Breaking News

29 December 2020

Kemenag Gelar Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam 2020

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Ditjen Pendidikan Islam Kemenag akan menggelar Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Adiktis) 2020. Adiktis akan digelar di Jakarta, 30 Desember 2020, jam 10.00 - 11.30 WIB.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Suyitno mengatakan Adiktis merupakan penghargaan terhadap capaian tertinggi pada beberapa aspek tertentu yang diraih Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

“Adiktis insya Allah dihadiri Menag Yaqut Cholil Qoumas. Ini diharapkan menginspirasi dan memotivasi kampus untuk lebih baik lagi," ujar Suyitno di Jakarta, Selasa (29/12).

Ada 15 kategori Adiktis 2020, antara lain: PTKI Pemilik Jurnal Bereputasi Terbanyak, PTKI dengan Pemilik Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) Terbanyak, PTKI dengan Profesor Terbanyak, PTKI dengan Persentase Akreditasi Prodi A/Unggul Terbanyak, dan PTKI dengan BLU Terbaik.

“Adiktis 2020 lebih fokus pada kelembagaan atau institusi, bukan personal seperti dosen, pustakawan, laboran atau tenaga kependidikan. Jadi lebih mempertimbangkan kinerja kolektif dan bersama-sama”, lanjutnya.

Di tempat terpisah, Prof. Agus Sartono, Deputi Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, menyatakan bahwa target APK PT (Perguruan Tinggi) pada tahun 2025 adalah 35% kemudian di tahun 2035 adalah 50% dan tahun 2045 adalah 60%. Maka tanpa peningkatan kapasitas PT target tersebut tidak akan dapat diwujudkan.  Alternatif peningkatan akses dapat dilakukan dengan membangun PT baru, merevitalisasi PT lama atau transformasi PTKI sehingga kapasitas meningkat.

Deputi Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Agus Sartono mengapresiasi Adiktis 2020. Menurutnya, penghargaan ini relevan dengan upaya meningkatkan kapasitas civitas akademika sekaligus perbaikan tata kelola. Kedua hal itu diharapkan berdampak pada peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi.

Menurut Agus Sartono, target APK PT (Perguruan Tinggi) pada 2025 adalah 35%. Target ini akan naik pada 2035 menjadi 50% dan 60% pada 2045. "Adiktis 2020 sudah sangat tepat dalam rangka peningkatan kapasitas yang disertai dengan governance pengelolaan PTKI”.

Respon positif juga diberikan Deputi PMMK BAPPENAS Subandi Sardjoko. Menurutnya, memberikan apresiasi atas kinerja terbaik adalah langkah tepat. “Mungkin ke depan sebaiknya ditonjolkan lagi PTKI berprestasi  yang mampu melakukan riset dan menghasilkan inovasi dan kemitraan dengan dunia usaha," sarannya.

Adiktis 2020 rencananya dihadiro sejumlah pejabat eselon I dan pimpinan perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) baik negeri maupun swasta. Kegiatan ini tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

    ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

    Protected by Copyscape
    Comments
    0 Comments

    No comments:

    Translate

    Artikel Terbaru

    Daftar Madrasah Seluruh Indonesia Peserta Validasi Instrumen AKMI Tahun 2021

      السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani...

    Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI