Breaking News

23 Desember 2021

Kegiatan PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah) Pada MIN 1 Hulu Sungai Utara

MIN 1 Hulu Sungai Utara – Kegiatan PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah)

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah kegiatan proses pengumpulan, analisis, dan interprestasi data tentang kualitas kinerja kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Madrasah dan merupakan bentuk upaya pengawasan binaan untuk dapat mengembangkan kompetensi lembaga pendidikan madrasah.

Kinerja Kepala Madrasah, sebagaimana dalam Petunjuk Teknis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru Tenaga Pendidikan Madrasah yang ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Kepala Madrasah, bahwa penilaian kinerja kepala madrasah dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Lima komponen itu meliputi :

  1. Usaha Pengembangan Madrasah;
  2. Pelaksanaan Tugas Manajerial;
  3. Pengembangan Kewirausahaan;
  4. Supervisi kepada Guru dan Tenaga Kependidikan;
  5. Hasil Kinerja Kepala Madrasah.

Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai perempat tahun sekali.

PKKM pada MIN 1 Hulu Sungai Utara tahun ini dilaksanakan  pada hari Kamis (23 Desember 2021) bertempat di ruang kelas 6. Sambutan disampaikan oleh Kepala MIN 1 Hulu Sungai Utara, Drs. H. Hayani, dengan ucapan selamat datang dan permohonan arahan dari Tim Penilai PKKM yang ditugaskan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Utara,  yaitu H. Moh. Nahli, S.Ag dan Amrullah, S.Pd.I, M.M.

Disampaikan dari Tim Penilai PKKM, H. Moh. Nahli, S.Ag tentang pengembangan madrasah yang kreatif dan inovatif dapat mengembangkan potensi dari peserta didik dan tenaga pendidik seperti halnya kewirausahaan tentang kantin jujur dan lain-lain.

Selanjutnya Amrullah, S.Pd.I, M.M. juga menyampaikan mengenai perlunya pengembangan website Madrasah yang telah ada ditambah dengan channel youtube dengan memanfaatkan video dari pembelajaran atau kegiatan lainnya yang ada di Madrasah.

 

Photo bersama Tim Penilai PKKM

 

Serah terima hasil penilaian PKKM

 

Sambutan dari Kepala MIN 1 Hulu Sungai Utara

 

Suasana saat penilaian

 

MIN 1 Hulu Sungai Utara selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi bagi pengembangan madrasah.***

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

RPP Bahasa Arab MI Terbaru (KMA 183) Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6

    السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanapi Ban...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI