Breaking News

09 March 2021

"Kondisi Sosial dan Ekonomi Masyarakat Yatsrib sebelum Hijrah Nabi Muhammad Saw." - MAtaeri SKI MI

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

A. Kondisi Sosial Masyarakat Yatsrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.

Kota Yatsrib yang letaknya strategis membuat orang-orang ingin tinggal menetap didalamnya. Sehingga penduduk Yatsrib sebagian besar adalah kaum pendatang. Mereka adalah bangsa Arab Yaman yang terkenal dengan Suku Aus dan Kazraj dengan bangsa Yahudi yang terkenal dengan suku Yahudi.

1. Suku Aus dan Khazraj

Tahukah kamu dari mana suku Aus dan Khazraj berasal?
 Nama Suku Aus dan Khazraj berasal dari nama dua orang laki-laki kakak beradik, Aus dan Khazraj. Keturunan mereka terbagi menjadi dua kelompok yang mempunyai anggota sama banyaknya dan sama kuatnya. Mereka akhirnya saling bermusuhan. Kedua suku ini saling berselisih selama 120 tahun. Tidak ada bangsa atau golongan yang hendak mendamaikan mereka.

Suku Aus dan Khazraj adalah bangsa Arab pendatang yang berasal dari Yaman. Meraka datang ke Yatsrib diperkirakan terjadi pada tahun 300 M secara bergelombang. Kedatangannya ke Yatsrib disebabkan bencana alam berupa banjir besar karena hancurnya bendungan Ma’arib yang dibangun oleh Ratu Balqis  Kerajaan Saba. Selain bencana alam, kedatangan suku Aus dan Khazraj dikarenakan perselisihan yang berkepanjangan di negara asal mereka.

2. Suku Yahudi

Tahukah kamu siapakah suku Yahudi itu? Suku Yahudi yang berada di Yatsrib adalah kaum pendatang. Mereka berasal dari wilayah Arab bagian utara. Kedatangan suku Yahudi ke Yatsrib pada abad ke-1 dan ke-2 M secara bergelombang. Mereka datang ke Yatsrib untuk menghindar dari kejaran bangsa Romawi yang menganggap suku Yahudi adalah kaum pemberontak di negaranya. Suku Yahudi melakukan pemberontakan terhadap bangsa Romawi yang berkuasa pada waktu itu.

Suku Yahudi di Yatsrib terdiri dari 3 kabilah besar yaitu Kabilah Qainuqa, Kabilah Nadhir dan Kabilah Quraizah. Mereka di Yatsrib menempati wilayah yang berbeda-beda. Kabilah Nadhir mendiami wilayah Aliyah di lembah Baththan, Kabilah Quraizhah mendiami wilayah Mazhur sebelah selatan Madinah, sedangkan Kabilah Qainuqa mendiami wilayah kota Madinah. Walaupun mereka satu Suku Yahudi tetapi kehidupan mereka tidak harmonis. Mereka sering berselisih dan bertengkar. 

Silakan saksikan video dibawah ini;


B. Kondisi Ekonomi Masyarakat Yatsrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw.

Secara geografis, Yatsrib berada di tempat yang strategis jalaur perdagangan antara kota Yaman di Selatan dan Syiria di Utara. Perdagangan di Yatsrib memiliki kedudukan yang penting dalam masyarakat. Mereka membeli hasil bumi, hewan ternak dan menjualnya ke negeri-negeri yang jauh. Selama di daerah tujuan mereka membeli barang dan kebutuhan masyarakat dan menjualnya ditempat asal mereka. Yatsrib merupakan daerah yang subur dan terkenal dengan hasil pertaniannya. Hal ini disebabkan dengan ketersediaan air yang melimpah dan mencukupi untuk lahan pertaniannya. Perkebunan kurma menjadi mata pencaharian utama masyarakat Yatsrib. Penghasilan terbesarnya adalah kurma dan anggur. Karena kesuburannya banyak penduduk wilayah lain untuk pindah ke Yatsrib.

Di daerah perkotaan, terdapat pabrik-pabrik yang di kelola oleh orang Yahudi. Sebagian dari mereka juga termasuk orang-orang kaya di Yatsrib. Sebagai penghubung jalur perdagangan, di Yatsrib banyak terdapat pasar-pasar untuk berjual beli, toko untuk menjual keperluan sehari-hari dan bermacam-macam jual beli lainnya, baik yang sesuai dengan syariat Islam maupun yang tidak sesuai. Mereka berkumpul menjadi satu.

Mengenai Kondisi dan Ekonomi Masyarakat Yatsrib sebelum Hijrah Nabi Muhammad Saw. silakan saksikan video dibawah ini;



Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
Telegram ; 
(Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

    و صلى على سيدنا محمد و على أله
     و صحبه أجمعين
    ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

    Protected by Copyscape
    Comments
    0 Comments

    No comments:

    Translate

    Artikel Terbaru

    Permen Pan-RB Nomor 8 Tahun 2021 (Format SKP Terbaru)

      السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani...

    Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI