Breaking News

23 Desember 2020

Jadi Menag, Gus Yaqut: Agama Harus Jadi Inspirasi, Bukan Aspirasi


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan agama harus menjadi inspirasi bukan aspirasi. Hal ini dikemukakan Gus Yaqut, begitu sapaan akrabnya, pada acara Serah Terima Jabatan Menteri Agama di Kantor Kementerian Agama, Jakarta. 

"Kita tunjukkan kepada publik, saya katakan kemarin di Istana negara dan tadi juga saya sampaikan ke Bapak Presiden, melalui Kementerian Agama ini, saya ingin menjadikan agama sebagai inspirasi bukan aspirasi," ujar Gus Yaqut, Rabu (23/12). 

Yaqut Cholil Qoumas dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Agama pada sisa masa jabatan 2019-2024. Ia dilantik menggantikan Fachrul Razi usai keputusan reshuffle kabinet yang disampaikan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan pada Selasa, 22 Desember 2020.

"Agama sebagai inspirasi bukan sebagai aspirasi itu kalau di-breakdown akan luar biasa bagaimana kita ini harus saling menghormati antar sesama pemeluk agama, bagaimana harus saling menghormati yang berbeda keyakinan," lanjut putra KH Cholil Bisri ini.

Di hadapan Menag Periode 2019-2020 Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, dan jajaran pejabat eselon I & II yang hadir, Gus Yaqut pun mengutip kata-kata Sayidina Ali bahwa mereka yang bukan saudaramu dalam iman adalah saudaramu dalam kemanusiaan.

"Toleransi tingkat tinggi ini harus harus diberikan teladan dari sini dari Kementerian Agama," tegas Gus Yaqut yang merupakan alumni Sosiologi Universitas Indonesia.

"Saya tidak ingin dari Kementerian ini justru muncul sikap-sikap atau cara-cara diskriminatif antara satu (agama) dengan yang lain,"imbuhnya. 

Ia pun berjanji dalam tempo secepatnya akan segera mengumpulkan jajarannya guna mewujudkan cita-cita tersebut ke dalam program nyata. "Banyak hal yang bisa kita lakukan. Dan pada saatnya nanti secepat-cepatnya kita akan melakukan breakdown atas apa yang tadi saya sampaikan, sehingga Kementerian Agama ini benar-benar menjadi Kementerian semua agama. Dan agama ini harus menjadi inspirasi bukan aspirasi," tutur Gus Yaqut. 

Pria yang tumbuh di lingkungan relijius Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin, Leteh, Rembang, Jawa Tengah ini juga berjanji akan meneruskan program baik yang telah diwariskan pendahulunya, Menag  Fachrul Razi. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Fachrul Razi yang telah meninggalkan legacy yang luar biasa baiknya," ujar ayah dari empat orang puteri ini. 

"Mari kita tingkatkan apa yang sudah menjadi peninggalan dan warisan dari Pak Fachrul Razi, yang saya dengar, saya amati, saya lihat sudah sangat luar biasa. Mari kita pertahankan, dan kita buat lebih baik lagi," ajak Gus Yaqut. 

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

    ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

    Protected by Copyscape
    0 Comments

    Tidak ada komentar:

    Translate

    Artikel Terbaru

    Undangan Sosialisasi Teknis Penyusunan Proposal Bantuan Pokja Guru dan Tendik Tahun 2024 secara Online

    السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

    Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI