Breaking News

12 Februari 2022

Prosedur Penyusunan Kisi-Kisi dan Soal Ujian Madrasah MI, MTs , MA dan MAK Tahun 2022


Pada kali ini kami kan membagiakan informasi terkait "Prosedur Penyusunan Kisi-Kisi dan Pembuatan Soal Ujian Madrasah baik di jenjang MI, MTs maupun MA dan MAK". Diakhir postingan juga kami share beberapa Contoh Soal yang layak dijadikan sebagai referensi dalam persiapan ujian tersebut.

Berdasarkan POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 BAB IV Point E yang berisi tentang Prosedur penyusunan Kisi-kisi dan Pembuatan Soal:

Prosedur Penyusunan Kisi-kisi Soal UM 2022

Kisi-Kisl UM MI MTs MA MAK 2022 

  1. Kisi-kisi UM disusun oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah penyelenggara UM dalam bentuk SK Kepala Madrasah.
  2. Kisi-kisi UM mata pelajaran al Quran-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agama RI. (untuk sekarang kami belum mendapatkan kisi-kisinya) Untuk melihat kisi-kisi tahun kemaren silakan klik DISINI.
  3. Kisi-kisi UM disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku. 

Naskah Soal UM MI MTs MA MAK 2022 

  1. Naskah soal UM disusun oleh guru mata pelajaran mengacu pada kisi-kisi UM.
  2. Soal tes yang dikembangkan disesuaikan dengan bentuk ujian yang dipilih. Bila ujian dalam bentuk soal tes tertulis, dapat berupa Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, menjodohkan dan uraian.
  3. Naskah soal UM disusun oleh Guru mata pelajaran pada satuan pendidikan.
  4. Dalam hal di madrasah terdapat keterbatasan sumber daya, maka guru madrasah yang bersangkutan dapat melakukan sharing pengetahuan dengan madrasah lain pada forum KKG /MGMP. 
  5. Naskah soal tidak boleh mengandung unsur SARA, politik praktis, bertentangan dengan Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. 

Mata Pelajaran UM MI MTs MA MAK 2022 

  1. Mata pelajaran yang diujikan dalam UM meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas 6 MI, kelas 9 MTs dan kelas 12 MA/MAK sesuai kurikulum yang berlaku.
  2. Madrasah dapat memilih salah satu bentuk ujian dari setiap mata pelajaran yang diujikan sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur.
  3. Ujian mata pelajaran Penjas Orkes, Seni Budaya, Prakarya, Kewirausahaan, dan Informatika disarankan dalam bentuk penugasan atau praktek. 

Detail Referensi Kisi-Kisi Ujian Madrasah MI, MTs, MA

Download Referensi Kisi-Kisi dan Soal Ujian Madrasah 


atau klik DISINI.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Jadwal, Materi dan Kisi-Kisi Ujian Madrasah (UM) Jenjang MI, MTs dan MA", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Taman Moderasi yang berada di MAN 1 Lebak

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanap...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI