru yang telah mengikuti sertifikasi melalui PLPG pada tahun 2017.
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

TIPS AGAR TIDAK MERASA LEBIH BAIK DARI ORANG LAIN

السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Han...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI