Breaking News

11 Desember 2021

Download Kurikulum 2022 Mengenal Kurikulum Prototipe bagi Sekolah dan Guru


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Di akhir tahun 2021 ini para pengelola sekolah khususnya guru dihebohkan dengan akan diterapkannya kurikulum baru pada tahun depan (2022), sebenarnya kurikulum ini sudah disiapkan beberapa tahun lalu untuk diimplementasikan pada program Sekolah Penggerak.

Buku sederhana ini ingin mengenalkan kurikulum Prototipe (2022) kepada para kepala sekolah dan guru, beberapa pertanyaan yang muncul, apa perbedaannya dengan Kurikulum 2013, bagiamana konsekuensi dan apa langkah yang harus dilakukan oleh sekolah serta bagaimana persiapan guru dalam mendidik siswa sesuai dengan kurikulum tersebut.

Perbedaan Kurikulum 2013 dan Prototipe (2022)

Kondisi pandemi dan kritik terhadap kur. 2013, yang menjadikan munculnya kurikulum ini. Hal ini bisa dilihat salah satunya Mata pelajaran informatika yang awalnya bersifat pilihan di Kur. 2013, menjadi wajib di kurikulum yang baru dan akan diterapkan mulai dari level SMP, karena kompetensi teknologi merupakan salah satu kompetensi penting yang perlu dimiliki oleh peserta didik pada abad 21 apalagi dimasa pandemi.

Secara singkat kurikulum prototipe (2022) ini memiliki beberapa karakteristik antara lain:
  1. Pembelajarannya dirancang berbasis projek untuk pengembangan soft skills dan karakter (iman, taqwa, dan akhlak mulia; gotong royong; kebinekaan global; kemandirian; nalar kritis; kreativitas).
  2. Fokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.
  3. Fleksibilitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid (teach at the right level) dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal. (Pemaparan Kemendikbud)

Perbedaan Kurikulum 2022 dan 2013

Ada beberapa perbedaan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum 2022 (Prototipe) antara lain

1. Untuk level TK

Pendekatan pembelajaran yang awalnya berbasis tema pada Kur .2013, berubah menjadi fokus literasi (buku yang digemari anak-anak) pada Kur. 2022 (Prototipe).

2. Untuk level SD

Pelajaran IPA dan IPS yang awalnya dipisah pada kurikulum 2013, dirubah untuk digabung menjadi IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) pada kurikulum Prototipe, sebagai fondasi sebelum anak belajar IPA dan IPS terpisah di jenjang SMP

3. Untuk level SMP

Pembelajaran Informatika pada kur. 2013 menjadi Mata pelajaran (mapel) pilihan, sementara di kur. 2022 mapel informatika sebagai mata pelajaran wajib.

4. Untuk level SMA

Di Kur, 2013 siswa SMA masuk langsung memilih penjurusan sementara di Kur.2022 siswa mengambil dan menentukan peminatan pada kelas 11, karena perlu berkonsultasi dengan guru BK, wali kelas, dan orang tua.

Download Kurikulum 2022 Mengenal Kurikulum Prototipe bagi Sekolah dan Guru


Selengkapnya mengenai Kurikulum 2022 Mengenal Kurikulum Prototipe bagi Sekolah dan Guru ini bisa anda baca dibawah ini;



Untuk mengunduh file diatas silakan klik dibawah ini;


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Download Kurikulum 2022, Mengenal Kurikulum Prototipe bagi Sekolah dan Guru", semoga bermanfa'at. 

Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung bersama Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

Ùˆ ØµÙ„Ù‰ على سيدنا محمد Ùˆ على أله
 Ùˆ صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape

0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Kunci Jawaban - 3.3 Komunikasi dalam Perkawinan - Pelatihan Keluarga Sakinah - Pintar Kemenag

   السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi ...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI