Breaking News

04 Desember 2021

Contoh Skenario Pembelajaran Literasi Numerasi Tingkat Kemahiran Cakap


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Berikut kami bagikan sebuah contoh Skenario Pembelajaran Literasi Numerasi dengan tingkat Kemahiran Cakap.

PENDAHULUAN

APERSEPSI

bertujuan untuk mengecek kesiapan peserta didik, apakah telah memiliki pengetahuan awal (pre-knowledge) yang diperlukan untuk memasuki pengetahuan baru berikutnya.

Contoh;

Anak-anak...

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari tentang himpunan bilangan bulat, sifat urutan, dan operasinya. Sekarang anak-anak cobalah menjawab pertanyaan berikut ini:

Bu mella mau membeli beberapa item barang di aplikasi belanja online. Item pertama berupa peralatan dapur seharga Rp.300.000,00 dengan berat 2 kg. Item kedua berupa 8 stel pakaian dengan berat per-stelnya 5 ons dan harga per-stel Rp.250.000,00. Selain harga pembelian bu mella juga dikenakan biaya ongkir per-kg Rp.20.000,00.
Ketika hendak mentransfer total harga pembelian ditambah ongkir, bu mella mencek sisa saldo di mobil bankingnya dan tertulis Rp.2.400.000,00. 

Apakah bu mella bisa melakukan transfernya sesuai dengan harga yang mesti ia bayar?
Berapa selisih saldo bu mella dengan biaya yang mesti ia transfer?

(Beberapa anak secara acak diberi kesempatan menjawab pertanyaan tersebut)

MOTIVASI 

bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran peserta didik, bahwa apa yang akan dipelajari adalah sesuatu penting dan bermanfaat, sehingga tercipta suasana pembelajaran yang bermakna.

Guru menjelaskan berbagai contoh penerapan konversi satuan dalam kehidupan sehari-hari. Kerugian yang mungkin dialami jika anak-anak tidak memahami cara mengkonversi satuan.

KEGIATAN INTI

EKSPLORASI

Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan peserta didik menggali informasi dari berbagai sumber berkaitan dengan topik/tema materi yang akan dipelajari.

Guru membentuk kelompok peserta didik dengan jumlah anggota kelompok 3 hingga 5 orang. Peserta didik mendengarkan arahan tugas kelompok yang akan mereka kerjakan. Tugas yang dikerjakan oleh peserta didik terkait konversi satuan yang memungkinkan untuk dikerjakan di sekolah.

Bentuk tugas yang dapat dikerjakan peserta didik:

Anak-anak…

Lakukanlah pengukuran panjang, berat, luas, dan waktu terhadap benda dan aktivitas yang ada di sekolah. Kemudian himpun data Panjang, berat, luas, dan waktu tersebut dalam bentuk tabel.
Selanjutnya lakukan konversi satuan dalam 2 bentuk satuan yang relevan.

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru memfasilitasi peserta didik membaca, menulis, berpikir, menganalisis, berdiskusi, menyelesaikan masalah, berkompetisi, berkolaborasi, dan menyajikan hasil kerja.

Setelah peserta didik memahami konsep konversi satuan, pembelajaran diarahkan pada keterampilan menyelesaikan permasalahan yang lebih kompleks dan tidak rutin.
Kemudian peserta didik diberikan kesempatan mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka.

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan balik, penguatan, bantuan, refleksi, dan motivasi untuk memperoleh pengalaman yang bermakna.

Guru menyimak penjelasan peserta didik mengenai solusi dari tugas kelompok yang sudah dirancang, memberi apresiasi kepada tim yang tampil, memberi masukan, menyampaikan kekurangan dan permasalahan yang relevan serta lebih menantang dan tidak rutin, sehingga peserta didik termotivasi terus untuk belajar.

KEGIATAN PENUTUP

LEMBAR REFLEKSI

Anak-anak…
Kalian sudah mendiskusikan dan menyelesaikan masalah terkait konversi satuan dalam kelompok dan bentuk kegiatan masing-masing.
Sekarang tuliskan pengalaman kalian dalam menyelesaikan tugas kelompok tersebut dan kendala-kendala serta hal baru yang kalian peroleh dalam mengerjakan soal-soal terkait konvesi satuan panjang, berat, luas, dan waktu.

REFLEKSI PESERTA DIDIK

Anak-anak…
Kita sudah selesai mendiskusikan hasil kerja kelompok hari ini.
Sekarang siapa yang bersedia menceritakan kesimpulan kalian tentang pembelajaran kita hari ini, beserta kesulitan-kesulitan yang kalian alami?

TUGAS PROJEK

Salah satu bentuk tugas projek untuk peserta didik:

Anak-anak…
Buatlah peta konsep untuk materi konversi satuan panjang, berat, luas, dan waktu yang telah kita pelajari hari ini. Berikan analisis kalian terhadap peta konsep yang kalian buat tersebut!

Unduh PPT

Untuk mengunduh file diatas silakan klik dibawah ini;



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang 
"Contoh Skenario Pembelajaran Literasi Numerasi Tingkat Kemahiran Cakap", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Kepala Daerah Ibu Kota Nusantara dan Wakilnya Dipilih oleh Presiden

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Ban...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI