Breaking News

02 March 2021

"Kepercayaan Masyarakat Yatsrib sebelum Hijrah Nabi Muhammad SAW" - Materi SKI MI


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Kepercayaan masyarakat Yatsrib sebelum hijrah Nabi Muhammad Saw. ada tiga yaitu Agama Yahudi, Agama Nasrani dan Kepercayaan kepada benda-benda dan Kekuatan Alam.

1. Agama Yahudi

Tahukah kalian apa itu agama Yahudi?
Agama Yahudi bersumber dari ajaran Nabi Musa, yang kitab sucinya adalah Taurat. Namun, mereka sudah menyimpang dari ajaran agama yang diajarkan oleh Nabi Musa. Sebelum Nabi Musa wafat, mereka ingkar dan menyembah patung sapi yang dianggapnya Tuhan.  

Agama Yahudi masuk ke Yatsrib dibawa oleh bangsa Yahudi pada abad ke-1 dan ke-2. Mereka dikejar-kejar bangsa Romawi karena melakukan pemberontakan. Agama Yahudi di anut oleh sebagian besar masyarakat Yatsrib. Agama Yahudi dianut oleh beberapa suku-suku, antara lain Bani Qainuqa, Bani Nadhir, Bani Gathafan, Bani Quraidlah.

2. Agama Nasrani

Tahukah kalian apa itu agama Nasrani?
Agama Nasrani berasal dari ajaran Nabi Isa, yang kitab sucinya adalah Injil. Agama Nasrani meyakini bahwa ada tiga Tuhan atau Trinitas, yaitu Tuhan Bapak, Tuhan anak, dan Roh Kudus. Agama Nasrani juga menganggap bahwa Nabi Isa adalah anak Tuhan. Masyarakat Yatsrib yang memeluk agama Nasrani adalah Kelompok kecil saja. Mereka berasal dari Bani Najran. 

Agama Nasrani masuk ke Yatsrib pada tahun 343 M. Ketika itu Kaisar Romawi mengirimkan orang-orang untuk menyebarkan agama Nasrani ke Yatsrib.  

3. Kepercayaan kepada benda-benda dan Kekuatan Alam

Tahukah kalian apa itu kepercayaan benda-benda dan kekuatan alam?
Kepercayaan kepada benda-benda merupakan kepercayaan terhadap kekuatan roh yang mendiami benda. Sedangkan kepercayaan kepada kekuatan alam adalah kepercayaan bahwa segala benda memiliki kekuatan yang bisa mempengaruhi kehidupan manusia. 

Selain memeluk Agama Yahudi dan Nasrani, masyarakat Yatsrib sebagian masih mengikuti agama nenek moyangnya. Mereka menyembah pohon, batu, sungai, matahari, bulan dan sebagainya. Benda-benda tersebut menurut keyakinannya memiliki kekuatan yang bisa mempengaruhi kehidupan manusia.

Untuk lebih jelasnya silakan klik video dibawah ini untuk menyaksikan penjelasan mengenai materi diatas;


Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
Telegram ; 
(Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

    و صلى على سيدنا محمد و على أله
     و صحبه أجمعين
    ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

    Protected by Copyscape
    Comments
    0 Comments

    No comments:

    Translate

    Artikel Terbaru

    Pandemi Meningkat, Menag Terbitkan Edaran Sistem Kerja WFO dan WFH

      السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani...

    Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI