Breaking News

28 Januari 2023

Alasan Mengapa Aturan Masuk SD/MI Negeri Minimal Usia 7 Tahun

www.hanapibani.com

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صل على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Saat berencana memasukkan buah hati ke jenjang Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI), orangtua perlu memperhatikan beberapa aturan.

Jika akan memasukkan anaknya ke sekolah/madrasah dasar negeri, salah satu aturan masuknya adalah siswa sudah berusia minimal 7 tahun.

Sebelumnya, orangtua perlu tahu bahwa aturan usia masuk pada jenjang SD/MI ini telah diatur oleh negara berdasarkan pertimbangan tertentu.

Melansir dari sekolah Cherish Academy, Sabtu (21/1/2022) memaparkan alasan mengapa aturan masuk SD/MI negeri menjadi minimal 7 tahun.

Jika ada orangtua yang berencana memasukkan anaknya ke jenjang SD/MI negeri namun usianya masih di bawah 7 tahun, informasi ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan.

Alasan aturan usia masuk SD/MI minimal 7 tahun

1. Segi psikologis

Salah satu alasan mengapa ada aturan masuk SD/MI usia anak minimal 7 tahun karena anak-anak yang telah berusia 7 tahun memiliki tingkat konsentrasi lebih baik dibandingkan anak-anak usia di bawahnya.

Semakin bertambah usia anak-anak, maka tingkat konsentrasi mereka akan semakin baik. Sehingga mereka mampu membedakan hal-hal yang perlu diperhatikan atau tidak. Itulah kenapa usia masuk SD/MI yang tepat adalah 7 tahun.

Anak-anak berusia di bawah 7 tahun umumnya akan kesulitan berkonsetrasi. Hal ini disebabkan pekembangannya masih pada tahap pematangan kemampuan motorik.

Meskipun secara intelegensi mereka mampu menyelesaikan soal-soal pada jenjang SD/MI, umumnya mereka sering bermasalah karena keterampilan geraknya masih terlalu aktif.

2. Kemandirian

Alasan lain mengapa masuk SD/MI usia anak minimal 7 tahun karena faktor kemandirian anak. Siswa yang sudah duduk di bangku sekolah dasar artinya telah berani dilepas agar menempuh pendidikan secara mandiri.

Siswa sudah tidak lagi ditemani oleh orangtua atau didampingi. Untuk itu, orangtua perlu memperhatikan anak-anak yang masuk SD/MI telah memiliki kemandirian yang lebih matang agar tidak bergantung pada orang lain.

Jika siswa masih bergantung kepada orang lain, maka kemampuan problem solving tidak terbentuk dengan baik.

Pada usia 7 tahun inilah anak-anak dianggap telah mampu memulai kemandirian mereka untuk belajar sendiri di sekolah sehingga disarankan sebagai usia masuk SD/MI yang tepat.

Siswa SD/MI  yang sudah berusia 7 tahun akan belajar menyelesaikan soal-soal dengan segala kemampuannya yang mereka miliki. Namun jika masuk SD/MI negeri di usia yang terlalu muda, mereka akan mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah.

3. Kecerdasan

Tingkat kecerdasan tiap anak memiliki perbedaan. Ada yang usianya masih sangat muda namun memiliki kemampuan istimewa dalam bidang akademik alias anak yang jenius.

Anak dengan tingkat kecerdasan di atas rata-rata, akan mampu menerima pelajaran sulit di tingkat SD/MI.

Rata-rata, pada usia kurang dari 7 tahun kemampuan kognitif anak belum sepenuhnya mampu mengikuti pelajaran pada jenjang SD/MI.

Akibatnya anak akan kesulitan untuk mengikuti pelajaran. Untuk itu, usia masuk SD/MI minimal 7 tahun bisa dikecualikan bagi anak-anak dengan bakat istimewa atau anak yang jenius.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Alasan Mengapa Aturan Masuk SD/MI Negeri Minimal Usia 7 Tahun", semoga bermanfaat.
 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga diberikan kesehatan dan blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at baik di dunia maupun di akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami  HANAPI BANI 

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
WA 12 ; (Klik DISINI)
WA 13 ; (Klik DISINI)
WA 14 ; (Klik DISINI)
WA 15 ; (Klik DISINI)
Pengumuman WA #1 ;(Klik DISINI)
Pengumuman WA #2 ;(Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; (Klik DISINI)
Halaman FB 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Protected by Copyscape 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Yuk Latihan Simulasi CAT Moderasi Beragama PPPK Kemenag disini!

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI