Breaking News

14 Desember 2020

Portal Guru Belajar: Setia Hadir Sesuai Waktu Belajarnya Guru



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) terus berupaya meningkatkan kompetensi tenaga pendidik. Salah satunya melalui Program Guru Belajar. Program Guru Belajar adalah salah satu cara untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki, mengevaluasi diri serta mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan. Pembelajaran pada Program Guru Belajar merupakan upaya mendorong perbaikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran.


“Di portal Guru Belajar, para guru kita bisa belajar setiap waktu. Makanya semangat yang diusung dengan Guru Belajar ini adalah ‘Setia Hadir Sesuai Waktu Belajarnya Guru’,” kata Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Praptono pada Seminar Virtual Nasional Pekan Untuk Sahabat Karakter (PUSAKA), Kamis (10/12/2020).


“Jadi guru bisa belajar di pagi hari, di sore hari, di siang hari, selama di tempat tinggalnya ada jaringan internet, maka guru bisa belajar, dengan masuk ke portal kami gurubelajar.kemdikbud.go.id,” sambungnya.

Praptono menjelaskan portal Guru Belajar full menggunakan daring mandiri. “Jadi berapa pun jumlahnya bisa kami layani. Dan sistem yang kami kembangkan bisa melayani 3 juta guru dalam waktu yang bersamaan. Karena kita menggunakan moda daring SIMPKB dan itu daring mandiri,” jelasnya.

Program Guru Belajar berbasis Massive Open Online Course (MOOC) yang memiliki keuntungan kapasitas tidak terbatas, serta jadwal belajar dapat diatur fleksibel.

Komponen Sistem Guru Belajar

Di portal Guru Belajar menggunakan sistem Single Sign On (SSO), “Artinya ini adalah pintu gerbangnya masuk semua pelayanan diklat yang dilakukan oleh Ditjen GTK. Kemudian kami menggunakan Wordpress LMS Plug In, ini kita sudah menyesuaikan dengan konten yang ingin kita taruh di dalam Guru Belajar, sehingga bisa memuat video, naskah-naskah, tahapan-tahapan, dan sebagainya,” terang Praptono.

Dengan menggunakan akun SIMPKB, semua aktivitas, portofolio, sertifikat dalam Guru Belajar dapat tersimpan dengan rapi.

“Yang terakhir Business Intelligence, ini yang akan mencatat day to day, menit ke menitnya, detik ke detiknya dari aktivitas belajar bapak, ibu. Kami tahu berapa lama bapak, ibu berinteraksi di dalam portal Guru Belajar ini,” tutur Praptono.

Seri Guru Belajar

Program Guru Belajar yang dapat diikuti setelah Seri Pandemi Covid-19 dan Seri Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) diantaranya: Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif, Program Guru Belajar Seri Matematika Gasing, Program Guru Belajar Seri Pembelajaran Berbasis Aktivitas, Program Guru Belajar Seri Sekolah Penggerak/Perubahan Kurikulum.

Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Praptono mengungkap alur program Guru Belajar yakni Orientasi Program, Bimtek, Diklat, Pengimbasan.

“Data sebulan yang lalu sudah ada 231.324 peserta dengan tingkat kelulusan 74,5%,” tutup Praptono.

Portal Guru Belajar merupakan tempatnya guru untuk mendapatkan pelatihan dan pembimbingan. Jadilah bagian dari peserta yang bersemangat untuk terus mengembangkan diri, dapatkan informasinya di gurubelajar.kemdikbud.go.id.

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

    ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

    Protected by Copyscape 
    0 Comments

    Tidak ada komentar:

    Translate

    Artikel Terbaru

    Kemenag Siapkan Regulasi Pengawasan Madrasah Berbasis Digital

      Reviu Regulasi GTK Madrasah السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين ...

    Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI