Breaking News

31 Agustus 2020

48 Video Ikuti Lomba Jejak Wali di Nusantara

48 Video Ikuti Lomba Jejak Wali di Nusantara
السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين

Sebanyak 48 Video terpilih masuk tahap penilaian nasional Lomba Jejak Wali di Nusantara yang digelar Ditjen Bimas Islam. Video tersebut sudah terpilih sebagai yang terbaik di tingkat provinsi.

“Lomba video Jejak Wali di Nusantara ini sudah dipertandingkan di tingkat provinsi sejak Juni hingga Agustus 2020,” ujar Kasubdit Seni, Budaya, dan Siaran Keagamaan Islam, Sayid Alwi Fahmi, di Jakarta, Minggu (30/8).

Di tingkat nasional, kata Fahmi, video tersebut akan dinilai dewan juri yang terdiri dari Komisi Penyiaran Indonesia, Lembaga Sensor Film, Seniman, Budayawan, dan unsur Kementerian Agama.

Setiap video mengangkat tem yang berbeda-beda. Dari Jawa Tengah misalnya, tiga video yang sampai tingkat nasional bertemakan:  Luru Kasejaten (Raden Munding Wangi Mencari Hakekat Hidup), Jejak Sunan Kalijogo di Bumi Sambhara Bhudara, dan Wali Sigedong. Sedangkan dari provinsi DI Yogyakarta, mengirimkan video dengan judul Slametan, The Journey, dan Istana Kematian. 

Fahmi mengatakan, peserta tingkat nasional masih dimungkinkan bertambah. Sebab, panitia masih menerima laporan dari tiap provinsi hingga akhir Agustus 2020. 

"Penilaian tingkat nasional akan dilaksanakan pertengahan September. Ada Piala Menteri Agama dan uang pembinaan dengan total Rp 70 juta bagi enam pemenang," jelasnya.

Fahmi menerangkan, tahun ini adalah kali ketiga Kemenag menggelar lomba video yang mengangkat tema kebudayaan Islam di Nusantara. Sebelumnya, perhelatan yang ditujukan pada kelompok milenial itu digelar dengan tema “Situs Sejarah Islam di Nusantara” (2018), dan “Tradisi dan Budaya Islam Indonesia” (2019). 

“Tahun ini kami mengangkat tema ‘Jejak Wali di Nusantara,’ untuk mengokohkan kesadaran generasi muda akan nilai-nilai budaya Islam yang dibawa para pendakwah di masa lalu, yang dalam terminologi masyarakat dipanggil dengan sebutan wali,” ungkapnya. 

Jejak dakwah para wali itu, ditambahkan Fahmi, masih terlihat hingga saat ini. “Karena itu, lomba ini secara umum ditujukan untuk memberi perlindungan, pembinaan, pengembangan, dan pelestarian khazanah budaya Islam yang dibawa para ulama kita di masa lalu. Jangan sampai kesadaran kita akan sejarah dan kebudayaan Islam ini terkikis,” pungkasnya.

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI


ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Undangan Sosialisasi Teknis Penyusunan Proposal Bantuan Pokja Guru dan Tendik Tahun 2024 secara Online

السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI