Breaking News

08 September 2022

Cara Unduh dan Cetak Kartu PIP (KIP) Digital Siswa Madrasah

Program Indonesia Pintar atau yang biasa disingkat dengan PIP merupakan suatu terobosan yang bertujuan untuk membantu siswa dalam mendapatkan layanan pendidikan semaksimal mungkin. PIP di prioritaskan untuk siswa yang kurang mampu atau dengan kata lain untuk siswa dari keluarga miskin/rentan miskin.

PIP yang diberikan kepada siswa berupa uang tunai yang bisa dicairkan melalui rekening bank pribadi milik siswa yang menerimanya. Adapun pencairan dana PIP untuk siswa ini biasanya per tahap setiap tahunnya, misalnya mulai dari tahap 1, tahap 2, tahap 3 dan seterusnya.

Tujuan diberikannya PIP ini kepada siswa yang kurang mampu adalah untuk menghindarkan siswa dari yang namanya putus sekolah, dan justru dengan adanya PIP ini diharapkan agar siswa dapat menyelesaikan pendidikan minimal hingga sekolah menengah atas.

Siswa madrasah kini bisa mencetak dan mengunduh ulang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Digital. Tentu, untuk mencetak Kartu KIP ini harus melalui madrasah bersangkutan. Admin PIP Madrasah bisa mengunduh dan mencetaknya melalui portal SIPMA (Sistem Informasi Program Indonesia Pintar Madrasah).

Kartu PIP (KIP) biasanya dibagikan dalam bentuk jadi. Namun tidak menutup kemungkinan terdapat siswa penerima PIP yang kehilangan kartunya. Atau bagi siswa penerima PIP yang diajukan melalui jalur Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan belum mendapatkan kartu PIP secara fisik.


Selain itu, sering kali madrasah juga membutuhkan file Kartu Indonesia Pintar ini untuk berbagai keperluan yang terkait dengan pengelolaan dan pelaporan PIP.


Sehingga dengan tersedianya fitur cetak dan unduh Kartu PIP (KIP) Digital ini tentu akan sangat membantu dan memudahkan bagi siswa madrasah penerima PIP maupun bagi madrasah sendiri.


Apalagi KIP Digital ini telah dilengkapi juga dengan barcode yang jika di-scan akan menampilkan data hasil verifikasi terhadap KIP pemegang kartu.


Bagi anda yang ingin melakukan percetakan KIP digital siswa penerima PIP tahun, berikut akan kami tuliskan dan caranya. Silahkan disimak artikel yang kami tuliskan ini dan jangan lupa untuk meninggalkan jejak pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.


Cara Cetak KIP Digital


Untuk melakukan pengunduhan dan pencetakan Kartu KIP cukup mudah.


Langkah-langkah untuk mengunduh dan mencetak Kartu KIP Digital adalah sebagai berikut.

  1. Buka Portal SIPMA yang beralamat di https://pipmadrasah.kemenag.go.id/


  2. Jika belum login klik tombol login di pojok kanan atas untuk masuk ke dashboar SIPMA, sedang jika sebelumnya sudah login tombol ini akan berubah menjadi "Dashboard"
  3. Untuk login masukkan username NSM dengan password default NSM (password nantinya bisa dirubah)


  4. Terbuka lah dashboard SIPMA



  5. Klik menu KIP Digital


  6. Terbuka daftar penerima PIP di madrasah yang bersangkutan. Klik tombol tahun untuk mencari penerima di tahun anggaran lainnya.


  7. Cari nama siswa penerima PIP yang ingin diunduh Kartu KIP Digitalnya
  8. Klik tombol Download yang ada di ujung kanan nama penerima PIP


  9. Muncul jendela yang menampilkan Kartu KIP Digital. 
  10. Klik tombol Download dipojok jendela tersebut untuk mengunduh file KIP dalam format PNG


  11. Setelah terunduh file KIP dapat dicetak seperti biasa
Bagi siswa penerima PIP maupun madrasah tidak ada salahnya untuk mengunduh dan menyimpan KIP Digital yang telah disediakan oleh Portal SIPMA ini. Tentunya dengan tersedianya fitur Cetak dan Unduh KIP Digital akan lebih memperlancar pengelolaan PIP di madrasah.

Untuk bagian belakang kartu silakan Print gambar dibawah ini;


Demikian yang dapat kami bagikan terkait "Cara Unduh dan Cetak Kartu PIP (KIP) Digital Siswa Madrasah", Semoga bermanfa'at.

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar kami sekeluarga selalu disehatkan dan blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

  1. Youtube ;(Klik DISINI)
    WA 1 ; (Klik DISINI)
    WA 2 ; (Klik DISINI)
    WA 3 ; (Klik DISINI)
    WA 4 ; (Klik DISINI)

    WA 5 ; (Klik DISINI)
    WA 6 ; (Klik DISINI)
    WA 7 ; (Klik DISINI)
    WA 8 ; (Klik DISINI)
    WA 9 ; (Klik DISINI)
    WA 10 ; (Klik DISINI)
    WA 11 ; (Klik DISINI)
    WA 12 ; (Klik DISINI)
    WA 13 ; (Klik DISINI)
    WA 14 ; (Klik DISINI)
    Telegram ; (Klik DISINI)
    Bip ; (Klik DISINI)
    Halaman FB 
    (Klik DISINI)

    و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
     و صحبه أجمعين
    ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

    Protected by Copyscape

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Panduan Pencairan Tunjangan Insentif GBPNS Di Simpatika Tahun 2022

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanap...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI