Breaking News

04 November 2019

ADA “PASAR BAISUKAN AMUNTAI” SETIAP MINGGU

www.hanapibani.com

AMUNTAI – Ada hal yang berbeda di kawasan Lapangan Pahlawan Amuntai. Kalau biasanya dipenuhi penjual makanan aneka jajanan pinggiran jalan, namun kali ini tampak beberapa lapak penjual makanan kuliner khas daerah yang tergabung dalam Persatuan UMKM Kuliner Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).
Kelompok dari persatuan UMKM kuliner HSU menjual berbagai macam makanan kuliner khas HSU, seperti kerupuk haruan, kue kulambin, telor asin alabio, apam, cincin talipuk, dan lain-lain.
“Ini kami namakan Pasar Baisukan Amuntai, yang akan diadakan terus setiap minggunya, dari jam 06.30 sampai jam 09.30,” ucap Ketua Persatuan UMKM Kuliner HSU Enik Maslahah, Minggu (3/11).
Enik menjelaskan, kegiatan ini maksud dan tujuannya adalah untuk mempromosikan UMKM kuliner di HSU dan sebagai wadah untuk meningkatkan serta mengembangkan produk-produk kuliner lokal di HSU untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.
“Kalau kita tidak memperlihatkan dan mempromosikan, warga masyarakat tidak tahu apa saja produk HSU. Di dalam pasar ini sebagai wadah kita bersama untuk menunjukkan bahwa inilah UMKM HSU yang sudah membuat beberapa inovasi produk pangan lokal dengan modern,” tambahnya.
Selain itu ia juga menuturkan, pasar UMKM ini adalah satu untuk menciptakan pasar, mengingat banyak sekali pelatihan-pelatihan dari pemerintah daerah dan lembaga lain yang dimana masyarakat penjual masih bingung harus memulai pasar dari mana, ditambah kemajuan dari teknologi semakin berkembang dengan penjualan sistem online.
“Kita harus menciptakan pasar sendiri, agar masyarakat kita itu mencintai produk yang dibelinya,” ujar Enik.
Dikatakannya, saat ini UMKM yang terdaftar dalam persatuan UMKM Kuliner di HSU ada 23 penjual UMKM kuliner yang berasal dari berbagai desa tiap Kecamatan dengan produk khas kuliner mereka masing-masing.

Salah seorang pelaku usaha UMKM kuliner, Meyda, mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan pasar UMKM kuliner yang diadakan di Lapangan Pahlawan Amuntai ini.
“Senang sekali bisa mempromosikan kuliner lokal HSU, dan berharap UMKM di HSU bisa lebih berkembang,” harapnya.
0 Comments

Tidak ada komentar:

Translate

Artikel Terbaru

Kunci Jawaban - 3.1 Kementerian Agama dan Sistem Deteksi Dini Konflik - Pelatihan Deteksi Dini: Analisa Faktor Konflik - Pintar Kemenag

     السلام عليكم و رحمة الله و بركاته بسم الله و الحمد لله اللهم صل و سلم على سيدنا محمد و على أله  و صحبه أجمعين Salam Sahabat  Hanap...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI