Breaking News

06 February 2019

Beberapa pertanyaan dan jawaban seputar EMIS

Beberapa pertanyaan dan jawaban seputar EMIS


Percayalah bahwa tak ada masalah yang tidak menemukan solusi. Karena setiap masalah yang datang sudah sepaket dengan solusinya. 

Meskipun kita sulit untuk memecahkan masalah yang sedang kita hadapi bukan berarti kita tidak akan menemukan solusi dari masalah yang sedang kita hadapi. Selalu, karena selalu ada jalan keluar dari setiap masalah yang akan kita hadapi.

Sama halnya dalam pengerjaan EMIS di saat ini, terkadang banyak kendala dan berbagai pertanyaan yang mencuat kepermukaan untuk kita hadapi dan selesaikan. 

Berikut beberapa Daftar pertanyaan dan sekaligus jawaban seputar EMIS:


1. Dari tanggal 01 - 28 februari 2019 apa yang harus dilakukan Madrasah ?


Jawab : Memasukkan siswa / siswi baru baik dari umum dan dari Madrasah dan juga melkukan mutasi masuk dan mutasi keluar bagi yang memiliki siswa mutasi.


2. Apakah boleh memasukkan data siswa baru dari Madrasah menggunakan input manual atau template?


Jawab : Tidak boleh. karena siswa tersebut sudah berada di database EMIS maka jika hal tersebut dilakukan tidak akan bisa karena data akan terbaca sudah ada.


3. Bagaimana cara memasukkan siswa kelas 2,3,4,5,8,11 yang berasal dari Madrasah kemaren belum sempat masuk?


Jawab : Cari siswa tersebut dengan menu pencarian dan lihat siswa tersebut datanya ada di Madrasah mana apakah ada di Madrasah asal atau tidak. jika data tersebut masih berada dimadrasah asal maka kordinasi Madrasah sebelumnya untuk meluluskan atau mengaktifkan kembali dan mintakan di cari pada setiap menu kesiswaan jika masih ada kendala maka hubungi admin Kabupaten unutuk membantu dan jangan sampai menambah dengan menu siswa baru dari sekolah karena artinya sia - sia saja biarpun masuk maka akan dapat proses cleansing dan data akan terhapus.

4. Kenapa siswa baru yang ditarik dari Madrasah bisa doble?


Jawab : Karena ketika kita daftarkan dengan tidak sengaja kita me klik 2x yang akhirnya siswa masuk doble.


5. bagaimana cara menghapus siswa doble hasil dari tambah siswa dengan NSM?


Jawab : Mutasikan siswa ke Sekolah dan untuk kolom NPSN dan sekolah tujuan itu di isi - saja lalu mutasikan dan setelah itu tarik kembali siswa tersebut jangan sampai terklik 2x biar tidak masuk ganda lagi.


6. Kenapa ketika kita tarik data siswa baru dari Madrasah untuk datanya di siswa aktif kosong dan tanggal lahir salah?


Jawab : Cek data tersebut di detail siswa dan pastikan datanya benar dan untuk tampilan di siswa aktif biarkan saja nanti akan berubah sendiri sesuai dengan data yang ada.


7. Kenapa siswa baru PPDB yang menggunakan template tidak masuk ke siswa aktif?


Jawab : Karena perlu persetujuan admin Kabupaten Kota yang sementara menunya belum diaktifkan maka tunggu saja dan pastikan saja siswa berhasil di aploud.

8. Aploud siswa PPDB bolehkan keseluruhan rombel di aplud dengan satu template?


Jawab : tidak boleh karena aturannya aplud harus per rombel.

9. Kenapa saat aploud siswa PPDB dengan template tidak masuk dan ada notifikasi warna merah?


Jawab : Pastikan data yang di isi sesuai permintaan dan setiap kolom harus terisi benar dan juga untuk format template harus berekstensi CSV yang bisa dilakukan baik saveas manual ataupun convert online.


10. Kenapa saat input data siswa baru melalui input manual ada notifikasi data sudah ada?


Jawab : Ada kemungkinan siswa tersebut berasal dari Madrasah yang datanya sudah ada di database EMIS maka untuk itu lakukan pencarian umum untuk melihat siswa tersebut ada atau tidak di database EMIS dan kedua kemungkinan saat simpan data sudah masuk tapi tidak ada notifikasi sukses maka juga lakukan pencarian juga dan lihat posisi anak tersebut berada dimana dan jika tidak ada dan di input tetap dapat notifikasi demikian maka laporkan ke admin Kabupaten biar dilanjutkan ketingkat diatasnya untuk di diperbaiki dan diberikan jalan keluar.


11. Bagaimana melakukan mutasi jika tahapan harus di aprove admin Kabupaten?


Jawab : Lakukan saja mutasi lalu laporkan ke admin kab dengan  membawa bukti dokumen untuk bisa di aprove jika menunya sudah di aktifkan.


12. Bagaimana mengedit nama, tempat dan tanggal lahir yang salah?


Jawab : Laporkan ke Admin Kabupaten untuk di edit kalo menu sudah di aktifkan dan jika belum maka tunggu sampai menu di aktifkan yang artinya tetap krdinasi dengan admin Kabupaten Kota agar ditindak lanjuti nantinya.


13. Melakukan proses simpan ketika edit data profil lama?


Jawab : Lakukan di waktu - waktu yang dianggap trafik kecil agar data bisa tersimpan dengan proses tidak lama dan jika masih lama maka tetap di tunggu karena itu ujian bagi kita sebagai admin Madrasah.

14. Bagaimana jika siswa berada di siswa non aktif padahal siswa tersebut masih aktif?


Jawab : Klik kembaikan maka data akan masuk pada siswa aktif


15. Bagaimana jika siswa tidak ada di siswa aktif tapi ada di pencarian dan posisinya berada di Madrasah kita?


Jawab : cari di menu kesiswaan mungkin di menu siswa nonaktif atau lakukan pencarian dengan merubah url di angka terakhir misal 30 diganti 40



Dari 15 poin diatas itu sebagian dari sekumpulan pertanyaan yang sering dilontarkan dan ada jawaban yang posisinya masih ragu - ragu yakni dengan jawaban opsi karena EMIS bermacam - macam jalan dengan satu permasalahan yang sama. Dan semoga kita bisa menemukan jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada.
Comments
0 Comments

No comments:

Artikel Terbaru

'Rasanya Baru Kemarin' Puisi Kerinduan Menag pada Mbah Moen

KH Maimoen Zubair wafat pada 6 Agustus 2019 di RS An Nor Makkah saat akan menunaikan ibadah haji. Sebagai Amirul Hajj, Menag Lukman Ha...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI