Breaking News

22 August 2019

Mengenal Simadrius, Maskot Kompetisi Sains Madrasah 2019


 “Simadrius” dipilih sebagai maskot Kompetisi Sains Madrasah, Madrasah Young Researcher Super Camp dan Science Expo Madrasah atau KSM 2019. Adapun tema yang diangkat pada KSM tahun ini adalah "Integrasi Sains dan Islam untuk Madrasah Hebat Bermartabat”.
KSM tingkat nasional ini akan berlangsung dari 16 sampai 20 September 2019 di Manado Sulawesi Utara.
Lantas apakah “Simadrius” itu? Simadrius adalah singkatan dari “Siswa Madrasah Serius”. Simadrius disimbolkan dengan Tarsius, hewan langka yang terdapat di Sulawesi Utara (Manembo – Nembo Kota Bitung). Meski tubuhnya kecil, namun Simadrius punya semangat, pandangan matanya terang dan luas, memiliki bulu yang lembut dan jinak, serta ramah bersahabat.
Pada KSM 2019, maskot yang digunakan adalah Tarsius memeluk komputer layar TV LED. Ini menjadi simbol bahwa ilmu pengetahuan saat ini lebih mudah didapatkan lewat info media elektronik, dan penggunaan IT memudahkan manusia dalam bekerja.
"Tarsius memegang Lup dan alat teropong,  membantu pandangan matanha untuk mengamati benda terkecil atau makluk hidup terkecil mikro organisme dalam penelitian ilmu pengetahuan," kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar di Jakarta, Selasa (20/8).
Selain itu, “Logo KSM 2019 ini mempunyai makna filosofis tersendiri. Ilustrasi fauna Tarsius menunjukkan identitas hewan langka khas Sulawesi Utara. Pohon kelapa mencerminkan daerah Nyiur Melambai di Manado sebagai penghasil perkebunan kelapa terbesar. "Simbol kelapa serba bisa dan bermanfaat, dua pohon kelapa keseimbangan dalam hidup, toleransi kerukunan agama suku bangsa," ujar Umar.
Adapun gunung, kata Umar, mencerminkan perjalanan kehidupan dari awal sampai puncak tertinggi untuk meraih cita-cita sukses. Warna kuning simbol ilmu pendidikan, dan pengetahuan yang begitu banyak, bagaikan emas. 
"Jika orang berilmu, tidak akan sengsara bahkan kelaparan," tuturnya.
Bagaimana dengan laut? Kata Umar,  itu mengartikan daerah Manado Sulut yang dikelilingi lautan sebagai daerah maritim. Luas lautan bagaikan ilmu yang luas terbentang. "Ilmu tidak terbatas dan belajar ilmu sedalam-dalamnya lautan," jelas Umar.
Dalam maskot,  terdapat tulisan KSM, berbentuk huruf dari molekul-molekul Ilmu Pengetahuan Alam. Juga ada lima arsiran warna-warni membentuk lingkaran, melambangkan lima pulau besar Indonesia Bersatu. "Sasaran kegiatan KSM 2019 adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)," pungkasnya.
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

RPP 1 Lembar Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah (MI) Terbaru Kelas 1 Semester 1

        السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صلى على سيدنا محمد و على أله و صحبه أجمعين Menyikapi begitu banyaknya p...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI