Breaking News

10 Februari 2022

Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022

1. Pendahuluan 

Artikel ini berisi panduan pendaftaran SNMPTN yang diisikan oleh siswa sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan oleh LTMPT. Siswa dapat mendaftar SNMPTN melalui portal LTMPT (portal.ltmpt.ac.id) atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id. 

Tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN. Hanya siswa yang sudah memiliki akun di LTMPT, akunnya sudah permanen, termasuk salah satu siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap yang dapat mendaftar di SNMPTN.  

Berikut adalah tahapannya:  

1.    Login di portal LTMPT dengan menggunakan alamat email dan password yang didaftarkan.  

2.    Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan program studi (prodi) yang  dipilih pada halaman PILIHAN 

3.    Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang diplih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, halaman PORTOFOLIO tidak perlu diisikan.  

4.    Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib, artinya isiannya tidak wajib ada. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang pernah Anda dapatkan serta sesuai dengan prodi yang diminati.  

5.    Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah Anda melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat diubah dengan alasan apa pun 

6.    Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.  



Setiap tahapan akan dijelaskan lebih detail pada bagian selanjutnya dalam dokumen ini.  

CatatanFoto dan beberapa informasi tulisan pada gambar dalam panduan ini sengaja diberi blok hitam agar identitas siswa tidak terlihat. Pada tampilan asli Anda tidak akan ada blok hitam baik pada foto maupun tulisan.  


2. Login Siswa  


Silakan masuk ke halaman awal login Portal LTMPT seperti pada gambar berikut.  




Masukkan Email dan Password pada form login di atas pada laman https://snmptn.ltmpt.ac.id.  Gunakan alamat Email dan Password yang didaftarkan dan diverifikasi pada portal LTMPT.  

Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022


Jika Anda memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, tampilan yang muncul setelah Anda login adalah tampilan seperti pada Halaman Profil yang akan dijelaskan pada bab selanjutnya.  


Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, akan muncul pesan "Mohon maaf, Anda tidak berhak mengikuti SNMPTN 2022. Silakan mengikuti SBMPTN 2022" seperti pada tampilan berikut.  


Jika Anda memenuhi syarat yang disebutkan sebelumnya di atas namun belum melakukan permanen pada portal LTMPT, akan muncul tampilan berikut.  


Halaman profil berisi informasi biodata dari siswa. Perlu dicatat bahwa seluruh informasi pada kolom Biodata diambil dari data yang telah diisikan di portal, demikian pula dengan Nama, NISN, NPSN Sekolah, dan Asal Sekolah. Isian tersebut tidak dapat diubah pada aplikasi pendaftaran SNMPTN. Berbeda dengan pengisian tahun sebelumnya, kolom Data Orang Tua juga tidak perlu diisi karena mengambil informasi yang telah Anda isikan pada portal. Berikut adalah tampilan awal dari halaman profil.  


Tampilan awal dari halaman PILIHAN adalah sebagai berikut.




Silakan pilih salah satu PTN/Politeknik Negeri dari daftar yang disediakan pada kolom Pilihan PTN/Politeknik Negeri. Setelah itu, akan muncul Daftar Prodi yang dapat dipilih oleh siswaProgram studi yang akan muncul hanya program studi yang memperbolehkan jurusan dari SMA/SMK/MA asal siswa untuk mendaftar. Berikut adalah contoh tampilannya.  




Jika terdapat prodi yang tidak dapat Anda pilih karena syarat jurusan, tampilannya adalah sebagai berikut.  



Setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN/Politeknik Negeri atau dua

PTN/Politeknik Negeri. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di

PTN/Politeknik Negeri pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih

Panduan Pendaftaran SNMPTN

satu program studi, Anda dapat memilih PTN/Politeknik Negeri yang berada di provinsi mana pun. Disarankan tidak lintas minat (tergantung ketentuan PTN/Politeknik Negeri yang dituju).   

 

Terdapat juga informasi apakah prodi yang dipilih membutuhkan dokumen portofolio atau tidak pada kolom Portofolio. Jika kolom Portofolio bernilai, prodi tersebut tidak membutuhkan dokumen portofolio. Berikut contoh tampilan jika prodi membutuhkan dokumen portofolio.  


Jika sudah memilih prodi, silakan tekan Simpan Semua Pilihan pada tombol di kanan atas seperti pada gambar berikut.  


Kemudian akan muncul pop-up konfirmasi pilihan sebagai berikut jika pilihan prodi Anda tidak membutuhkan isian portofolio.  


Pilih Simpan dan, jika berhasil, akan muncul notifikasi seperti pada gambar berikut.  

Jika Anda sudah Simpan Pilihan kemudian ingin mengganti pilihan yang sudah dibuat dari prodi yang tidak memerlukan isian portofolio ke prodi yang memerlukan isian portofolio, akan muncul pop-up konfirmasi pilihan sebagai berikut.  





Kemungkinan berikutnya adalah jika Anda sudah Simpan Pilihan kemudian ingin mengganti pilihan yang sudah dibuat dari prodi yang memerlukan isian portofolio ke prodi yang tetap 
memerlukan isian portofolio dengan jenis isian portofolio yang sama, akan muncul pop-up konfirmasi pilihan sebagai berikut.  



Terakhir, jika Anda sudah Simpan Pilihan kemudian ingin mengganti pilihan yang sudah dibuat dari prodi yang memerlukan isian portofolio ke prodi yang tetap memerlukan isian portofolio namun jenis isian portofolionya berbeda, akan muncul pop-up konfirmasi pilihan sebagai berikut.  




Anda dapat melihat kembali prodi yang sudah Anda pilih dengan menekan tombol Pilihan Anda yang terletak di sebelah tombol Simpan Pilihan Anda.  

Setelah dipilih, akan terlihat pilihan prodi yang sudah Anda isikan sebelumnya seperti pada gambar berikut.  


5. Portofolio  

Panduan Pendaftaran SNMPTN

Beberapa prodi mensyaratkan untuk mengisikan portofolio, seperti Seni Tari diharuskan mengunggah (upload) video tari dan lain-lain. Pilih halaman PORTOFOLIO, maka pada prodi yang Anda pilih yang mensyaratkan adanya isian portofolio akan muncul tampilan sebagai berikut.  


Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya portofolio, halaman pada gambar di atas akan kosong (hanya muncul header Portofolio saja). Untuk melihat instruksi dan kebutuhan portofolio, silakan Unduh Instruksi dan Unduh Dokumentasi yang disediakan.  

 

Untuk mengisi portofolio, pilih Browse untuk memilih file yang akan diunggah, kemudian tekan tombol SIMPANUnduh PPT digunakan untuk mengunduh PPT portofolio yang sudah Anda unggah sekaligus sebagai penanda bahwa sudah ada file yang Anda unggah (tombol akan berubah menjadi Sudah Diunggah, Unduh). Berikut tampilan tombol Unduh ketika sudah mengisikan file portofolio.  


Jika berhasil menyimpan, akan muncul notifikasi sebagai berikut.  

 

Jika Anda sudah mengunggah portofolio, tetapi sebelum finalisasi dilakukan Anda berubah pikiran dan mengganti pilihan prodi yang tidak mensyaratkan adanya isian portofolioisian portofolio sebelumnya akan dihapuskan. 


6. Prestasi  


Berikut adalah tampilan awal halaman PRESTASI 


Panduan Pendaftaran SNMPTN


Isian prestasi bersifat tidak wajib diisikan, artinya jika memang tidak memiliki prestasi dengan Bidang dan Tingkat Prestasi yang disyaratkan pada pilihan, halaman ini dapat dikosongkan dengan tanpa mengunggah dan mengisi apa pun. Prestasi yang dapat diisikan pada halaman ini maksimal 3 buah prestasi.   

  

Silakan mengunggah bukti prestasi terlebih dahulu, unggah Bukti Prestasi dengan menekan tombol Browse, kemudian pilih file yang akan Anda unggah dengan ukuran maksimal 2MB yang berformat pdf/png/jpg. Kemudian isikan Deskripsi dari prestasi yang Anda unggah. Jika Anda memilih untuk mengunggah prestasi, kolom Deskripsi ini wajib diisi. Contoh isian deskripsi sebagai berikut: Juara 1 dari 150 peserta lomba pencak silat tingkat provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Dispora Jabar.  


Berikutnya adalah pengisian Bidang Prestasi. Silakan dipilih Bidang Prestasi yang akan diisikan seperti pada pilihan berikut.  



Berikutnya isi juga Tingkat Prestasi yang harus diisikan seperti pada pilihan berikut.  

Terakhir, silakan isikan juga pada kolom Individu/Kelompok mengenai prestasi yang Anda dapatkan seperti pada pilihan berikut.  


 

Guna memastikan bahwa file yang diunggah sudah benar, Anda dapat mengunduh file tersebut pada kolom Unduh Bukti Prestasi. Tampilan Unduh Bukti Prestasi akan seperti gambar berikut jika Anda sudah mengisi file prestasi.  



Setelah selesai, tekan tombol SIMPAN yang ada pada akhir halaman kanan bawah seperti pada tampilan berikut.  




Setelah menyimpan, akan muncul notifikasi berikut jika penyimpan telah berhasil 


7. Finalisasi  


Berikut adalah tampilan awal halaman FINALISASI 



Mohon melakukan Finalisasi data pilihan SNMPTN Anda jika Anda memang sudah yakin semua isian sudah diisikan dengan benarSilakan membaca dengan detail terlebih dahulu pernyataan yang akan disetujui. Perlu dicatat, ketika sudah melakukan Finalisasi, seluruh isian data tidak dapat diubah lagi dan Anda tidak dapat membatalkan Finalisasi dengan cara apa pun. 

Jika sudah yakin benar, berikan checklist pada pernyataan persetujuan “Saya setuju untuk finalisasi” seperti pada gambar sebelumnya pada kotak yang diberi warna merah 

Kemudian pilih Finalisasimaka akan muncul pop-up persetujuan seperti pada gambar berikut:  

Pilih Finalisasi jika Anda sudah yakin semua isian Anda sudah benar. Setelah itu, tampilan halaman finalisasi akan berubah dengan adanya keterangan tanggal dan waktu finalisasi yang sudah dilakukan, seperti pada gambar berikut.  

8. Kartu Registrasi  

 

Kartu registrasi berada pada halaman yang sama dengan Finalisasi. Anda hanya dapat mengunduh kartu registrasi jika sudah melakukan Finalisasi.   


 

Setelah unduh kartu registrasi, tahapan pendaftaran SNMPTN oleh Siswa telah SELESAI.Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Rakor GTK Bahas Peningkatan Kompetensi Hingga Kesejahteraan Guru", semoga bermanfa'at.

Download Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022




Untuk mengunduh file diatas  silakan klik dibawah ini;





Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang 
"Panduan Pendaftaran SNMPTN 2022", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami
 
HANAPI BANI.

atau gabung Group kami;
Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)
WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)

0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Unduh Contoh Soal Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) Madrasah

السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI