Breaking News

12 Agustus 2020

KSN Nasional Tingkat Provinsi untuk Jenjang SMA Dilaksanakan Secara Daring

KSN Nasional Tingkat Provinsi untuk Jenjang SMA Dilaksanakan Secara Daring

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين

Kompetisi sains antarpelajar yang sebelumnya dikenal dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN), mulai tahun 2020 ini dilaksanakan dengan nama Kompetisi Sains Nasional (KSN). Untuk jenjang sekolah menengah atas (SMA), KSN saat ini memasuki seleksi tingkat provinsi. Kegiatan KSN dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

KSN tingkat provinsi untuk jenjang SMA dilaksanakan secara daring, dari tanggal 9 hingga 15 Agustus 2020. Peserta KSN mengerjakan soal-soal yang diujikan secara daring dengan gawai yang terhubung ke Internet. Bidang lomba dalam KSN meliputi sembilan bidang yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Pelaksana Tugas Kepala Puspresnas Kemendikbud, Asep Sukmayadi, mengatakan pelaksanaan KSN bertujuan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik di bidang sains. "Di samping itu, penyelenggaraan KSN juga sebagai penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta kompetisi sains tingkat internasional," kata Asep Sukmayadi saat membuka KSN secara daring, di Hotel Harris Sentul Bogor, Minggu (9/8/2020).


ianggap paling tepat di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia. "Karena pandemi Covid-19 dan pemerintah menerapkan pembatasan sosial, maka KSN tingkat provinsi ini dilaksanakan menggunakan sistem dalam jaringan atau daring," kata Asep Sukmayadi.

Kepala Subbagian Tata Usaha Puspresnas, Muslih, mengatakan peserta KSN SMA tingkat provinsi berjumlah 13.819 peserta dari seluruh Indonesia. "Dari jumlah tersebut, masih ada satu persen peserta yang belum masuk ke aplikasi," ujar Muslih, di Hotel Harris Sentul, Senin (10/8/2020).

Untuk peserta yang belum masuk ke aplikasi, panitia pusat akan berkoordinasi dengan dinas pendidikan provinsi. "Intinya kita ingin memastikan semua peserta dapat mengikuti kompetisi ini. Jadi kalau ada peserta yang terkendala sinyal atau peralatan, kita tetap upayakan agar mereka bisa mengikuti KSN, misalnya dengan sistem luring," kata Muslih menambahkan.

Muslih berharap pelaksanaan KSN dengan sistem daring, yang baru pertama kali dilaksanakan ini bisa berjalan lancar, dan semua peserta dapat mengikuti kompetisi dengan baik. Muslih juga berharap para orang tua dari peserta KSN, mengawasi anak-anaknya dan memastikan kejujuran selama melaksanakan kompetisi. 

Jadwal Pelaksanaan KSN-P (Daring) Jenjang SMA Tahun 2020


 
Info selengkapnya buka Laman Utama Kompetisi Sains Nasional (KSN) di bawah ini 

Terimakasih atas kunjungannya, untuk dapatkan pemberitahuan langsung di facebook silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI


ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Undangan Sosialisasi Teknis Penyusunan Proposal Bantuan Pokja Guru dan Tendik Tahun 2024 secara Online

السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Bani . ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI