Breaking News

05 August 2020

Materi Pembelajaran SKI Madrasah Ibtidaiyah (MI) - "Mengenal Keadaan Alam Masyarakat Arab Sebelum Islam"


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين

Sebelum mempelajari tradisi masyarakat Arab sebelum Islam, kita akan mengenal terlebih dahulu bagaimana keadaan negeri Arab tempat Nabi Muhammad Saw dilahirkan. Bagaimana keadaan negeri Arab secara geografis, kehidupan sosial, dan spiritual sebelum Nabi Muhammad Saw menyebarkan agama Islam, terutama mereka yang tinggal di kota Mekah. 

Sebelum lebih jauh simak penjelasan tentang ini dengan  klik video dibawah ini;


Setelah menonton video diatas bacalah materi dibawah ini!

Jazirah Arab merupakan wilayah padang pasir yang terletak di bagian barat daya asia. Jazirah adalah padang pasir terluas dan tergersang di dunia. Luas wilayahnya 120.000 mil persegi. Jazirah Arab merupakan wilayah strategis dalam peta dunia zaman kuno, ketika benua Australia dan Amerika belum dikenal orang, karena letaknya berada pada posisi pertemuan tiga benua yaitu Asia, Eropa, dan Afrika. 

Wilayah bagian utara Arab berbatasan dengan lembah gurun Syria, sebelah timur berbatasan dengan dataran tinggi Persia, sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Laut Merah. Kepulauan Arabia atau Jazirah Arabia adalah sebutan untuk Arab karena wilayahnya dikelilingi laut pada ketiga sisinya. 

1. Keadaan geografis Jazirah Arab


Keadaan alam Jazirah Arab 

Wilayah Arab daerahnya terdiri dari gurun-gurun yang udaranya sangat panas dan berangin tenang wilayah ini adalah daerah Tihamah, sedangkan wilayah yang berupa lembah di celah-celah pegunungan adalah daerah Hijaz. Di wilayah Hijaz inilah terdapat dua kota suci, yakni Mekah dan Madinah. Di Mekah inilah terdapat kakbah dan sumber mata air yang tidak pernah kering yang merupakan peninggalan Nabi Ibrahim As dan putranya Nabi Ismail As yang disebut zam-zam. 

Najed adalah suatu wilayah yang berupa dataran tinggi, berbeda dengan wilayah Al-Arudh yaitu wilayah padang pasir luas yang terkenal dengan padang sahara yang tandus dan gersang. Wilayah Al-Arudh berada di bawah kekuasaan bangsa Persia. 

Wilayah jazirah arab lainnya yaitu Yaman, suatu wilayah di Jazirah Arab yang telah banyak dihuni oleh masyarakat Arab pra-Islam. Penduduk Yaman termasuk yang telah maju pada saat itu namun sering terjadi peperangan sehingga banyak bangunan-bangunan yang lenyap dan musnah akibat perang. 

2. Bangsa-bangsa di Jazirah Arab


Apakah setiap daerah memiliki ciri khas? Apakah teman sekelasmu berasal dari daerah yang berbeda denganmu? Apakah kamu merasa senang memiliki banyak teman dan saudara dari berbagai daerah? Mari kita simak pelajaran tentang berbagai bangsa yang ada di jazirah Arab!



Bangsa Arab dibagi menjadi beberapa bagian bangsa yang besar, yakni: 
Mereka adalah bangsa Arab yang sudah tidak dikenal lagi karena sudah punah yang disebut dengan Arab Al-Baidah.. Bangsa Arab Al-Ba’idah yang pernah terkenal dalam sejarah bangsa-bangsa Arab adalah kaum ‘Ad dan Tsamud. 

Arab Al-‘Aribah, mereka adalah bangsa Arab yang berasal dari keturunan Ya’rib bin Syakib dan disebut juga bangsa Arab Qahthan dan berdomisili di Yaman. 

Sebagian besar dari penduduk Jazirah Arab adalah dari keturunan Nabi Ismail. Bangsa Arab ini adalah Al-Musta’ribah, baik yang tinggal di kota-kota maupun di dusun-dusun.


ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Mengenal Fungsi Tombol F1 Sampai F12 Pada Keyboard Komputer

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين Mengkaji ilmu komputer ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI