Breaking News

12 November 2019

Pembina: Beradablah dalam Berteman

www.hanapibani.com

Amuntai (MIN 1 HSU) - “Beradablah dalam berteman,” ujar Sahriadi, S.Pd.I dalam amanatnya kepada siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Hulu Sungai Utara (HSU) saat menjadi pembina upacara, Senin (11/11/19) di halaman madrasah.

Dikatakannya, Islam sangat memperhatikan masalah adab, bahkan semua persoalan adab dijelaskan secara sempurna dalam islam, termasuk adab dalam berteman.
Lebih lanjut disampaikannya, sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan teman dan dalam berteman tentunya harus ada saling harga menghargai antara satu dengan yang lain dan dilandasi hanya karena Allah.
“Mudah-mudahan dengan berteman yang dilandasi karena Allah akan mendapatkan banyak kebaikan baik di dunia maupun di akhirat nanti,” katanya.
Selanjutnya ditambahkannya adab berteman adalah menjaga kerukunan, menerima kekurangan teman, lemah lembut dalam berkata-kata, dan jangan mencerca atau menghina teman. ”Dengan beradab seperti demikian maka pertemanan akan menyenangkan sehingga tidak ada perselisihan ataupun permusuhan,” tambahnya.

Diakhir amanatnya Sahriadi berpesan, agar murid MIN 1 HSU bisa melakukan adab dalam berteman di kehidupan sehari-hari, karena ini adalah ajaran islam yang harus dituruti, “Mudah-mudahan dengan menuruti ajaran-ajaran agama islam ataupun sunnah Rasulullah SAW khususnya adab berteman ini kita akan dicintai dalam pergaulan sehari-hari dan akan mendapat ridha dari Allah SWT,” harapnya.
Sementara salah satu siswa Khairil Ikram mengatakan akan mematuhi apa yang pembina sampaikan. “Mudah-mudahan dengan beradab dalam berteman saya akan disenangi teman-teman, ”pungkasnya.

Penulis : Inayati
Foto : Rahmansyah
Editor / Redaktur : Hanapi Bani
Comments
0 Comments

No comments:

Translate

Artikel Terbaru

Kemenag Letakkan Materi Khilafah ke Pelajaran Sejarah

Pembahasan tentang khilafah kini tidak lagi masuk dalam mata pelajaran Fikih, tapi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Perubahan ini tertu...

Powered by BeGeEm - Designed Template By HANAPI