Breaking News

13 August 2017

Cara Mudah Atur Kertas F4 di Excel

Cara Mudah Atur Kertas F4 di Excel


Assalaamu'alaikum Sahabat Hanapi Bani.



Sebelum membuat data dengan Excel sepatutnya kita pikirkan terlebih dulu kertas apa yang akan dipakai dalam data, jika tidak maka berarti kita harus bersiap-siap mengedit ulang data kita untuk menyesuaikan dengan kertas yang ingin kita pakai. Ukuran kertas yang kebanyakan di pakai di Indonesia adalah A4 (21,00 cm x 29,70 cm) dan F4 (21,50 cm x 33.00 cm).


Kebanyakan dari kita mungkin sudah tahu bahwa di Microsoft Excel tidak ada pengaturan Custom untuk ukuran kertasnya, tidak seperti pada Microsoft Word yang tersedia pilihan Custom. 

Untuk yang biasa mencetak menggunakan kertas A4 mungkin tidak terkendala karena ukuran A4 sudah ada di daftar kertas yang bisa di pilih di Daftar Paper Size Excel, namun bagi yang ingin mencetak dengan Ukuran kertas F4 tentu akan kerepotan karena tidak ada pilihan F4, biasanya banyak yang mengakali dengan menggunakan ukuran kertas Legal (21,60 cm x 35,60 cm) sebagai gantinya, dengan melebihkan beberapa centimeter pada bagian batas bawahnya.

Pada Trik kali ini, kami akan  mencoba berbagi bagaimana membuat ukuran kertas F4 di Excel, walaupun sebenarnya ini tidak fokus di excel saja karena ukuran kertas yang akan di buat akan tampil di aplikasi yang lain yang terdapat pengaturan kertasnya seperti Microsoft Word dan sebagainya. Dengan begitu kita nantinya bisa membuat ukuran kertas semau kita, ini juga bisa jadi solusi bagi yang ingin membuat ukuran kertas untuk di cetak dengan Printer Dot Matrik yang biasanya menggunakan kertas Continuous Form supaya setiap selesai mencetak tidak langsung ngeroll.

Hasilnya nanti akan seperti ini (Contoh membuat ukuran kertas F4).

tampilan windows 10

atau

Ukuran kertas F4 di Excel
Tampilan windows 7

Berikut cara membuat ukuran kertas tersebut:


a. Kita akan membuat ukuran kertas melalui Menu Device and Printers untuk membuka menu tersebut bisa melalui Start Menu- Device and Printers atau bisa juga dengan membuka Control Panel - pilih Hardware and Sound dan pilih Device and Printers.

b. Pada jendela Device and Printer, klik salah satu nama printer atau Fax yang sudah pernah di install. kemudian klik menu Print Server Properties (Cetak Properti Server) yang berada di bagian atas.

Tampilan Windows 10

atau 
Jendela Device and Printers
Tampilan windows 7

c. Pada jendela Print Server Properties, klik tab Form.
Centang pilihan Create a new form.
Isikan nama pada Form name, nama ini nantinya yang akan tampil di daftar - ukuran kertas (Paper Size) pada Page Setup.
Kemudian isikan ukuran Lebar dan Panjang kertas. Misal untuk ukuran F4 adalah 21,50 cm dan 33,00 cm.
Jika sudah klik Save Form untuk menyimpan ukuran kertas yang di buat.

Selesai. Silahkan buka Aplikasi Microsoft Excel, kemudian klik tab Page Layout - Page Setup dan lihat pada jendela Page Setup (bagian Paper Size) terdapat pilihan kertas baru yang tadi baru di buat.
Tampilan windows 10

atau
Ukuran kertas F4 di Excel

Tampilan windows 7

Sekian Trik Cara Mudah Atur Kertas F4 di Excel, Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat...

Jangan lupa bagikan jika artikel ini dianggap bermanfaat.
Protected by Copyscape
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Panduan Cara Kelola Asesmen Kompetensi Guru (AKG) oleh Kanwil di SIMPATIKA

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين S etelah melaksanaakan AKG, AKK, AK...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI