Breaking News

29 March 2021

Program BDR Akan Ditayangkan Di TV Edukasi Kemendikbud Mulai 1 April 2021

 



السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Program Belajar Dari Ruamh (BDR) untuk jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD/MI akan mengalami perubahan penayangan, jika sebelumnya program BDR ini ditayangkan melalui media TVRI namun mulai tanggal 1 April 2021 mendatang program BDR akan ditayangkan di TV Edukasi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Peralihan media penayangan program Belajar Dari Rumah (BDR) yang akan di tayangkan di TV Edukasi ini tidak lepas dari adanya evaluasi secara berkala yang dilakukan pihak Kemendikbud sejak penayangan program BDR di awal masa Pandemi Covid-19 hingga sekarang dan hasil dari survei tersebut didapatkan melalui metode survei dan diskusi kelompok terpumpun dilakukan terhadap lebih dari 6.200 pemangku kepentingan, termasuk yang berdomisili di daerah tertinggal.


Dalam kegiatan evaluasi tersebut secara umum responden dan informan menganggap konten dan cara penyajian program BDR sudah relevan dan baik. Sebagian besar responden juga menganggap program BDR membantu guru menambah wawasan dalam mengajar dan membantu siswa memahami materi belajar.

Selain itu, hasil evaluasi juga memvalidasi terdapatnya perubahan pola perilaku di masa pandemi terkait media pembelajaran yang diminati. Jika sebelumnya pemangku kepentingan menyaksikan tayangan televisi (TV), sekarang cenderung beralih ke media sosial dan platform berbagi digital. Selain itu, ada kebijakan pendukung dari Kemendikbud seperti bantuan kuota data internet tahun 2020 dan 2021, serta  alternatif sumber pembelajaran lainnya sehingga penayangan pembelajaran melalui TV kurang diminati

Menimbang hal tersebut dan merujuk pada arahan Presiden RI Bapak Joko Widodo agar vaksinasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan diakselerasi untuk mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada tahun ajaran baru, masukan pemangku kepentingan, efisiensi anggaran, dan cakupan siaran yang perlu diperluas, maka program BDR akan ditayangkan pada tanggal 1 April s.d. 30 Juni 2021, melalui:
  1. TV Edukasi Kemendikbud
  2. Kanal YouTube TV Edukasi
  3. Kanal YouTube Rumah Belajar.
“Pemangku kepentingan merekomendasikan medium penayangan program BDR di antaranya melalui YouTube,  media sosial, TV Edukasi Kemendikbud, dan TV lokal. Alasan utama publik memilih medium tersebut adalah karena bisa ditonton ulang dan mudah diakses,” jelas Hendarman. Lebih lanjut Hendarman mengajak para pendidik, dan peserta didik, serta orang tua untuk senantiasa memanfaatkan program BDR melalui medium yang telah disediakan Kemendikbud.


Siaran TV Edukasi Kemendikbud mengudara dengan dukungan satelit Telkom Merah Putih dan bisa diakses secara bebas melalui antena parabola oleh pemirsa di seluruh wilayah Indonesia. Untuk memberi kemudahan akses bagi masyarakat, TV Edukasi Kemendikbud juga bekerjasama dengan TV daerah, saluran video-on-demand (VoD), dan kanal over-the-top (OTT).

Tautan Youtube program BDR di Televisi Edukasi Kemendikbud untuk Sekolah Dasar:

Demikian yang dapat mimin informasikan terkai Informasi Perubahan Penayangan Program BDR untuk satuan Pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar ini semoga bermanfaat.

 
Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)
Telegram ; 
(Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape
 
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Permen Pan-RB Nomor 8 Tahun 2021 (Format SKP Terbaru)

  السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI