Breaking News

24 Januari 2022

Struktur Kurikulum PAUD Kurikulum 2022 (Prototipe)


السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
بسم الله و الحمد لله
اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين

Salam Sahabat Hanapi Bani.

Struktur Kurikulum PAUD Kurikulum 2022 (Prototipe) | Struktur kurikulum PAUD usia 5 (lima) – 6 (enam) tahun  Bermain merupakan intisari kurikulum dan pembelajaran di  PAUD, yaitu “Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”. 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan memberlakukan Kurikulum Paradigma Baru Tahun 2022 secara terbatas dan bertahap melalui program sekolah penggerak kepada satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Perlu Sahabat ketahui bahwa Kurikulum Baru Tahun 2022 merupakan kurikulum penyempurna dari kurikulum-kurikulum sebelumnya, dan yang lebih pentingnya lagi bahwa kurikulum baru ini terdapat 7 hal baru yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya (klik DISINI), selain itu pada Kurikulum Paradigma Baru ini nantinya akan mengutamakan tiga komponen yang baru diantaranya;

1. Berbasis kompetensi

Pengetahuan, keterampilan, dan sikap dirangkaikan sebagai satu kesatuan proses yang berkelanjutan sehingga membangun kompetensi yang utuh, sebagai Capaian Pembelajaran (CP).

2. Pembelajaran yang fleksibel

Penyusunan Capaian Pembekajaran dalam fase-fase (2-3 tahun per fase), sehingga peserta didik memiliki kesempatan untuk belajar sesuai dengan tingkat pencapaian (TaRL), kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajarnya.

Pengurangan muatan atau konten agar peserta didik memiliki waktu yang memadai untuk menguasai kompetensi yang ditargetkan.

3. Karakter Pancasila

Sinergi antara kegiatan pembelajaran rutin sehari-hari di kelas dengan kegiatan nonrutin (projek) interdisipliner yang berorientasi pada pembentukan dan penguatan karakter berdasarkan kerangka Profil Pelajar Pancasila.

Kurikulum ini menguatkan praktik kurikulum berbasis konteks satuan pendidikan yang sudah diatur dalam kurikulum-kurikulum sebelumnya.

Struktur Kurikulum Baru Jenjang PAUD


Struktur Kurikulum PAUD Kurikulum 2022 (Prototipe) | Struktur kurikulum PAUD usia 5 (lima) – 6 (enam) tahun  Bermain merupakan intisari kurikulum dan pembelajaran di  PAUD, yaitu “Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”. 

Bermain  adalah belajar, dan bermain-belajar merupakan kegiatan yang  esensial untuk perkembangan yang optimal.  Anak belajar melalui  bermain di saat ia menjelajahi lingkungan untuk mengenali dunia  di sekelilingnya. 

Di usia emas perkembangan otaknya, anak perlu  diberi kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang  bermakna. 

Bermain sesuai dengan minat dan rasa ingin tahu  anak membuat anak memiliki pembelajarannya. Inilah merdeka  bermain bagi anak. 

Kegiatan yang juga dikuatkan dalam pembelajaran di PAUD  merupakan kegiatan bermain-belajar berbasis buku bacaan anak.  Kegiatan ini ditujukan untuk menguatkan literasi secara dini  melalui kegiatan-kegiatan yang membangun minat baca anak. 

Kegiatan berbasis buku bacaan anak bukanlah kegiatan yang  menuntut anak untuk dapat membaca secara mandiri, melainkan  kegiatan yang melibatkan buku bacaan anak. Sebagai contoh,  kegiatan di PAUD diawali dengan guru membacakan buku cerita  kepada anak-anak, kemudian mendiskusikan isi buku tersebut,  dan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan isi buku yang  telah dibaca bersama.


Berbagai pendekatan kegiatan bermain-belajar dapat digunakan  di satuan PAUD seiring dengan kegiatan berbasis buku bacaan  anak, misalnya kegiatan kelompok, kegiatan berbasis area,  kegiatan berbasis sentra, dan kegiatan projek. 

Keragaman  pendekatan dan metode diharapkan dapat memberikan stimulasi yang dapat mendorong tumbuh kembang yang optimal serta siap  untuk bersekolah di jenjang berikutnya. 

Selain itu dukungan  berupa area bermain yang terbuka, guru/pendidik yang 

membangun komunikasi stimulatif akan memberikan kebebasan  pada anak dan dapat mengoptimalkan potensi perkembangannya.

Oleh karena itu, kegiatan belajar baca-tulis-hitung yang monoton  di mana anak belajar membaca dan menulis suatu kata berulangulang (drilling), adalah kegiatan yang harus dihindari.


Capaian perkembangan pada jenjang PAUD (CP PAUD) terdiri atas  3 elemen, yaitu:
  • nilai agama dan budi pekerti;
  • jati diri; dan 
  • dasar-dasar literasi, sains, teknologi, rekayasa, seni, dan  matematika (STEAM).
Selengkapnya Struktur Kurikulum PAUD Kurikulum 2021 (Prototipe) silakan simak dibawah ini;

Download Struktur Kurikulum PAUD Kurikulum 2022 (Prototipe)



Untuk mengunduh file diatas silakan klik dibawah ini;



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang "Struktur Kurikulum PAUD Kurikulum 2022 (Prototipe)", semoga bermanfa'at.  
 
Terimakasih atas kunjungannya, mohon doa' agar blog ini terus berkembang dan berguna bagi semua orang.
Memberi manfa'at dunia dan akhirat.

Untuk mendapatkan pemberitahuan langsung mengenai artikel terbaru di facebook dari website ini silakan klik suka pada halaman kami HANAPI BANI

atau gabung Group kami;

Youtube ;(Klik DISINI)
WA 1 ; (Klik DISINI)
WA 2 ; (Klik DISINI)
WA 3 ; (Klik DISINI)
WA 4 ; (Klik DISINI)

WA 5 ; (Klik DISINI)
WA 6 ; (Klik DISINI)
WA 7 ; (Klik DISINI)
WA 8 ; (Klik DISINI)
WA 9 ; (Klik DISINI)
WA 10 ; (Klik DISINI)
WA 11 ; (Klik DISINI)
Telegram ; (Klik DISINI)
Bip ; 
(Klik DISINI)

و صلى  الله على سيدنا محمد و على أله
 و صحبه أجمعين
ثم السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Protected by Copyscape
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Kemenag Buka Rekrutmen 6.000 Pendamping Proses Produk Halal

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanap...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI