Breaking News

12 Agustus 2019

Muhammadiyah Siap Berperan Sebagai Lembaga Pengawas Halal


Direktur Utama Lembaga Pemeriksa Halal dan Kajian Halal Thoyyiban (LPH-KHT) PP Muhammadiyah Nadratuzzaman Hosen menyatakan pihaknya siap berperan sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Muhammadiyah siap bermitra dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sebagai penanggungjawab Jaminan Produk Halal.
Hal tersebut disampaikan Nadratuzzaman saat bersilaturahim dengan Kepala BPJPH Sukoso di Kantor BPJPH Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng, Senin (12/08).
"Kedatangan kami selain bersilaturahim dengan bapak Kepala BPJPH, juga untuk menyatakan kesiapan kami bekerja sebagai LPH yang bekerjasama dengan BPJPH. Yang mana hal ini sesuai dengan UU (Nomor 33 Tahun 214) Jaminan Produk Halal (JPH). Kami sudah siapkan SDM dan lab nya, dan kami ingin ambil bagian dalam menyukseskan pelaksanaan UU JPH," kata Nadratuzzaman. 
Menurutnya, LPH-KHT PP Muhammadiyah ingin fokus terlebih dahulu dalam kegiatan membina UKM warga Muhammadiyah yang begitu banyak jumlahnya dan tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Agar nantinya tidak ada dari mereka yang tidak mendapatkan  sertifikat halal.
Sukoso menyambut baik penjelasan dan keseriusan Nadratuzzaman. Dia mengatakan bahwa BPJPH akan terbantu dengan hadirnya LPH yang telah memenuhi syarat sebagaimana yang dimiliki PP Muhammadiyah.
"Kami tidak bisa bekerja sendirian untuk urusan halal yang sangat besar dan sangat komplek ini. Maka dengan hadirnya banyak halal center dan LPH yang memenuhi syarat dan siap bekerjasama dibawah koordinasi BPJPH, tugas kami tentunya akan terbantu. Kami berharap apa yang telah dilakukan PP Muhammadiyah ini dapat menginspirasi ormas Islam yang lain," kata dia.
Sukoso juga mengingatkan kembali syarat mendirikan LPH, yaitu memiliki kantor sendiri dan perlengkapannya, terdaftar secara resmi di BPJPH, memiliki Auditor Halal paling sedikit 3 orang dan memiliki laboratorium atau kesepakatan kerjasama dengan lembaga lain yang memiliki laboratorium.
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Kunci Jawaban - 3.5 Wujud Konflik - Pelatihan Deteksi Dini 1: Analisa Faktor Konflik - Pintar Kemenag

         السلام عليكم Ùˆ رحمة الله Ùˆ بركاته بسم الله Ùˆ الحمد لله اللهم صل Ùˆ سلم على سيدنا محمد Ùˆ على أله  Ùˆ صحبه أجمعين Salam Sahabat  H...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI